7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Kita hidup di zaman dimana banyak hal yang sudah dilakukan secara instan. Misalnya ketika kamu ingin berbelanja kebutuhan bulanan atau kebutuhan fashion tanpa harus datang jauh-jauh ke toko, solusinya ialah berbelanja online. Tapi pernahkah kamu merasa ragu ketika ingin berbelanja secara online?

Biasanya keraguan terbersit saat kamu ingin melakukan transaksi online. Ada banyak hal yang membuat kamu ragu, contoh adalah takut penipuan atau takut barangnya tidak sesuai dengan yang dibayangkan.

Maraknya bentuk ketidak-jujuran inilah yang dapat membuat orang-orang enggan untuk berbelanja online. Meskipun begitu masih banyak toko-toko online yang masih sangat menjunjung nilai-nilai kejujuran.

Jika kamu seorang pebisnis pastilah kamu sangat paham bahwa kepercayaan konsumen merupakan kunci utama agar bisnis yang kamu jalani dapat berkembang pesat. Konsumen harus memiliki kepercayaan bahwa sarana yang kamu sediakan dapat memberikan manfaat yang terbaik bagi mereka.

Bagi kamu yang memiliki bisnis online, tujuan utamanya adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan, tanpa pelanggan usaha yang kamu jalankan tak akan merangkak maju. Dan pada faktanya meningkatkan kepercayaan pelanggan bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah.

Sebaliknya kamu harus memahami berbagai strategi tentang bagaimana cara meningkatkan kepercayaan pelanggan. Salah satunya adalah pengalaman, pengalaman pelanggan dapat menjadi pemicu kesuksesan dalam bisnis yang kamu jalani. Karena pengalaman yang baik dapat membuat seorang pelanggan untuk kembali membeli produk kamu.

Jika sudah menyangkut tentang kepercayaan pelanggan, ada beberapa tips tentang bagaimana membuat pelanggan percaya pada bisinis online kita. Berikut adalah cara meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online.

1. Memperhatikan Barang yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan barang yang akan dijual. Pastikan barang yang kamu jual layak untuk mendapat kepercayaan. Pastikan barang yang dijual sesuai dengan deskripsi, dan berikan deskripsi sejujur mungkin. Atau mungkin agar lebih jelas buat video ketika kamu sedang membuat deskripsi pada barang tersebut.

Dengan melihat video ketika kamu sedang mendeskripsikan produk tersebut secara tak langsung akan membuat pembeli tertarik untuk mencobanya. Mendeskripsikan produk sedetail mungkin memang sangat perlu, karena seorang pelanggan membutuhkan bukti bahwa barang yang kamu jual memiliki kualiatas yang baik.

2. Sistem yang Mudah

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada melakukan proses belanja yang lama bahkan cenderung rumit. Sistem yang rumit akan membuat pelanggan kamu enggan untuk melakukan transaksi, yang tentunya akan membuat pelanggan akan kehilangan kepercayaan dan rasa loyal. Bisa jadi pelanggan kamu akan melalukan transaksi di toko lain yang sistem pembayarannya lebih mudah.

Tuliskan dengan lengkap step by step pemesanan sampai dengan pembayaran. Dengan begitu pelanggan akan merasa dimudahkan dan dibantu dengan adanya langkah-langkah tersebut. Jangan dibuat sulit atau terlalu merepotkan, percayalah pada ungkapan-ungkapan bijak bahwa “Usaha Tidak Akan Pernah Menghianati Hasil”. Maka dari itu berusahalah agar hasil yang didapat memuaskan.

3. Gunakan Kualitas Foto yang Baik

Percaya atau tidak bahwa foto yang berkualitas akan meningkatkan minat pelanggan? Foto yang bagus memiliki kesan bahwa toko yang sedang kamu jalankan punya niat. Niat inilah yang nantinya akan menjadi bukti bahwa usaha yang sedang kamu jalani benar-benar patut dipertimbangkan dan tentunya dipercayai.

Kualitas foto yang bagus tentunya membutuhkan banyak usaha dan proses. Seperti yang sudah dikatakan di point sebelumnya bahwa usahamu menentukan kualitasmu. Hal tersebut seperti lighting yang tepat dan akurat saat pengambilan foto, detail dan ukuran yang tak terlalu kecil. Jika ukuran terlalu kecil biasanya akan mengakibatkan foto pecah ketika sudah di uplaod di situs bisnis online kamu. Oleh karena itu pertimbangkanlah kualitas foto.

4. Promosi yang Tepat

Saat ini ada banyak sekali jenis promosi yang bisa dilakukan. Mulai dari memanfaatkan media-media yang ada seperti memanfaatkan media sosial Facebook, Instagram, Channel Youtube hingga memasang beberapa iklan pada Website. Namun untuk saat ini promosi yang banyak digunakan oleh pebisnis online adalah endorsment. Cara ini merupakan cara paling mudah dan tepat dalam melakukan promosi.

Dengan endorsment, kamu akan mendapatkan promosi dan pelanggan potensial dari followers dari pihak jasa endorse tersebut. Biasanya para pebisnis online mengendorskan produk mereka melalui selebgram atau artis yang menerima jasa endors yang tentunya pihak yang dimintai untuk mengendors memiliki beribu-ribu bahkan berjuta-juta followers.

Dari promosi yang kamu lakukan melalui jasa endors tersebut akan mendatangkan pelanggan-pelanggan baru dan tentunya juga kepercayaan dari mereka.

Baca Juga: 6 Cara Mengoptimalkan Bisnis Melalui Jasa Endorse

5. Akun Media Sosial yang Jelas

Jika memang menginginkan kepercayaan pelanggan persiapan yang dilakukan harus sematang mungkin. Membuat akun sosial media yang jelas misalnya, pelanggan membutuhkan kejelasan apakah bisnis yang kamu jalani benar-benar dapat dipercaya atau tidak.

Kejelasan yang dimaksud disini ialah mencakup produk hingga pemesanan dan pembayaran secara jelas. Dan juga kemana pelanggan harus menghubungi kamu untuk melihat produk serta jasa yang sudah ditawarkan. Itu semua harus kamu poles dengan informasi yang jelas untuk menjadi petunjuk bagi pelanggan.

Ketika memulai bisnis online pastikan media yang digunakan untuk memasarkan produk kamu harus jelas. Hal ini tentunya untuk manarik minat pelanggan hingga pada akhirnya akan melakukan repeat order. Pelanggan melakukan itu atas dasar karena mereka sudah percaya dengan produk yang kamu tawarkan.

6. Komunikasi dengan Pelanggan

Jangan ragu untuk melakukan komunikasi aktif dengan pelanggan dan jangan lupa terapkan istilah “Pembeli Adalah Raja”. Karena respon yang baik akan membuat pelanggan kamu betah untuk terus menerus berbelanja di toko kamu. Jawablah pertanyaan pelanggan selama pertanyaan itu tidak menyimpang dan masih menggunakan bahasa yang layak.

Jangan ragu pula memberi kontak agar pelanggan merasa lebih percaya dan juga hal ini untuk memastikan komunikasi kamu dengan pelanggan berjalan dengan baik. Kemudahan berkomunikasi seperti memberikan jawaban serta respon yang tepat dan cepat akan membuat pelanggan merasa lebih aman untuk melakukan transaksi.

Live streaming juga merupakan salah satu cara paling mudah untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan. Live streaming bisa dilakukan melalui Channel Youtube, Facebook, dan juga Instagram. Tergantung kamu ingin melakukan Live streaming melalui media apa, namun kamu harus menentukan media mana yang paling berpotensi untuk meningkatkan pelanggan.

7. Maksimalkan Testimoni

Percaya atau tidak, testimoni dari pelanggan lain akan memberikan dampak positif pada bisnis online kamu. Dengan adanya testimoni tersebut pelanggan baru pasti percaya bahwa bisnis yang kamu jalani bukan sekedar bisnis abal-abal melainkan bisnis yang memang pantas untuk diakui.

Testimoni ini menunjukkan rasa puas pelanggan bahwa bisnis online kamu ini merupakan salah satu yang paling bisa dipercaya. Testimoni dari pelanggan alangkah baiknya disimpan secara khusus agar lebih mudah untuk diakses oleh pelanggan baru. Atau bisa juga dijadikan sebagai highlight dihalaman instagram.

Dan hal lain yang perlu dijunjung tinggi dalam melakukan bisnis online adalah jangan sekali-kali melakukan kecurangan dengan mencari testimoni dari akun bisnis lain. Karena hal itu akan berdampak buruk pada bisnis yang sedang kamu jalani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here