Kisah Sukses Veronika Linardi – Pendiri Qerja.com dan Jobs.id

0
Kisah Sukses Veronika Linardi - Pendiri Qerja.com dan Jobs.id
Veronika Linardi

Apakah Anda kesulitan mencari kerja? Apakah Anda seorang yang baru lulus (Fresh Graduate) yang mau memulai karir dan mencari lowongan pekerjaan atau Anda orang yang berpengalaman yang udah bosen dengan tempat kerja yang lama dan pengen resign? Tenang! Anda bisa memanfaatkan aplikasi daring para profesional untuk meningkatkan karir, seperti Qerja.com dan Jobs.id. Bagi para pencari kerja, pasti tahulah ya tentang aplikasi ini. Tapi tahukah Anda siapa sih sosok dibalik Qerja.com dan Jobs.id? Dia adalah Veronika Linardi, Co-Founder sekaligus CEO dari Qerja.com, Veronika Linardi juga adalah pendiri aplikasi lowongan kerja Jobs.id dan Linardi Associates.. Lalu seperti apa cerita inspiratif Veronika Linardi? Berikut adalah kisah sukses dari Veronika Linardi pendiri Qerja.com dan Jobs.id dimulai dari biografi, profil, dan perjalanan hidup. Simak Penjelasannya.

Qerja adalah sebuah komunitas untuk berbagi informasi mengenai tempat kerja dan gaji, khususnya untuk perusahaan yang berada di Indonesia. Qerja memiliki database yang terdiri atas ribuan data gaji dan review mengenai tempat kerja dari sumber yang paling akurat, yaitu pengalaman para karyawan.

Sedangkan Jobs.id adalah website yang memuat informasi lowongan kerja di Indonesia. Di aplikasi tersebut kita dengan mudah mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan passion dan keinginan kita, termasuk gaji dan jabatan.

Biografi Veronika Linardi

Sebenarnya tidak banyak yang diketahui tentang Veronika Linardi. Wanita cantik yang lahir di Jakarta ini adalah lulusan dari Carnegie Mellon University, Amerika Serikat. Ide awal untuk mencari kandidat perusahaan muncul ketika ia membantu temannya untuk mencari pekerjaan yang tepat pada sebuah perusahaan. Dari sinilah Veronika Linardi menemukan bidang passion-nya kemudian memutuskan untuk memperdalam hobinya ini.

Menurut Veronika Linardi, Sumber Daya Manusia (SDM) adalah bisnis yang menarik karena berhubungan dengan karir, salah satu aspek terpenting dalam kehidupan kita. Saat ini orang-orang tidak hanya mencari kerja untuk makan, tetapi mereka juga mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan pasisonnya. Karena menurutnya seseorang tidak akan bahagia jika mereka hanya mengejar karir tanpa di iringi dengan passion.

Veronika Linardi juga menyadari bahwa membuat koneksi, membantu orang menemukan perusahaan di mana mereka dapat berkontribusi dalam keahlian mereka, dan membantu perusahaan mencarikan kandidat yang dibutuhkan, adalah sesuatu hal bisa ia banggakan.

Mendirikan Qerja.com

Ketika pertama kali Veronika Linardi memulai Qerja, ia mengaku tidak memiliki banyak pengalaman dalam dunia bisnis teknologi. Beliau hanya mengandalkan kemampuan pada bidang SDM berdasarkan pengalaman kerja dengan banyak kandidat dan perusahaan kelas global.

Saya bertekad untuk membangun platform karir satu atap (Lengkap) di mana kami dapat membantu dalam memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan yang orang-orang miliki tentang karir dan pengembangan diri.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh Gallup, hanya 8% karyawan Indonesia merasa terlibat dalam lingkungan kerja mereka, sedangkan 15% dari mereka sengaja tidak melibatkan diri.

Untuk mengatasi hal ini, Veronika Linardi bersama Stephen Kohar akhirnya mendirikan Qerja pada bulan April 2014. Qerja berusaha untuk menciptakan sebuah komunitas di mana setiap orang mampu berbagi informasi skala gaji perusahaan dan pengalaman mereka bekerja di sebuah perusahaan sehingga orang bisa membuat keputusan yang lebih terarah (Bahan Pertimbangan), dan pada akhirnya akan meningkatkan kebahagiaan di kehidupan pekerjaan mereka.

Di bulan pertama operasional (April 2014) website Qerja.com telah dikunjungi lebih dari 50.000 orang. Pengunjung tidak hanya datang dari search engine untuk mendapatkan informasi gaji serta ulasan perusahaan, namun juga untuk memberikan kontribusi dengan memasukkan gaji serta ulasan tempat bekerja mereka.

“Kami memiliki banyak pengikut yang mendukung kami dengan ratusan ribu konten yang dibuat pengguna.”

Dukungan basis pengguna yang kuat ini akhirnya melejitkan Qerja sebagai portal karir terkuat di Indonesia.

Baca Juga: 80 Kata Kata Motivasi dari CEO Teknologi (Startup) Terkenal Dunia

Jobs.id

Sejarah Jobs.id juga menarik untuk kita simak. jobsID berdiri sejak 26 September 2008. Sebelum menjadi portal informasi lowongan pekerjaan, website ini awalnya beralamat www.lowonganpns.info yang khusus memuat informasi tentang rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), kemudian website ini berubah menjadi www.icpns.com. Tahun 2011 untuk memperluas cakupan informasi lowongan kerja, website tersebut kembali berganti alamat menjadi www.jobsid.info yang selanjutnya berganti menjadi www.jobsid.co agar lebih simpel dan mudah di ingat.

Kesuksesan Veronika Linardi

Hanya dalam waktu delapan bulan beroperasi, Qerja sukses menerima pendanaan Seri A dari SoftBank dan Indosat. Dari investasi ini, Qerja mengklaim bahwa nilai perusahaannya telah mencapai delapan digit dalam USD.

Selain itu, menurut data dari similarweb yang diambil pada tahun 2018, Situs Qerja.com punya trafik lebih dari 1.5 Juta pengunjung perbulan. Sedangkan Situs Jobs.id memiliki trafik lebih dari 2,8 Juta pengunjung perbulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here