in

Jangan Ditunda, Ketahui 8 Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Menikah

Jangan Ditunda, Ketahui 8 Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Menikah

Pernikahan adalah proses di mana dua orang mengucap janji sehidup semati untuk selamanya. Pernikahan mendatangkan sukacita besar bagi banyak orang sekaligus mendatangkan tantangan terutama bagi pasangan yang menjalaninya.

Bagaimana pasangan menyikapi semua permasalahan bersama sering kali menentukan apakah hubungan mereka akan bertahan atau justru runtuh di tengah jalan.

Mempertahankan hubungan jangka panjang mungkin mengharuskan pasangan untuk saling mencintai, mengasihi, dan memahami satu sama lain.

Mengingat bahwa pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan sekali seumur hidup, ada baiknya kamu dan pasangan berpikir dan mempertimbangkan bersama keputusan sebelum menikah.

Lantas, bagaimana kamu tahu kapan kamu siap untuk menikah? Itulah pertanyaan kebanyakan orang. Nah, berikut adalah beberapa tanda kamu sudah siap menikah. Apa saja?

1. Siap untuk Komitmen

Siap untuk Komitmen
Images by Pexels

Mungkin kamu sudah mengalami masa-masa sulit di masa lalu dan pasti kamu juga akan menghadapi masa-masa sulit di masa depan. Namun, jika kamu siap untuk mengatasi permasalahan bersama, ini bisa menjadi tanda bahwa kalian siap untuk menikah.

“Mungkin akan ada hari-hari di mana kamu kesal dengan pasanganmu dan mungkin tidak ingin menikah bersamanya, tetapi jika kamu memiliki komitmen, kamu dapat melewati masa-masa sulit itu.” imbuhnya

Dengan komitmen bersama pasangan, kamu dan dia akan yakin untuk selalu bersama dalam suka maupun duka. Kamu dan dia setuju untuk peduli dan berbagi satu sama lain. Apapun yang terjadi nanti, kalian berdua sudah siap melalui semuanya bersama.

2. Mencintai Diri Sendiri

Mencintai Diri Sendiri
Images by Pexels

Kamu mungkin terbiasa fokus pada semua hal yang kamu sukai dan cintai tentang pasanganmu. Namun, para ahli menjelaskan bahwa hubungan dalam jangka panjang sama pentingnya untuk fokus pada semua hal yang kamu sukai dari diri sendiri.

Dr. Sherman mengatakan, “seseorang yang penting dalam hidupmu seharusnya tidak melengkapi kamu, melainkan menambah kebahagiaan yang telah kamu dapatkan dalam hidup.”

“Hal ini akan mengurangi tekanan pada seseorang itu untuk memberimu kehidupan yang layak dan untuk membuatmu terus bahagia,” katanya.

3. Memiliki Kemandirian

Memiliki Kemandirian
Images by Pexels

Dr. Sherman juga menjelaskan, salah satu tanda terpenting bahwa kamu sudah siap menikah adalah kamu mampu menghidupi diri sendiri.

“Kamu harus tahu bagaimana menghidupi dirimu sendiri secara finansial serta emosional dan spiritual,” katanya.

“Dengan cara ini, jika kamu memiliki keluarga dan pasanganmu jatuh sakit, kamu dapat mengambil alih peran tertentu dan mempertahankan segalanya.” imbuhnya.

4. Punya Ekspektasi yang Realistis

Punya Ekspektasi yang Realistis
Images by Pexels

Hal penting yang harus kamu sadari yaitu tidak ada manusia yang sempurna. Jika kamu sudah lama mengenal pasanganmu, mungkin kamu sudah mengetahui semua kelebihan dan kekurangannya.

Jadi, sebelum kamu melangkah lebih jauh, penting untuk memahami bahwa dia mungkin tidak selalu bisa membahagiakanmu, akan ada saat dia akan mengecewakanmu. Jika kamu siap akan hal ini, kamu sudah siap untuk menikah.

5. Visi Hidup yang Jelas

Visi Hidup yang Jelas
Images by Pexels

Tidak penting apakah kalian memiliki karakter yang sama atau memiliki kesukaan yang sama, yang paling penting adalah kalian harus memiliki tujuan yang sama, memiliki visi yang sama, dan memiliki keputusan yang sama.

Karena kalian akan hidup bersama di masa depan, dengan memiliki keputusan yang sama akan membantu kalian untuk mewujudkan hubungan yang harmonis.

6. Mengetahui Cara Agar Langgeng

Mengetahui Cara Agar Langgeng
Images by Pexels

“Yang paling penting bagimu mungkin adalah seseorang yang dapat memecahkan masalah, seseorang yang merupakan ayah dan ibu yang hebat atau seseorang yang menyukai pekerjaannya dan stabil secara finansial,” jelas Dr. Sherman.

Dr.Sherman menjelaskan seseorang yang siap menikah adalah seseorang yang memiliki karakter yang kuat, yang dapat memimpin dirinya sendiri, dan juga bertanggung jawab pada dirinya sendiri dan orang lain.

7. Tidak Berharap Pasangan Berubah

Tidak Berharap Pasangan Berubah
Images by Pexels

Jika kamu meminta pasanganmu agar berubah dalam hal-hal kecil, mungkin itu sangat mudah dilakukan. Misalnya bangun pagi dan sarapan sebelum beraktivitas.

Tetapi jika kamu meminta pasanganmu berubah dalam hal-hal yang lebih besar, misalnya dalam kepribadiannya, mungkin hal ini akan menyebabkan masalah pada hubungan kalian.

Seseorang yang sudah siap menikah, dia tidak akan memaksa pasangannya untuk berubah seperti keinginannya. Meskipun ada hal yang memang ingin dirubah, dia akan memandu pasangannya untuk berubah secara perlahan-lahan.

8. Dewasa Secara Fisiologis

Dewasa Secara Fisiologis
Images by Pexels

Jika kamu merasa bahwa kamu sudah dewasa, mungkin ini adalah tanda jika kamu sudah siap untuk menikah.

Kedewasaan tidak selalu dikaitkan dengan usia. Karena dewasa bisa dinilai dari pemikiran panjang seseorang yang telah mempertimbangkan dampak baik dan buruk, dapat mengerti dan memahami pasangannya, dan juga bertanggung jawab.

Nah, itulah beberapa tanda kalau kamu sudah siap menikah. Perlu diketahui bahwa hal tersebut berdasarkan opini dan kamu tidak harus menjadikan itu sebagai acuan.

Semua kembali lagi pada diri kita sendiri. Sudah siap atau belum untuk menikah, tanyakan pada hati kecilmu dan tentunya dengan pasanganmu.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *