Takut Sentuh yang Bukan Mahram, Driver Ojek Online ini Beri Pembatas di Motornya

0

Keberadaan ojek online memang sangat membantu aktivitas kita sehari-hari. Selain bisa dengan mudah mencari transportasi umum, kita juga bisa menembus kepadatan lalu lintas yang terkadang tak bisa terhindarkan lagi. Siapa coba yang mau terjebak kemacetan berjam-jam. Bukan cuma waktu yang terbuang sia-sia, energi dan pikiran pun terkuras hanya karena macet dimana-mana.

Namun bagi sebagian orang, mereka terkadang merasa malas dan risih jika harus naik ojek online. Bukannya apa-apa, orang-orang tersebut kemungkinan punya prinsip sebisa mungkin menghindari bersentuhan dengan yang bukan muhrimnya. Apalagi naik ojek online yang rawan sekali bersentuhan, baik di sengaja ataupun tidak.

Namun belakangan ini, seorang ojol menjadi bahan perbincangan dan mendadak viral di media sosial atas aksinya memberikan pembatas penumpang di motornya. Pembatas ini seolah memisahkan antara driver dan penumpang untuk meminimalisir bersentuhan langsung satu sama lain. Kreatif ya!

Memberikan kenyamanan penumpang

Sumber image instagram.com/lambeonlen

Hal ini bermula ketika seorang wanita bernama Nova Yenti memberikan pujian di akun Facebook pribadinya atas pengalaman uniknya menaiki motor ojek online dengan pemisah duduk antara penumpang dan driver ojek.

Dalam keterangannya, Nova mengaku sebagai penumpang perempuan, dirinya merasa lebih nyaman dan lebih dihargai sebagai penumpang. Sebab, biasanya ketika mendapat ojol tanpa pembatas duduk, Nova mengaku sedikit risih karena tukang ojek kadang mengambil banyak space duduk. Hal ini menyebabkan Nova seringkali duduk di ujung jok agar duduknya tidak berdempetan sama driver.

Selain itu, Nova menambahkan bahwa ojek online bisa saja nge-rem mendadak. Ini membuat penumpang bisa terdorong kedepan dan menyebabkan bersentuhannya antara penumpang dan driver. Kalau ada pembatas, walaupun driver nge-rem mendadak, kita tak berpepetan secara langsung dengan driver karena ada pembatas.

Apresiasi Nova untuk driver ojek online

Meskipun ini adalah pengalaman kedua kalinya menaiki ojek online dengan pembatas penumpang, namun Nova sangat mengapresiasi driver tersebut. Sulit rasanya menemukan ojek yang memberikan batas tempat duduk penumpang di motornya.

Namun bagi Nova yang tak menyebutkan nama driver ojol itu, mengatakan bahwa tidak bersentuhan dengan penumpang yang bukan mahram adalah sebuah prinsip. Mungkin bagi orang yang melihat ojol dengan pembatas penumpang itu sedikit aneh dan terkesan lebay. Namun bagi Nova, dia merasa nyaman karena dihargai sebagai perempuan sekaligus penumpang.

Pembatas yang multifungsi

Ide kreatif yang dilakukan driver ojek online dengan pembatas penumpang rupanya memberikan manfaat bagi semua pihak. Selain menghindarkan penumpang bersentuhan langsung dengan driver, manfaat juga dirasakan pada sisi driver. Yaitu driver bisa sandaran di pembatas tersebut jika merasa kelelahan. Apalagi mungkin saja sang driver ojek online tersebut bekerja dan keliling naik motor seharian, maka pembatas bisa dijadikan tempat punggung beristirahat sejenak. Gimana, multifungsi, kan!

Respon Netizen

Ide cemerlang ojek online ini langsung direspon oleh Netizen yang melihatnya. Kebanyakan netizen memuji ide kreatif sang driver ojol tersebut.

“Selain pembatas, enak juga abangnya bisa senderan kalo pegel”

“Anti pegel, bisa buat nyender”

“Idenya kreatif, semoga makin banyak ojek syariah kayak gini”

Namun banyak juga yang memberi saran kepada ojol tersebut untuk memberikan pembatas penumpang yang terbuat dari bahan yang lembut dan tidak membahayakan penumpangnya. Mengingat pembatas ojek online itu terbuat dari besi, bisa saja jika driver nge-rem mendadak, penumpang malah terbentur besi pembatas yang keras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here