in

11 Ide Bisnis Freelance Tanpa Modal Tapi Penghasilannya Besar, Tertarik?

Ide Bisnis Freelance

Siapa yang nggak mau punya bisnis tanpa modal? Tentunya semua orang ingin menjalankan bisnis model tersebut meskipun hanya untuk bisnis sampingan atau rumahan saja. Tetapi, apa benar ada bisnis tanpa modal? Kita akan cari jawabannya dibawah ini.

Semua bisnis tentunya membutuhkan modal di awal saat kamu ingin memulainya. Besar atau kecil modal bisnis, tergantung bagaimana kamu yang ingin menjalaninya. Bisnis sampingan tentu membutuhkan modal yang lebih kecil dibandingkan bisnis utama yang diseriuskan.

Tetapi ada juga beberapa bisnis yang tidak membutuhkan modal uang sepeserpun. Yang dibutuhkan hanyalah skill, kemampuan, dan kemauan dalam menjalankannya. Bisnis apakah itu? Salah satunya adalah menjadi seorang freelance, berikut 11 bisnis freelance tanpa modal yang bisa kamu coba sekarang.

1. Freelance Video Editor

Kalo kamu seorang mahasiswa jurusan DKV, Multimedia, atau bekerja di bidang pembuatan content, pastinya kamu juga familiar dengan software edit video. Kemampuan ini bisa kamu salurkan menjadi bisnis yang bisa menjadi penghasilan tambahan, lho.

Yaitu dengan membuka freelance video editor online. Saat ini, banyak orang seperti event organizer, content creator, bahkan perusahaan-perusahaan besar yang mencari freelance editor untuk video produk maupun kontennya.

Tanpa perlu bertatap muka dengan klien, kamu bisa mendapatkan bayaran yang cukup besar dalam satu kali editing. Apalagi jika kamu memiliki skill di bidang animasi. Setidaknya satu video animasi dengan durasi di bawah lima menit bisa dihargai puluhan bahkan ratusan dollar.

2. Penerjemah Film dan Dokumen

Berikutnya untuk kamu yang menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Jerman, dan yang lainnya, kamu juga bisa membuka bisnis penerjemah film atau dokumen. Kini, banyak orang baik dari dalam maupun luar negeri yang membutuhkan penerjemah film-film documenter, film pendek, bahkan box office agar bisa dimengerti banyak orang.

Tidak sedikit pula perusahaan luar negeri yang membutuhkan penerjemah bahasa daerah seperti bahasa sunda, Jawa, Bali, hingga bahasa daerah Kalimantan untuk menterjemahkan film dan dokumennya. Beberapa website seperti Fiverr dan Sribulancer juga memfasilitasi para freelance translator. Kamu bisa cek di website dan forum freelancer untuk info lebih lanjut.

3. Freelance Voice Over dan Dubber

Masih berhubungan dengan bisnis tanpa modal yang dikerjakan secara digital, ada pula freelance voice over dan dubber yang bisa kamu jalani di rumah. Sesuai dengan namanya, kamu akan menjadi seorang pengisi suara baik dari animasi, video promosi atau video produk.

Kamu juga tidak terpatok hanya mengisi suara dalam bahasa Indonesia saja. Jika kamu mendapatkan klien dari luar negeri, maka kamu perlu mengisi suara dengan bahasa Inggris atau bahasa yang diminta oleh klien.

Modal untuk menjadi freelace voice over hanyalah skill kamu dalam berbicara yang jelas dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing.

4. Dropshiper

Berikutnya ada bisnis tanpa modal yang bisa kamu jalani di HP yaitu menjadi dropshiper. Beberapa dari kamu mungkin sudah tahu bahwa dropshiper adalah bisnis jualan online tanpa perlu melakukan stok barang ataupun packaging.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari partner atau bekerja sama dengan toko online dan kamu mencarikan pembelinya. Ketika ada pembeli, kamu tinggal menginformasikan ke pemilik toko agar mengirim barangnya.

Kamu akan mendapatkan komisi dari tiap barang yang kamu jual dengan harga sendiri. Misalnya harga di penjual aslinya Rp.100 ribu, dan kamu menjualnya Rp.110 ribu. Kamu akan mendapatkan keuntungan Rp.10 ribu disetiap transaksi. Lumayan kan? Apalagi kamu tidak perlu repot melakukan stok barang, packaging atau mengirim barangnya ke kurir.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Online Modal HP yang Menjanjikan

5. Freelance Desain Grafis

Jika kamu memiliki skill dalam menggambar atau membuat sebuah desain, maka kamu bisa membuat usaha tanpa modal hasil melimpah dengan menjadi seorang freelance desain grafis. Seperti yang kita semua tahu, desain grafis merupakan salah satu pekerjaan dengan penghasilan terbesar.

Selain itu karena menjadi bisnis freelance, kamu bisa mengerjakan pekerjaan kamu dimana saja dan kapan saja sesuai yang kamu mau. Asalkan tidak melewati deadline yang sudah ditentukan oleh klien.

Untuk menjadi freelance desain grafis kamu bisa memposting protofolio kamu di website-website freelancer, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

6. Membuka Les Privat Online atau Rumahan

Usaha tanpa modal yang berikutnya adalah membuka les privat online maupun rumahan. Tentunya kamu membutuhkan pemahaman mengenai hal yang ingin kamu ajarkan ke murid didik kamu nantinya.

Membuka les privat sangat cocok untuk kamu para guru, dosen, ataupun tenaga pengajar yang lain. Tetapi kalo kamu kurang paham dalam pendidikan formal, kamu juga bisa membuka les privat music, seni, keterampilan, dan lain-lain.

Untuk les privat online, biasanya kamu perlu merekam terlebih dahulu penjelasan dari hal yang ingin kamu ajarkan. Kemudian hasil rekamannya dikirimkan ke murid didik kamu agar mereka bisa belajar secara online tanpa perlu bertemu.

7. Bisnis Barang Preloved

Menjual barang preloved juga bisa menjadi bisnis tanpa modal dan tanpa resiko yang bisa kamu jalani. Mengingat saat ini banyak barang-barang preloved, khususnya baju, yang dijual dengan harga miring dan kondisi baju yang masih bagus.

Caranya adalah dengan memfoto barang atau baju yang ingin kamu jual. Kemudian, posting baju tersebut ke toko online atau media sosial agar bisa dilihat banyak orang. Jika ada orang yang tertarik, barulah kamu membeli barang tersebut dan menjualnya kembali ke pembeli tersebut.

Namun, pastikan kamu sudah izin dan memberi tahu sang penjual bahwa kamu akan menjual barang tersebut kembali. Hal ini dilakukan agar barang incaran kamu tidak keburu dibeli pembeli lain dari penjual pertama.

8. Jasa Penulisan dan Softcopy

Jika kamu seorang mahasiswa atau tinggal di daerah kampus yang banyak mahasiswa, membuka jasa penulisan dan softcopy bisa menjadi bisnis tanpa modal yang sangat menguntungkan. Sebab ada banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa kamu baik dalam menulis jurnal, tugas, bahkan skripsi.

Selain itu, beberapa dosen juga membutuhkan jasa pengetikan ulang dari hardcopy yang sudah dicetak menjadi softcopy berupa file digital. Sehingga, kesempatan seperti ini tidak boleh kamu lewatkan.

Harga satu lembar penulisan juga beragam. Mulai dari Rp.2.500,- hingga Rp.5.000,- per lembarnya.

9. Makelar Otomotif

Bisnis tanpa modal yang terakhir adalah menjadi makelar otomotif. Bisnis yang satu ini memiliki cara kerja yang mirip dengan menjual barang preloved. Yaitu dengan memfoto mobil atau motor orang lain yang ingin dijual.

Kemudian kamu mempostingnya di sosial media untuk di iklankan agar bisa dilihat oleh banya orang. Jika ada yang tertarik, kamu bisa menghubungi sang penjual pertama atau kamu memasang harga sendiri yang sudah termasuk komisi.

10. Mitra Media Digital

Jika kamu memang hobi menulis dan memiliki kemampuan dalam menyusun kata kata yang baik, kamu bisa menjadi seorang content writter di media-media online. Banyak sekali media-media atau blog yang membutuhkan jasa content writter untuk mengisi artikel-artikel di website mereka.

Jika kamu tertarik menjadi content writter, kamu bisa bergabung di website-website dan forum freelance, kamu juga bisa menawarkan kepada pemilik website untuk mengisi konten-konten artikel di website mereka.

11. Skill Komputer

Perkembangan teknologi memaksa permintaan dan kebutuhan di bidang ini juga meningkat pesat. Jika kamu memiliki skill dalam bidang komputer, misalnya, konfigurasi server, programming, jaringan komputer, membuat aplikasi, membuat website, instal ulang komputer, dan lain-lain.

Kamu bisa menawarkan skill tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan. Tentunya ini bisa menjadi pekerjaan sampingan dengan pendapatan yang lumayan bagi kamu yang suka otak-atik komputer.

Itulah 11 ide bisnis freelance tanpa modal yang bisa kamu jalani. Ternyata, usaha tanpa modal uang benar-benar bisa dilakukan. Yang terpenting adalah kamu memiliki kemauan dan skill dalam menjalani bisnis yang ingin kamu jalani.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *