8 Cara Mengatasi Homesick yang Dialami Saat Lagi Traveling

Cara Mengatasi Homesick

Traveling selalu identik dengan kata senang atau bahagia. Jika sudah membahas tentang traveling, tentu akan selalu berkaitan dengan hal yang membahagiakan, padahal tidak selalu demikian. Para traveler berpengalaman tentu pernah mengalami kerinduan kepada suasana rumah atau lebih sering disebut dengan istilah homesick.

Homesick ini pada umumnya dialami oleh beberapa traveler yang melakukan traveling secara berkelanjutan tanpa pulang ke rumah. Homesick ini bukan hanya rasa rindu yang biasa-biasa saja, akan tetapi rasa rindu yang mendalam hingga mempengaruhi pola tingkah laku. Tak jarang traveler mengalami hal ini.

Nah, kalian para traveler tentunya pernah mengalami hal ini, dan atau masih akan mengalaminya. Nah, bagi kalian yang saat ini sedang merasa rindu dengan rumah, jangan khawatir, berikut tips yang harus dilakukan ketika mengalami homesick ketika traveling? Simak ulasannya.

1. Telepon Orang Rumah dengan Waktu Secukupnya

Menelepon orang rumah ketika mengalami homesick ialah termasuk cara yang ampuh mengatasi homesick. Dengan menelepon maupun video setidaknya cukup mengobati rasa rindu, karena kamu bisa mengobrol, sekalipun tidak bisa bersua secara langsung. Akan tetapi disarankan sebaiknya tidak terlalu sering menelepon, cukup sekedarnya saja.

Jika kamu terlalu sering dan terlalu lama menelepon, hal itu akan menjadikan kamu semakin terikat dengan suasana rumah. Kamu akan semakin tergiang dan terbayang-bayang dengan suasana rumah. Jadi mengobrollah secukupnya saja, setidaknya itu cukup mengobati kerinduan yang kamu alami.

2. Perbanyak Kenalan dan Mengobrol dengan Orang Baru

Ketika kamu melakukan traveling, kamu akan menjumpai banyak orang baru. Dan ketika kamu bertemu dengan mereka, yang perlu kamu lakukan adalah berkenalan dan ajak mereka mengobrol. Cari suatu topik yang menurut kamu dapat mencairkan suasana antara kamu dan mereka dan topik yang membuat kalian merasa cocok.

Berkenalan dengan orang baru memang tidak mudah, terkadang ada orang introvert yang tidak mudah membuka diri, namun kamu harus selalu bersikap ramah kepada mereka. Nah, berkenalan banyak orang baru akan sedikit membuatmu lupa kerinduan terhadap rumah, karena kamu akan banyak menemukan keseruan bersama teman barumu.

Baca Juga: 8 Cara Mendapatkan Teman Baru Saat Traveling

3. Kunjungi Banyak Destinasi

Mengurangi rasa rindu terhadap suasana rumah dapat kamu atasi dengan mengunjungi lebih banyak destinasi. Jika kamu sudah mulai merasa rindu dengan rumah, cobalah menambahkan destinasi pada list tujuan kamu. Hal itu tidak akan menjadi masalah bagi itinerary yang telah kamu rancang jika kamu menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki.

Bagaimanapun, suasana wisata yang akan kamu sukai akan sedikit membuatmu lupa terhadap rumah. Kunjungan destinasi yang banyak juga manjur untuk membuatmu sibuk dan membuatmu lupa akan kerinduan terhadap keluargamu di rumah. Dengan begitu, kamu akan terhibur dengan kepuasan menikmati wisata tersebut.

4. Nikmati Banyak Jajanan Kuliner

Selain menikmati keindahan dan berbagai fasilitas wisata yang kamu kunjungi, kamu juga bisa menikmati berbagai jenis kuliner khas daerah tersebut. Di tempat kamu liburan, kamu akan banyak menemui jenis makanan baru, khususnya makanan khas daerah tersebut. Bahkan banyak makanan yang terbilang unik dan hanya dapat ditemukan di tempat tersebut.

Kamu akan banyak menemui jenis makanan dengan ragam rasa yang menggiurkan. Dengan suguhan rasa yang membuat lidahmu takjub, itu akan menjadikanmu lupa terhadap homesick yang kamu alami. Bersyukur jika di daerah tersebut kamu dapat menemukan makanan yang mirip dengan makanan di rumah, hal itu akan sedikit mengobati rasa rindu masakan rumah.

5. Lakukan Traveling Bersama Teman-teman

Jalan-jalan bersama teman-teman akan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Apalagi bersama dengan mereka yang memiliki hobi yang sama, tentu akan lebih seru. Saat kamu menikmati keseruan dalam mengeksplor keindahan sekitar bersama teman-teman, maka dijamin kamu tidak akan mengingat rumah.

Jika sudah bermain bermain bersama teman-teman, kamu akan dapat menikmati acara traveling kamu secara maksimal. Mereka akan membantu kamu untuk menghabiskan waktu traveling dengan luar biasa. Jadi, ajaklah teman-teman untuk bergabung dengan traveling bersama kamu.

6. Cobalah untuk Selalu Menyibukkan Diri

Selain itu, hal yang cukup ampuh untuk mengatasi homesick ialah dengan cara menyibukkan diri. Jangan beri celah bagi kamu untuk memikirkan apa yang ada di rumah. Penuhi semua waktu travelingmu dengan aktifitas-aktifitas yang menyenangkan. Sibukkan dirimu dengan hal-hal yang mengasyikkan.

Jangan pulang ke tempat penginapan jika kamu tidak benar-benar ingin beristirahat. Ketahuilah bahwa homesick ini paling sering terjadi ketika saat malam. Untuk mengisi waktu-waktu malam yang lengang, sebaiknya pergilah keluar untuk sekedar menikmati keindahan disekitar penginapan.

Atau boleh juga kamu pergi jalan-jalan ke taman atau kafe yang ada di sekitar penginapan. Disana kamu akan menemukan keseruan dan juga bisa menemukan teman baru. Jadi, berdiam diri di kamar hanya akan menambah rasa rindu yang kamu alami. Cobalah untuk selalu sibuk sehingga tidak ada kesempatan untuk meratapi homesick tersebut.

7. Jangan Terlalu Sering Menyendiri

Tidak jauh berbeda dengan tips sebelumnya, menyendiri hanya akan menjadikan kamu semakin rindu terhadap rumah. Jika kamu sudah merasa mengalami homesick, sebaiknya jangan terlalu banyak menghabiskan waktu sendiri. Karena pada faktanya, kesendirian hanya akan membuat pikiranmu semakin menyelami perasaan yang kamu rasakan.

Bergabunglah dengan beberapa kelompok orang untuk sekedar mengobrol atau menghabiskan waktu yang kamu miliki. Jika kamu melakukan solo traveling, cobalah untuk berkenalan dengan orang-orang ramah yang kamu jumpai di tempat tersebut. Dengan begitu, kamu akan dapat menemukan teman baru yang bisa kamu ajak bermain atau mengobrol bersama.

8. Nikmati Waktu dan Aktifitas yang Ada

Akatifitas apapun yang kamu lakukan di tempat tersebut, tidak akan pernah berharga jika kamu tidak mencoba menikmatinya dengan maksimal. Pada umumnya, orang yang mengalami homesick akan merasa tidak enak ketika melakukan hal apapun. Hal tersebut biasanya juga dirasakan oleh orang di sekitar kamu.

Saat homesick ini, kamu tidak dapat menikmati apapun yang kamu lakukan. Untuk mengatasi hal tersebut, ubahlah mindset tersebut. Berusahalah untuk menikmati apa yang ada di hadapan kamu. Lakukan sesukamu, dan nikmati waktu yang ada. Memang sedikit sulit untuk mengubah mindset, akan tetapi tips di atas dapat kamu lakukan untuk membantu mengubah mindset tersebut.

Seperti yang kamu ketahui bahwa homesick ini dapat mengganggu aktifitas yang kamu lakukan selama traveling. Kamu tidak dapat menikmati traveling kamu yang sudah menyita banyak waktu dan biaya. Sangat disayangkan bukan jika hal tersebut tidak berjalan secara maksimal?

Nah, beberapa cara mengatasi homesick di atas bisa membantu kamu dalam mengatasi homesick yang kamu alami ketika dalam masa traveling. Yah, setidaknya beberapa tips di atas dapat menimimalisirnya. Jadi, kamu bisa menerapkan beberapa cara di atas ketika suatu saat kamu mengalami homesick.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here