10 Kuliner yang Hanya Bisa Kita Temui Saat Bulan Ramadhan – Bikin Ngiler!

0
10 Kuliner yang Hanya Bisa Kita Temui Saat Bulan Ramadhan - Bikin Ngiler!
10 Kuliner yang Hanya Bisa Kita Temui Saat Bulan Ramadhan - Bikin Ngiler!

Bulan keberkahan Ramadhan akhirnya tiba juga. Sebulan penuh umat islam diharuskan untuk berpuasa menahan lapar, haus, dan hawa nafsu dari waktu subuh hingga waktu maghrib berkumandang. Tidak hanya merindukan bulan suci ramadhan saja, tapi kuliner ramadhan pun menjadi incaran untuk berbuka puasa maupun untuk disantap pada waktu sahur. Makanan dan minuman tersebut biasanya hanya bisa kita jumpai saat-saat bulan ramadhan saja. Kalau pun ada di selain bulan puasa, mungkin kuliner tersebut kurang begitu laku dijual atau kitanya yang kurang antusias untuk memakannya. Lalu apa aja ya kuliner khas ramadhan itu? Berikut adalah 10 Kuliner yang Hanya Bisa Kita Temui Saat Bulan Ramadhan.

 

Kuliner yang Hanya Bisa Kita Temui Saat
Bulan Ramadhan

 

1. Ayam opor.

Ayam opor

Hidangan ini mungkin nggak asing lagi ya buat kita semua, di bulan-bulan biasa pun ayam opor udah sangat sering kita jumpai. Tapi ayam opor adalah salah satu hidangan yang wajib di bulan ramadhan apalagi menjelang hari raya idul fitri.

2. Rendang.

rendang

Apalagi makanan yang satu ini. Perasaan hampir semua restoran pasti ada deh menu rendang. Tapi sama seperti ayam opor, rendang adalah salah satu hidangan yang wajib di bulan puasa apalagi pada awal-awal bulan ramadhan atau menjelang hari raya idul fitri.

3. Kolang-Kaling.

kolang kaling

Buah yang berasal dari pohon aren ini sering sekali lho diolah menjadi berbagai jenis hidangan untuk berbuka puasa, mulai dari dicampur dengan kolak pisang atau minuman es yang seger-seger, bahkan bisa juga disajikan tanpa campuran apapun.

4. Kolak.

Kolak

Ini nih yang paling umum dan sangat sering dijumpai di bulan puasa dan mungkin hanya bisa kita temui saat bulan ramadhan saja. Ya kolak. Terdapat banyak sekali jenis kolak lho, tapi biasanya kolang pisang adalah jenis yang paling populer. Kolak biasanya adalah menu pembuka kita saat berbuka puasa. Rasa manis dari pisang dan gurihnya santan udah cukup kok buat kita seger lagi setelah seharian berpuasa.

5. Cincau.

cincau hitam

Makanan khas ramadhan selanjutnya adalah cincau. Terdapat dua jenis cincau, cincau hitam dan cincau hijau. Tapi pada umumnya cincau yang sering kita jumpai di bulan ramadhan adalah cincau berwarna hitam.  Biasanya cincau dihidangkan dengan dicampur minuman yang bersantan. Cincau hitam kaya akan serat sehingga baik untuk kelancaran pencernaan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

6. Buah Kurma.

kurma

Buah yang berasal dari timur tengah ini adalah makan wajib saat berbuka puasa. Pada bulan ramadhan, kurma sangat mudah kita jumpai ketimbang pada bulan-bulan biasa. Kurma merupakan makanan wajib bulan ramadhan karena merupakan sunnah Rasulullah SAW yang menganjurkan berbuka puasa dengan buah kurma. Selain itu, manfaat kurma juga sangat luar biasa karena memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan bagi orang yang melakukan puasa.

Baca Juga: 50 Kata Kata Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1349H 2018 – Selamat Berpuasa

7. Timun Suri.

timun suri

Buah yang satu ini sudah dijuluki buah ramadhan karena memang buah ini bersifat musiman dan mungkin hanya bisa kita temui saat bulan ramadhan saja. Kalau pun ada di bulan-bulan biasa, timun suri kurang begitu laku dijual. Timun suri biasanya dijadikan campuran atau pelengkap untuk minuman berbuka puasa.

8. Candil.

Candil

Hidangan manis yang di buat dari campuran tepung beras, gula & santan ini sangat populer di pulau jawa, di daerah lain makanan ini disebut biji salak. Candil sangat mudah kita jumpai saat bulan puasa dan sangat cocok untuk menu burbuka puasa.

9. Biji selasih.

Biji selasih

Biji selasih merupakan biji-biji-an yang berasal dari tanaman bernama tanaman selasih. Banyak sekali khasiat dari biji salasih, namun yang paling berguna saat bulan puasa adalah melancarkan sistem pencernaan. Biji salasih biasanya digunakan sebagai campuran di minuman berbuka puasa.

10. Sirup.

sirup

Menjalani puasa seharian bikin kita dehidrasi dan kekurangan cairan. Nah, biasanya menjelang bulan puasa banyak sekali jenis-jenis sirup yang bermunculan di minimarket, supermarket. dan toko-toko nyediain sirup lebih banyak dibanding bulan lainnya. Sirup biasanya sebagai campuran di minuman berbuka puasa supaya minuman kita lebih manis dan terasa lebih nikmat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here