8 Cara Menguatkan Hati, Saat Sadar Hidup Tidaklah Indah

8 Cara Menguatkan Hati
8 Cara Menguatkan Hati
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Dari rasa sakit kamu akan mengerti indahnya kebahagiaan yang kamu cari, kamu bisa mulai berpikir dan belajar dari kesalahan yang membuat rencana hidupmu hancur.

Meskipun sulit, tetaplah optimis dan berpikir positif. Ingatlah bahwa selalu ada alasan untuk setiap peristiwa yang terjadi pada dirimu. Anggaplah rasa sakit dan kekecewaan ini sebagai tahap dalam hidup yang akan membuat kita semakin matang dan dewasa.

1. Jika sekarang kamu merasa jatuh, percayalah jika keterpurukanmu saat ini akan membawamu pada titik baru yang bernama: Benteng

Photo by Engin Akyurt From Pexels

Rintangan, masalah atau kejadian tak terduga yang muncul di luar rencanamu adalah tantangan yang akan menguji ukuran kekuatan dan ketangguhanmu. Buktikan bahwa kamu kuat dan bisa melewati semuanya.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Orang yang dikatakan kuat, bukan karena tidak pernah jatuh atau gagal. Ingat ya! Orang kuat adalah mereka akan selalu bangkit dan tetap terus menjalani hidupnya dengan normal. Meski pun, kenyataannya hidupnya penuh tekanan dan tidak baik-baik saja.

2. Beberapa kehilangan harus dilihat sebagai takdir untuk dijalani

Photo by Masha Raymers From Pexels

Ada beberapa hal di dunia ini yang dapat kita lakukan, tetapi ada juga hal-hal yang telah ditakdirkan dan tidak dapat kita ubah tidak peduli seberapa keras kita mencoba. Hidup, mati dan pasangan adalah sesuatu yang sudah ditakdirkan sejak awal.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Kita tidak akan pernah bisa menolak kematian yang datang. Kita juga tidak akan pernah bisa bersama seseorang yang tidak ditakdirkan untuk kita. Sekeras apapun kamu melawan, pada akhirnya kamu akan selalu berpisah dan menempuh jalanmu sendiri.

3. Mengeluh tentang apa yang tidak bisa kamu miliki hanya akan menyakiti langkahmu. Hanya keikhlasan yang dapat memudahkan perjalanan

Photo by cottonbro From Pexels

Melepaskan apa yang telah hilang tampaknya sederhana, tetapi hanya orang yang bodoh yang akan mengabaikan apa yang mereka miliki untuk sesuatu yang telah hilang.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Jadi daripada menyesali apa yang telah hilang, biarkan saja dan fokuslah pada apa yang kita miliki sekarang. Jangan biarkan kita mengulangi kesalahaan untuk kedua kalinya karena kita telah kehilangan sesuatu yang sebenarnya bisa kita simpan.

4. Kita bukan orang yang paling menyedihkan di dunia ini. Sebab, Ada yang jauh lebih sulit di sana

photo by Alex Green From Pexels

Cobalah untuk tidak fokus melihat ke atas, tapi cobalah sesekali lihatlah ke bawah. Melihat keatas dapat memberikan kita motivasi dan melihat ke bawah agar kita lebih bersyukur.

Jika kamu berpikir bahwa kamu adalah orang yang paling menderita. Maka lihatlah ada banyak orang-orang yang tidak lebih bahagia darimu.

Lihatlah diluar sana masih banyak orang-orang yang menahan lapar sedangkan dirimu dengan bebas memilih makanan yang kamu suka. Bersyukurlah akan hal itu, karena banyak orang lain yang menginginkan hidup seperti dirimu.

5. Kepahitan hidup akan berlalu seiring berjalannya waktu

Photo by Ron Lach From Pexels

Tidak peduli seberapa keras hujan turun ia akan selalu berhenti. Setiap air akan mengering. Dan matahari selalu terbit dan terbenam setiap hari. Pada titik tertentu, kamu akan menyadari bahwa hidupmu masih berjalan dengan baik.

Jika saat ini kamu merasa hidupmu sulit dan seluruh dunia menertawakanmu, maka jadilah kuat. Jika kamu melewatkan sebuah mimpi bukan berarti itu adalah akhir dari perjuanganmu, bangunlah dan temukan mimpi yang baru.

Belajarlah dari masa lalu dan jangan menyesalinya. Jangan biarkan bayang-bayang masa lalu mengaburkan masa depan yang menantimu. Berhentilah mempertaruhkan masa depanmu dengan mengeluh tentang masa lalu.

6. Orang sukses bukan berarti mereka tidak pernah merasakan arti sebuah kegagalan. Namun meraka yang selalu berjuang untuk kehidupan yang adil.

Photo by Liza Summer From Pexels

Layaknya seperti menaiki anak tangga, naikilah satu per satu namun pasti untuk mencapai pada tingkatan yang kamu tuju. Lakukan apa yang harus kamu lakukan, jangan pernah berhenti.

Jika pun saat perjalanan ada kerikil kecil yang membuatmu jatuh, maka segeralah bangkit dan singkirkan kerikil itu. Tidak perlu takut gagal dan teruslah mencoba. Bukalah hatimu dengan sebaik mungkin, tak perlu khawatir dengan rasa cinta yang muncul kembali.

Mulailah untuk menanta mimpi dan kehidupanmu yang jauh lebih baik lagi. Jangan pernah biarkan kenyataan yang tidak sesuai menguasai jiwamu hingga membekukan hati baikmu.

Ketika kamu merasa tidak ada satu kebahagiaan lagi yang tersisa, maka mulailah untuk menemukan kebagaian di tempat yang baru. Gunakan mata, telinga, dan hati. Sebab, kebahagian faktanya tidak akan pernah pergi darimu. Hanya saja, ini cara kebahagiaan melatih dirimu menjadi sosok yang lebih kuat

Jangan pernah berhenti mencoba apa yang ingin kamu lakukan. Ada banyak cara untuk sampai ke tempat kamu yang sebenarnya.Jika sebuah jalan menyesatkan, yang harus kamu lakukan hanyalah mencoba mencari jalan lain.

Nah, inilah 8 hal yang harus kamu ingat ketika merasa sedih dan kecewa dalam hidup. Hapus kesedihanmu. Kamu berhak kuat dan bahagia.