11 Tips Membangun Bisnis Bersama Teman yang Sukses dan Lancar

11 Tips Membangun Bisnis Bersama Teman yang Sukses dan Lancar
11 Tips Membangun Bisnis Bersama Teman yang Sukses dan Lancar
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Banyak orang yang khawatir dan tidak mau menjalankan bisnis dengan teman, alasannya karena takut timbul konflik yang dapat membahayakan hubungan pertemanan. Padahal faktanya, menjalankan bisnis bersama teman itu lebih mudah dibandingkan dengan berbisnis sama orang baru.

Mengapademikian? Karena kamu telahmengetahui karakter teman yang akan menjadi partner bisnis tersebut. Yah, tetapsaja, semua tergantung bagaimana cara kamu dan teman dalammenjalani bisnis tersebut. Semuanya tetap ada koridor dan aturan masing-masing,baik untuk pertemanan maupun bisnis.

Kedua hal tersebut harus kamu jalankan sesuai koridor masing-masing, dan pastikan kamu dan temanmu saling menguntungkan dan tidak merugikan salah satu pihak. Agar kamu tidak khawatir dan dapat menjalankan bisnis dengan sukses sama teman, berikut tips membangun bisnis bersama teman yang lancar dan sukses.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. BangunChemistry Lebih Dalam

Dalam sebuahhubungan pertemanan, tentu sudah ada chemistry di antara kamu dan dia. Inilah salah satukeunggulan menjalankan bisnis bersama teman, kamu tidak perlu susah payahmembangun chemistry dari awal. Kalian sudahsaling mengenal dan mengerti satu sama lain.

Hanya saja, kalian tetap perlu memperdalamchemistry tersebut. Karena bagaimanapun, kalianakan sama-sama berjuang menghadapi segala rintangan dalam bisnis. Jadi kalian harus benar-benarmemiliki chemistry yang sangat kuat.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


2. SatukanVisi dan Misi

Mungkin sebagianbesar sering menyepelekan visi dan misi dalam berbisnis. Padahal, jikamembangun sebuah bisnis yang dilakukan bersama, perlu adanya visi dan misi untukmenyelaraskan langkah. Jadi, ketika kamu ingin membangun bisnis bersama teman, satukandulu visi dan misi dalam bisnis tersebut.

Dengan adanyavisi dan misi yang telah dibuat, dapat menjadikan kalian lebih kompak dalambekerja sama. Selain itu, adanya visi dan misi juga akan membantu dalampengambilan keputusan. Jadi sebelum memulai bisnis bersama teman, pastikankalian berada dalam satu visi dan misiyang sama.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


3. BangunKomitmen Bersama

Penentuankomitmen berkaitan dengan bisnisapa yang kalian bangun. Sebaiknyapilihlah bisnis yang sesuai atau minimal tidak jauh dari skill yang dimiliki kalian. Jadi bangunlahkomitmen bersama terkait bisnis yang kalianjalankan.Setelah komitmen terbangun, jagalah komitmen tersebut.

Akan tetapi, sekalipun kalian sudah membangun komitmen, jangan terlalu memaksakan kehendak diri. Jangan terlalu antusias memperjuangkan komitmen tanpa memperhatikan parner bisnis. Lebih baik berjalan beriringan dan saling memberi semangat dalam memperjuangkan komitmen bersama.

Baca Juga: 10 Cara Agar Saling Percaya Dalam Sebuah Hubungan

4. TentukanGoal dalam Berbisnis

Setiapmenjalankan bisnis apapun, kalian harusmenentukan beberapa goal yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu. Goalini dapat dijadikan pegangan dalam menentukan langkah bisnis kalian. Dengan menentukangoal yang jelas, kalian dapatdengan mudah untuk mencapai target yang telah disepakati.

5. BuatKesepakatan Secara Jelas

Dalam membangunbisnis bersama teman, sangat penting membuat kesepakan yang jelas di awalsebelum memulai. Dalam hal ini, kalianharusmembuat kesepakatan bersama.Kesepakatan tersebut perihal tugas masing-masing, modal, pembagian penghasilan,dan seluruh aspek terkait dengan bisnis tersebut.

Jika perlu, kalian buat surat perjanjianresmi yang berisi tentang kesepakatan bersama. Dengan demikian, kalian akan terhindar darimasalah-masalah yang kemungkinan bisa terjadi di masa mendatang. Hal ini hanyauntuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan nantinya.

6. Bagi-bagiTugas dalam Bekerja

Inilah mengapakalian perlu membuatkesepakatan di awal sebelum memulai bisnis, karena kalian harus menentukan tugasyang jelas untukmasing-masing individu.Menentukan tugas ini harus kalian lakukansesegera mungkin, agar pengelolaan bisnis kalianberjalanseimbang dan maksimal.

Dalammembagi-bagikan tugas, kalian harusmenyesuaikan dengan skill yang dimiliki oleh masing-masing. Dan denganpembagian tugas ini pula kalian dapatmengetahui apakah strategi bisniskalian sudah optimal atau belum. Karena disitulahkinerja masing-masing dapat dilihat.

7. BersikapSaling Percaya dan Terbuka

Salah satu kunciutama dalam menjalankan bisnis bersama teman ialah saling percaya dan terbukasatu sama lain. Hilangnya rasa kepercayaan terhadap rekan bisnis merupakanresiko paling berbahaya bagi kelangsungan bisnis. Karena pada dasarnya,kerjasama itu berlandaskan kepercayaan.

Untuk itu, kalian harus saling terbukasatu sama lain. Jangan sampai menutup-nutupi sesuatu hingga menimbulkankecurigaan tak mendasar di antara kalian.Dengan begitu, kepercayaan di antara kalian akan terjaga, dan akan terciptapula keadilan di antara kedua belah pihak.

8. SingkirkanRasa Ego Pribadi

Rasa percayatidak cukup untuk membangun bisnis bersama teman jika mengedepankan egomasing-masing. Kerja sama dalam hal apapun tidak akan pernah berjalan maksimaljika masing-masing anggota sama-sama keras kepala. Terlebih lagi kerjasamadalam hal bisnis.

Jika antara kalian berselisih pendapat, sebaiknyamusyawarahkan dengan kepala dingin. Jangan pernah memaksakan kehendak pribadi.Carilah solusi yang paling tepat, baik dengan cara mengambil jalan tengahmaupun mempertimbangkan pendapat siapa yang lebih masuk akal untuk diambil.

9. JunjungTinggi Profesionalisme

Memisahkan antara hubungan pertemanandengan hubungan berbisnismemanglah tidak mudah. Akan tetapi, tanpa adanya profesionalisme, bisnis yang dikerjakanbersama teman tidakakan berjalan maksimal. Pisahkan antara bekerja dengan bermain, karena keduanya akan saling mengganggustabilitas masing-masing, bahkan bisamempengaruhi kesehatan bisnis.

10. SiapMenanggung Resiko Bersama

Apapun yangterjadi nantinya, kalian harussiap menanggung resiko bersama. Kemungkinan rugi pasti ada. Untuk itu, kalian harus mempersiapkan diridengan segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi nantinya. Jika mengalamikerugian, makatanggunglah bersama.

Dan biasanya, seorang teman tidak akanmeninggalkan kamu ketikabisnis kalian mengalami kerugian. Inilah kelebihan memilih teman sebagaipartner bisnis, karena mampu dijadikan partner di segala kondisi. Beda halnyajika kamu memilihbekerjasama dengan orang baru, kemungkinan ‘meninggalkansaat kondisi yang buruk’ akan jauh lebihbesar.

11. LakukanEvaluasi Secara Berkala

Langkah yangsatu ini berkaitan erat dengan goal yang telah kalian tentukan di awal. Pada tahap inilah kalian mulai mengoreksi apakahgoal yang kalian targetkansudah tercapai apa belum. Jika masih belum, cari tahu apa masalah yang menyebabkan kalian belummencapai target.

Kalianperlu mengevaluasi semuanya, baik dari kinerja, stabilitas keuangan, proses marketing danlainnya. Selain itukalian juga harus rutin dalammelaksanakan evaluasi pada bisnis agar tetap berjalan dengan stabil. Jikamemang terdapat masalah, maka bisacepat terdeteksi dan cepat diatasi.

Jadi, itulahrangkaian tips membangun bisnis bersama teman yang dapat kamu. Nah, kamu bisa mengikuti cara diatas kalau memang kamu maumenjalankan bisnis bersama teman.