Kunci Sukses Double Job Bagi yang Punya Banyak Pekerjaan

Kunci Sukses Double Job

Berhasil di dua bidang atau lebih merupakan harapan semua orang. Kesempatan atau peluang ganda bisa dimiliki ketika anda memiliki keberuntungan atau memang anda memiliki keahlian tertentu sehingga bisa membuka peluang untuk mendapatkan sumber pendapatan baru, dan tentu saja hal tersebut akan menaikkan nilai jual anda sendiri.

Tapi kita juga tidak bisa menutup mata, bahwa sebagian orang juga sulit mencari pekerjaan, meskipun mungkin sudah sangat bekerja keras dengan segala daya upayanya. Apalagi ketika kita harus dihadapkan pada masa industri 4.0, dimana segalanya akan banyak mengandalkan teknologi. Otomatis hal tersebut akan memangkas kebutuhan sumber daya manusia secara fisik.

Mau tidak mau, suka tidak suka, saat ini anda adalah bagian dari generasi milenial yang harus open mind terhadap segala perubahan dan perkembangan teknologi saat ini. Jika tidak anda akan sangat jauh ditinggalkan oleh lajunya kereta api yang cepat.

Peluang ganda untuk mendapatkan 2 pekerjaan atau double job sekaligus tidak harus didapat dari dua bidang atau dua keahlian yang berbeda. Peluang ganda bisa datang  pada satu bidang yang sama. Sebagai contoh, jika anda seorang Public Relation Manager di sebuah bank, anda bisa berprofesi juga sebagai dosen yang mengajar tentang komunikasi efektif. Hal tersebut merupakan nilai tambah dan tentu saja anda bisa berbagi ilmu yang sesuai dengan pengalaman anda di lapangan.

Double job di bidang yang berbeda juga banyak dilakoni oleh banyak orang. Sebut saja, seorang karyawan yang juga merangkap menjadi ojek online, seorang penulis tabloid yang merangkap menjadi pengisi suara freelance di sebuah rumah produksi.

Bagi seorang karyawan, menjadi karyawan di sebuah perusahaan/pabrik dengan keahlian tertentu adalah pekerjaan pertama, sedangkan ojek online adalah pekerjaan kedua. Sedangkan bagi penulis tabloid, pekerjaan pertama adalah tulis-menulis karena memang dia menguasai ilmu tersebut, dan pekerjaan kedua adalah sebagai seorang pengisi suara karena memang dia memiliki kelebihan dengan suara beningnya.

Tidak ada peluang ganda yang jatuh begitu saja dari langit, meskipun mungkin ada faktor x keberuntungan. setiap kesempatan yang anda dapat pasti ada sebuah proses yang pernah atau harus dilalui sebelumnya. Salah satunya anda berani berinvestasi baik materi dan waktu dalam sebuah ruang pembelajaran seperti kursus singkat. Sebagai contoh, seorang penulis tabloid yang mengambil kursus bahasa Inggris, maka dengan kemampuan menulisnya dia bisa mengembangkan dirinya sebagai seorang penterjemah buku.

Melalui hobi, kadang kesempatan atau peluang ganda bisa muncul dari sebuah hobi yang memang kita sukai dari lubuk hati yang paling dalam. Sebagai contoh, apabila anda menyukai gambar, terutama dalam dunia desain grafis, maka apabila anda seorang karyawan di sebuah perusahaan, anda bisa menawarkan jasa desain untuk kebutuhan kantor, seperti brosur, banner atau lainnya.

Menguasai desain grafis, memang ada ilmu tertentu yang harus dikuasai, tapi tidak juga menuntut anda untuk mengikuti satu materi pendidikan tertentu. Banyak latihan dengan menggunakan berbagai aplikasi desain grafis, akan membuat anda semakin mahir dalam menguasai bidang tersebut.

PELUANG GANDA KEUNTUNGAN GANDA

Tidak dapat dipungkiri ketika anda memiliki banyak keahlian, artinya anda dapat membuka lubang aliran uang yang lain. Namun, terkadang tidaklah mudah untuk membandrol harga untuk kemampuan diri sendiri. Bahkan banyak orang risi untuk membicarakan tentang hal tersebut.

Awalnya anda mungkin kesulitan menemukan Formula Harga untuk menentukan imbalan dari jasa atau barang yang anda tawarkan. Biasanya akan muncul rasa khawatir tentang hal tersebut,  misalnya saja anda mungkin khawatir memberikan harga terlalu tinggi atau rendah.

Apabila terlalu tinggi, mungkin order tersebut akan lepas dari genggaman anda. Tapi kalau terlalu rendah, anda harus juga memikirkan tentang waktu dan keahlian yang harus dibayar sesuai agar apa yang sudah anda korbankan tidak terbuang percuma. Sebuah skill atau kemampuan pantas untuk dihargai, karena itu ada 3 pertimbangan ketika anda menentukan harga untuk skill diri anda, berikut diantaranya:

1. Tingkat kesukaran/kesulitan dari sebuah pekerjaan.

2. Waktu yang harus dikorbankan untuk menyelesaikan order tersebut.

3. Skala perusahaan yang menggunakan jasa anda. Jangan sampai anda menjual pada perusahaan besar dengan harga kaki lima.

Baca Juga: 10 Pekerjaan yang dapat Beresiko Bagi Kesehatan Paru-Paru

ADA UNTUNG ADA RESIKO

Side Job memang sangat menyenangkan, apalagi dengan penghasilan tambahan yang kita dapat, sehingga anda bisa membeli barang-barang lain, yang mungkin akan sulit apabila anda hanya mengandalkan satu pekerjaan. Setiap pekerjaan yang anda lakukan, selalu ada timbal balik dan resiko. Anda mungkin akan mengalami beberapa kondisi, seperti kelelahan dan stress karena harus memegang dua tanggung jawab dalam waktu bersamaan, sehingga seolah-olah waktu menjadi berkurang.

Ketika anda bekerja dalam sebuah perusahaan, mungkin masih ada perusahaan yang tidak men-support apabila seorang karyawannya melakukan double job, sehingga mungkin anda mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan  dari atasan anda atau staff lainnya. Karena itu ketika anda ingin memanfaatkan keahlian anda pada perusahaan lain, pastikan kedua perusahaan tersebut menyetujuinya.

Tapi tidak selalu dengan kondisi seperti itu, ada juga perusahaan yang senang ketika karyawannya melakukan double job. Sebagai contoh seorang Senior Fashion Editor pada sebuah rumah mode yang merangkap menjadi pembicara di berbagai acara, dia bisa mengangkat nama perusahaannya. Contohnya sebelum melakukan presentasi, dia akan memperkenalkan perusahaannya terlebih dahulu sebagai identitas tempat asalnya, sehingga orang bisa mempercayai kredibilitasnya.

Karena itu ketika anda melakukan side job, pastikan anda dapat mengelola waktu secara disiplin dan tepat sesuai dengan kemampuan anda, pastikan anda bisa bertanggung jawab baik pada pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan. Berikut trik agar anda bisa membagi waktu:

1. Cari Tahu Level Diri Sendiri.

Mencari kelebihan dan kelemahan diri anda sendiri akan membantu anda mengetahui pada level berapa energi anda bisa dikategorikan pada tingkat rendah, sedang atau tinggi.

2. Ketahui Top Energi Level Time.

Seperti mood, setiap orang juga memiliki waktu terbaik yang berbeda-beda. Ada yang energinya tinggi atau on saat subuh. Tapi ada juga yang baru tengah malam.

3. Alokasikan pekerjaan Secara Tepat.

Lakukan alokasi pekerjaan sesuai dengan tingkat kesulitan masing-masing di level terbaik yang bisa anda lakukan. Sebagai contoh, lalukan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi pada jam-jam dimana energi anda mencapai pada level tertinggi.

4. Baca Dan Pahami grafik kesibukan dalam hitungan waktu.

Lakukan side job pada waktu-waktu yang longgar. Sebagai contoh, ketika anda seorang dosen, sebaiknya tidak melakukan side job ketika sedang sibuk masa ujian.

5. Manfaatkan Cuti.

Tidak ada salahnya kita memanfaatkan cuti untuk melakukan pekerjaan lain.

6. Lakukan pekerjaan sesuai urutan prioritas.

7. Rencanakan pekerjaan anda, sehingga anda bisa lebih mudah menyelesaikan pekerjaan secara bertahap.

Tips & Trik Berhasil Dalam Dua Dunia

Tips dan trik ini yang bisa anda ikuti sebagai guidance agar anda bisa berhasil melakukan pekerjaan dalam dua dunia:

1. Hindari melakukan side job pada perusahaan yang menjadi kompetitor.

2. Kuasai bidang pekerjaan, sehingga mengurangi tingkat kesulitan anda dalam me-manage tanggung jawab.

3. Pahami tanggung jawab setiap tuntutan perusahaan, terutama yang berhubungan dengan deadline. Sebagai contoh, jangan pernah meminta special condition, dengan alasan anda memiliki keperluan keluarga, sehingga meminta kelonggaran waktu untuk deadline.

4. Pahami flexibilitas pekerjaan. Sehingga anda bisa mengatur waktu penyelesaian masing-masing pekerjaan.

5. Jangan pernah memanfaatkan fasilitas perusahan tertentu untuk mengerjakan pekerjaan perusahaan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here