in

11 Tips Membangun Bisnis Bersama Teman yang Sukses dan Lancar

Bisnis Bersama Teman

Banyak orang yang khawatir dan tidak mau menjalankan bisnis dengan teman, alasannya karena takut timbul konflik yang dapat membahayakan hubungan pertemanan. Padahal faktanya, menjalankan bisnis bersama teman itu lebih mudah dibandingkan dengan berbisnis sama orang baru.

Mengapa demikian? Karena kamu telah mengetahui karakter teman yang akan menjadi partner bisnis tersebut. Yah, tetap saja, semua tergantung bagaimana cara kamu dan teman dalam menjalani bisnis tersebut. Semuanya tetap ada koridor dan aturan masing-masing, baik untuk pertemanan maupun bisnis.

Kedua hal tersebut harus kamu jalankan sesuai koridor masing-masing, dan pastikan kamu dan temanmu saling menguntungkan dan tidak merugikan salah satu pihak. Agar kamu tidak khawatir dan dapat menjalankan bisnis dengan sukses sama teman, berikut tips membangun bisnis bersama teman yang lancar dan sukses.

1. Bangun Chemistry Lebih Dalam

Dalam sebuah hubungan pertemanan, tentu sudah ada chemistry di antara kamu dan dia. Inilah salah satu keunggulan menjalankan bisnis bersama teman, kamu tidak perlu susah payah membangun chemistry dari awal. Kalian sudah saling mengenal dan mengerti satu sama lain.

Hanya saja, kalian tetap perlu memperdalam chemistry tersebut. Karena bagaimanapun, kalian akan sama-sama berjuang menghadapi segala rintangan dalam bisnis. Jadi kalian harus benar-benar memiliki chemistry yang sangat kuat.

2. Satukan Visi dan Misi

Mungkin sebagian besar sering menyepelekan visi dan misi dalam berbisnis. Padahal, jika membangun sebuah bisnis yang dilakukan bersama, perlu adanya visi dan misi untuk menyelaraskan langkah. Jadi, ketika kamu ingin membangun bisnis bersama teman, satukan dulu visi dan misi dalam bisnis tersebut.

Dengan adanya visi dan misi yang telah dibuat, dapat menjadikan kalian lebih kompak dalam bekerja sama. Selain itu, adanya visi dan misi juga akan membantu dalam pengambilan keputusan. Jadi sebelum memulai bisnis bersama teman, pastikan kalian berada dalam satu visi dan misi yang sama.

3. Bangun Komitmen Bersama

<