Biografi Forest Li – Pendiri SEA Ltd dan Shopee

0
Forrest Li Pendiri Shopee
Image: straitstimes.com

Tidak banyak diketahui tentang kisah sukses Forrest Li, menurut data dari Wikipedia, pria bernama lengkap Forrest Xiaodong Li ini lahir pada 1977/1978. Dia adalah pengusaha miliarder dari Singapura, sekaligus pendiri Shopee dan Garena.

Forrest Li mendirikan Garena pada tahun 2009, sebuah platform hiburan digital yang membuat dan mengembangkan game online berbasis PC dan mobile serta konten digital seluler di Asia Tenggara dan Taiwan. Forrest Li menjabat sebagai Chief Executive Officer Grup.

Produk pertama Garena diluncurkan pada 2010 bernama Garena +. Sedangkan game pertamanya Black Shot dirilis pada 2009, dan diikuti beberapa game terkenal lainnya seperti League of Legends dan Point Blank.

Game pertama yang diluncurkan secara global oleh Garena adalah Free Fire, game yang berbasis battle royale mobile. Free Fire adalah game yang paling banyak diunduh kedua di Google Play store pada Q4 2018, dan merupakan game keempat yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada tahun 2018 gabungan iOS dan Google Play Store.

Tak berhenti sampai disitu, Forrest Li kemudian mendirikan Sea Limited sebagai induk usaha pada Mei 2009, dan menduduki jabatan sebagai Chief Executive Officer and Chairman of the Board, Sea Ltd, sejak Mei 2009.

Sebelum mendirikan Sea, Li pernah bekerja di banyak posisi di berbagai perusahaan multinasional seperti, Viacom Media Networks, Corning Inc. dan Motorola. Dia berpartisipasi dan berkontribusi dalam pengembangan beberapa proyek awal teknologi perusahaan.

Pada 2015, SEA Group kemudian mendirikan Shopee di Singapura, sebuah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura. Sejak berdirinya, Shopee telah memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Shopee melakukan ekspansi besar-besaran yang membuat platform e-commerce ini menjadi salah satu startup yang mengalami perkembangan yang pesat, khususnya di Asia Tenggara.

Bahkan lembaga analisis data aplikasi independen, App Annie merilis data bahwa Shopee menjadi e-commerce dengan jumlah total download app terbanyak di Asia Tenggara dengan Lazada yang menempati posisi kedua. Shopee memiliki nilai total GMV di tahun 2018 sebanyak US $ 2,7 miliar, naik 153 persen dari tahun 2017.

Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan karyawan Rocket Internet yang pernah menjabat di Zalora dan Lazada.

Kesuksesan Forrest Li

Forrest Li menerima gelar sarjana teknik dari Shanghai Jiao Tong University dan gelar MBA dari Stanford Graduate School of Business.

Forrest Li masuk sebagai salah satu dari 21 orang berpengaruh dalam bidang teknologi. Selain itu, Li juga dianugerahi penghargaan Ernst & Young Entrepreneur of the Year di Singapura untuk kategori Internet and mobile pada tahun 2015.

Li juga masuk dalam jajaran orang terkaya Singapura, setelah mendaftarkan Sea di Bursa Efek New York pada Oktober 2017 sebesar US $ 1 miliar. Pada bulan Maret 2019, setelah harga saham perusahaan game online-nya, Sea, meningkat sebesar 45%, kekayaan bersih Li juga meningkat menjadi lebih dari $ 1,1 miliar.

Didukung oleh investor utamanya, Tencent, kini SEA menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara.

Profil Singkat

Nama: Forest Li

Jabatan

  • Direktur Independen Non-Eksekutif di Shangri-La Asia Limited
  • Founder, Chairman & Group CEO di Garena Online Private Limited
  • 2009-Sekarang Founder, Chairman & Group CEO di Sea Limited

Pendidikan

  • MBA di Stanford University
  • Sarjana Teknik di Shanghai Jiao Tong University

Produk Sea Group

  • Garena
  • Shopee
  • Airpay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here