Kisah Sukses Steve Christian – Pendiri KapanLagi Network (KLN)

0
Kisah Sukses Steve Christian - Pendiri Kapanlagi Network (KLN)
Steve Christian (Image on Merdeka.com)

Bagi kaum milenial pastinya tahu ya dengan situs Kapanlagi.com atau mungkin cukup sering mengunjungi situs ini. Tapi tahu gak siapa sih pendiri KapanLagi Network? Dia adalah Steve Christian. Lalu bagaimana cerita inspiratif pendiri Kapanlagi? Berikut ini adalah Kisah sukses dari Founder sekaligus CEO KapanLagi Network, Steve Christian, dimulai dari Biografi, Profil, hingga perjalanan hidup.

Situs Kapanlagi.com adalah media informasi yang fokus ke berita selebritis dan entertainment. Situs Kapanlagi saat ini dibawah perusahaan KapanLagi Network (KLN) sebagai perusahaan induk yang membawahi berbagai macam situs media seperti Kapanlagi.com, Bola.net, Merdeka.com, Brilio.net, Dream.co.id, Fimela.com, Sooperboy.com, Vemale.com, Muvila.com, dan Otosia.com. Karena inilah KapanLagi Network menjadi perusahaan media raksasa di Indonesia.

Biografi Steve Christian Pendiri KapanLagi

Sebenarnya tidak banyak yang diketahui tentang informasi dari Steve Christian, mengingat beliau tampaknya tidak suka menjadi bahan pembicaraan. Pria yang asli dari Malang, Jawa Timur, ini menjalani hidup yang berkecukupan, namun kehidupannya berubah drastis ketika keluarganya mendapatkan musibah. Disisi lain bisnis yang dibangun orang tua nya mengalami masalah hingga akhirnya bangkrut.

Keadaan memaksanya untuk hidup secara mandiri. Namun apa mau di kata, masa-masa sulit yang di jalani Steve akhirnya membuat kuliah-nya terganggu karena masalah biaya. Ia akhirnya berpikir untuk bekerja di sebuah apotek menggantikan temannya yang resign. Awalnya Steve di terima untuk bekerja disana sebagai kasir apotek, namun ketika masuk di hari pertama, tiba-tiba pemilik apotek membatalkan niat-nya untuk mempekerjakan Steve Christian sebagai kasir, itu sama saja ia dipecat.

Tak pantang menyerah, mahasiswa akuntasi ini memberanikan diri untuk membuka usahanya sendiri. Steve memutuskan untuk terjun di bidang komputer dan aplikasi. Belakangan bisnis-nya ini beralih ke konten provider dan memulai program penulisan pertamanya untuk toko-toko yang ada di kota Malang. Bisnisnya berkembang dengan pesat dan Steve segera memutuskan untuk berhenti kuliah demi memberikan perhatian penuh pada bisnisnya yang sedang berkembang. Steve menyadari bahwa masa depan teknologi adalah Internet.

Mendirikan Kapanlagi

Bersama Eka Wiharto, Steve akhirnya resmi mendirikan situs KapanLagi.com tepatnya pada bulan Agustus 2003. Pemilihan nama Kapanlagi di dasari dari motto situs ini “Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?”. Tujuan mendirikan situs ini adalah untuk membangun perusahaan internet yang akan mengubah cara pandang melalui konten.

Dengan menyasar kaum milenial yang fokus memberikan berita selebritis dan entertainment, membuat situs Kapanlagi.com berkembang dengan sangat cepat. Kapanlagi.com menjelma sebagai salah satu situs paling populer di Indonesia, dan menjadi ancaman serius bagi media-media veteran macam detik.com dan kompas.com.

Tak puas sampai disitu, ambisi Kapanlagi.com untuk meraksasa tergambar ketika situs ini berperan dalam berdirinya situs Bola.net (dikhususkan untuk penggemar olahraga), Vemale.com (dikhususkan untuk topik yang menarik bagi wanita), Otosia.com (dikhususkan untuk berita media online otomotif), dan Merdeka.com (situs berita utama).

KapanLagi semakin kuat ketika pada tahun 2014, KapanLagi.com melakukan merger dengan Fimela Network, yang didirikan oleh Ben Subiakto dan Dian Mulyadi. Fimela Network adalah jaringan kecantikan gaya hidup yang memiliki anak usaha Fimela.com (tujuan kecantikan dan fashion online yang glamor), Sooperboy.com (dikhususkan untuk semua aspek gaya hidup seorang pria), dan Muvila.com (dikhususkan untuk penggemar film).

Dan hal inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan induk yang mengoprasikan semua anak usaha dibawahnya yang disebut KapanLagi Network (KLN).

Baca Juga: Kisah Sukses Atmaji Sapto Anggoro – Pendiri Tirto.id

Jaringan Kapanlagi

 

Jaringan KLN Network

Akuisisi Liputan6.com

Pada bulan Februari 2018, Grup Emtek, lewat anak usahanya PT Kreatif Media Karya (KMK), yakni PT Liputan Enam Dot Com, yang membawahi Liputan6.com, Bintang.com, dan Bola.com. mengumumkan sinergi unit bisnisnya bersama KapanLagi Network.

Hasil dari persekutuan ini adalah pihak KapanLagi Network akan memiliki dan memegang 99,9 persen saham di PT Liputan Enam Dot Com. Dan pihak KMK (Online) mendapatkan saham 50 persen plus 1 di KapanLagi Network.

CEO KMK, Adi Sariaatmadja mengatakan kemitraan strategis antara KMK dan KLN akan mengokohkan posisi situs media elektroniknya (Liputan6.com, Bola.com, Bintang.com) melalui penambahan situs-situs di bawah KLN seperti: Kapanlagi.com, Merdeka.com, Bola.net, Vemale.com, Fimela.com, Brilio.net, Famous.id, dan Dream.co.id.

Sementara itu, CEO dan pendiri KapanLagi Network, Steve Christian, mengatakan akuisisi ini adalah bentuk antisipasi kedua perusahaan dalam menghadapi persaingan dengan media yang selama ini menyajikan berita palsu dan tidak berimbang.

“Kami menjadi satu untuk menjadi nomor satu dengan menjangkau lebih dari 100 juta pengguna internet di Indonesia”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here