in

Kunci Sukses Double Job Bagi yang Punya Banyak Pekerjaan

Kunci Sukses Double Job

Berhasil di dua bidang atau lebih merupakan harapan semua orang. Kesempatan atau peluang ganda bisa dimiliki ketika anda memiliki keberuntungan atau memang anda memiliki keahlian tertentu sehingga bisa membuka peluang untuk mendapatkan sumber pendapatan baru, dan tentu saja hal tersebut akan menaikkan nilai jual anda sendiri.

Tapi kita juga tidak bisa menutup mata, bahwa sebagian orang juga sulit mencari pekerjaan, meskipun mungkin sudah sangat bekerja keras dengan segala daya upayanya. Apalagi ketika kita harus dihadapkan pada masa industri 4.0, dimana segalanya akan banyak mengandalkan teknologi. Otomatis hal tersebut akan memangkas kebutuhan sumber daya manusia secara fisik.

Mau tidak mau, suka tidak suka, saat ini anda adalah bagian dari generasi milenial yang harus open mind terhadap segala perubahan dan perkembangan teknologi saat ini. Jika tidak anda akan sangat jauh ditinggalkan oleh lajunya kereta api yang cepat.

Peluang ganda untuk mendapatkan 2 pekerjaan atau double job sekaligus tidak harus didapat dari dua bidang atau dua keahlian yang berbeda. Peluang ganda bisa datang  pada satu bidang yang sama. Sebagai contoh, jika anda seorang Public Relation Manager di sebuah bank, anda bisa berprofesi juga sebagai dosen yang mengajar tentang komunikasi efektif. Hal tersebut merupakan nilai tambah dan tentu saja anda bisa berbagi ilmu yang sesuai dengan pengalaman anda di lapangan.

Double job di bidang yang berbeda juga banyak dilakoni oleh banyak orang. Sebut saja, seorang karyawan yang juga merangkap menjadi ojek online, seorang penulis tabloid yang merangkap menjadi pengisi suara freelance di sebuah rumah produksi.

Bagi seorang karyawan, menjadi karyawan di sebuah perusahaan/pabrik dengan keahlian tertentu adalah pekerjaan pertama, sedangkan ojek online adalah pekerjaan kedua. Sedangkan bagi penulis tabloid, pekerjaan pertama adalah tulis-menulis karena memang dia menguasai ilmu tersebut, dan pekerjaan kedua adalah sebagai seorang pengisi suara karena memang dia memiliki kelebihan dengan suara beningnya.

Tidak ada peluang ganda yang jatuh begitu saja dari langit, meskipun mungkin ada faktor x keberuntungan. setiap kesempatan yang anda dapat pasti ada sebuah proses yang pernah atau harus dilalui sebelumnya. Salah satunya anda berani berinvestasi baik materi dan waktu dalam sebuah ruang pembelajaran seperti kursus singkat. Sebagai contoh, seorang penulis tabloid yang mengambil kursus bahasa Inggris, maka dengan kemampuan menulisnya dia bisa mengembangkan dirinya sebagai seorang penterjemah buku.

Melalui hobi, kadang kesempatan atau peluang ganda bisa muncul dari sebuah hobi yang memang kita sukai dari lubuk hati yang paling dalam. Sebagai contoh, apabila anda menyukai gambar, terutama dalam dun