Kisah Sukses Natali Ardianto – Pendiri Tiket.com

0
Kisah Sukses Natali Ardianto - Pendiri Tiket.com
Natali Ardianto Pendiri Tiket.com

Apakah kalian mengenal situs Tiket.com? Sebuah situs yang menyediakan pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, dan tiket lainnya. Situs ini memang sudah sangat familiar di telinga kita dikarenakan fungsinya yang sangat memudahkan. Namun apakah kalian tahu siapa pendiri Tiket.com? Dia adalah Natali Ardianto Founder Tiket.com.

Lalu bagaimana sih cerita inspiratif Natali Ardianto saat mendirikan situs Tiket.com? Berikut ini adalah kisah sukses dari Natali Ardianto pendiri Tiket.com dimulai dari biografi, profil, hingga perjalanan hidup. Simak Penjelasannya.

Biografi

Sebenarnya tidak banyak informasi yang di dapat mengenai biografi pribadi Natali Ardianto. Pria bernama lengkap Natali Ardianto lahir di jakarta pada tanggal 25 Desember 1980.

Natali Ardianto masuk sekolah dasar di Elementary School. Setelah itu Natali bersekolah di SMP Negeri 157 Jakarta, kemudian melanjutkannya di SMU Negeri 8 Jakarta.

Pada tahun 1999, Natali melanjutkan pendidikan kuliahnya di Universitas Indonesia dengan mengambil Fakultas Ilmu Komputer, ia lulus pada tahun 2004.

Setelah mendapatkan gelar sarjana. Natali melanjutkan program pasca sarjana di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Megister Teknologi Informasi, dan lulus pada tahun 2007.

Baca Juga: 20 Cara Positif Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol sampai Sukses

Awal Karir

Pada tahun 2008, tepat satu tahun kelulusannya. Natali mengajak beberapa rekannya yakni, Andri Burman (software engineer), Deche Pangestu (web developer), dan Selina Limman (brand strategist), mendirikan Urbanesia.com, salah satu direktori online lifestyle pertama di Jakarta.

Namun Natali memutuskan untuk meninggalkan Urbanesia setelah 2 tahun mengabdikan ilmu dan pengetahuannya. Keputusan Natali saat itu karena ia menganggap tidak ada potensi bagi Urbanesia untuk bisa berkembang lebih luas lagi.

Setelah meninggalkan Urbanesia, Natali kemudian mengajak technopreneur Kevin Sanjoto dan Yanuar Lutfi untuk mendirikan startup bernama Golfnesia pada bulan Juni 2010.

Golfnesia adalah situs booking online lapangan golf pertama di Indonesia. Namun lagi-lagi, Natali merasa jakarta tidaklah banyak lapangan golf untuk publik.

Dan lagi bisnis tersebut dirasa sangat (ekslusif) yang menyebabkan ruang lingkup bisnis menjadi terlalu sempit. Dan hal ini menyebabkan sulitnya untuk Golfnesia berkembang lebih besar lagi. Karena itulah, akhirnya Natali memutuskan untuk meninggalkan Golfnesia.

Mendirikan Tiket.com

Berbekal dua pengalaman mendirikan Startup. Natali Ardianto kemudian bergabung dengan beberapa rekannya yang juga merupakan pendiri Tiket.com yaitu, Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, dan Mikhael Gaery Undarsa, mendirikan startup online yang fokus pada pemesanan tiket seperti, tiket pesawat, kereta api, hotel, hingga tiket event-event. Startup ini kemudian diberi nama Tiket.com pada bulan Agustus 2011.

Strategi bisnis yang diterapkan Natali juga cukup berhasil, dimana ia menganggap kesuksesan sebuah startup terletak pada sistem pemasarannya. Ia dan rekannya cukup gencar mempromosikan Tiket.com melalui platform pemasaran online seperti, Google Adword, Fb Ads, dan iklan Billboard.

Selain itu, kunci kesuksesan lainnya yang dipegang dengan teguh oleh Natali Ardianto adalah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan atau menyimpan dana investasi. Ia mengatakan perlu adanya kontrol dalam membatasi pengeluarannya.

Kemudian menurutnya, salah besar jika Anda menganggap terus-menerus mengeluarkan banyak uang untuk berinvestasi agar mendapat perhatian pasar. Yang terpenting dari itu, buatlah strategi dimana startup yang sedang Anda rintis dapat berjalan beberapa tahun kedepan.

Hal inilah alasan kenapa Tiket.com tidak selincah startup-startup lainnya dalam hal membakar uang untuk promosi di media masa seperti, iklan televisi, iklan di media sosial, dan sebagainya.

Kesuksesan Tiket.com

Tiket.com pelan tapi pasti menguasai pasar online di Indonesia. Bahkan dua tahun setelah didirikan, tepatnya pada tahun 2013, Situs ini berhasil meraup omzet hingga 13 kali lipat dari omzet tahun sebelumnya.

Disisi lain, Tiket.com semakin hari semakin berkembang. Hal ini membuat Tiket.com merekrut para pekerja (SDM) lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan operasional.

Kemudian ekspansi atau perluasan bisnis yang dilakukan Tiket.com juga sangat gesit. Mereka melakukan hal ini dengan cara menambah fitur-fitur baru di Tiket.com, dan hal ini terbukti menghasilkan lebih banyak pengguna.

Menurut data yang diperoleh, pengguna Tiket.com pada tahun 2017 telah menyentuh 2 juta pengguna, dan yang mengunduh aplikasi Tiket.com pada tahun 2017 telah mencapai 1,5 juta unduhan.

Tiket.com juga sesumbar tentang ambisi mereka bahwa pada tahun 2018, aplikasi Tiket.com mencapai sepuluh juta unduhan.

Baca Juga: 80 Kata Kata Motivasi dari CEO Teknologi (Startup) Terkenal

Di Akuisisi BliBli.com

Sepak terjang Tiket.com membuat salah satu e-commerce Indonesia yaitu blibli.com kepincut dan jatuh hati dengan Tiket.com. Pada tanggal 14 Juni 2017, blibli Company akhirnya resmi membeli Tiket.com dengan mahar yang tidak disebutkan.

Aksi korporasi itu dikarenakan persamaan visi dan misi antara kedua perusahaan. Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa sangat membutuhkan partner untuk menguasai industri bersama-sama.

Sementara itu, dikesempatan yang sama CEO blibli.com mengatakan alasan blibli membeli Tiket.com dikarenakan Tiket.com mempunyai track record bisnis yang bagus, di mana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia,

Memang harus diakui bisnis agen travel online seperti Tiket merupakan bisnis yang bisa dikatakan mempunyai masa depan yang cerah.

Pelajaran dari Kisah Sukses Natali Ardianto

Melihat kisah sukses pendiri Tiket.com, Natali Ardianto, membantu kita untuk membukakan mata bahwa tidak ada jalan yang instan untuk menuju kesuksesan. Lihatlah perjuangan Natalia Ardianto yang beberapa kali gagal mendirikan startup hingga akhirnya kerja kerasnya membuahkan hasil. Dan hasilnya, Tiket.com menjadi salah satu aplikasi Online Travel Agent terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here