10 Tips Buka Bisnis Tour Open Trip yang Kekinian

10 Tips Buka Bisnis Tour Open Trip yang Kekinian
10 Tips Buka Bisnis Tour Open Trip yang Kekinian
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Dimulaidari hobi dan kegemaran, banyak para pengusaha yang memanfaatkan hobinya menjadi bisnis yang menghasilkanuang. Salah satunya adalah hobi traveling yang mulai dimanfaatkan sebagaibisnis. Terlebih lagi, saat ini tren travellingsudah menjadi kebutuhan wajib untuk sebagian besarorang.

Makajangan heran kalau bisnis travel memilikipeluang yang sangat besar. Banyak jenis bisnis travel, salah satunya yangpaling hits adalah bisnis travelopen trip.

Semua jenis bisnis, termasuk usaha open trip terbilang susah-susah gampang dalam menjalankannya. Dan tentu membutuhkan beberapa trik dan strategi khusus. Nah, jika Anda ingin membuka usaha tour open trip, simak terlebih dahulu tips buka bisnis tour open trip berikut ini:

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. KenaliDetail Setiap Obyek Wisata

KetikaAnda memutuskan untuk membuka bisnis open trip, maka hal utama yang harus Anda pahamiadalah tentang detail berbagai obyek wisata. Andawajib mengumpulkan banyak informasi penting tentang berbagaitempat wisata, baik tentang karakteristik maupun terkait administrasi.

Karenabagaimanapun, setiap tempat wisata selalu memiliki keunikan tersesndiri. Denganmemahami setiap karakteristik tempat wisata secara detail, maka Anda dapatdengan mudah memberikan informasi kepada para traveller. Anda juga dapatleluasa memberikan penawaran yang menarik bagi calon pelanggan Anda.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


2. BangunTim yang Solid

Menjalankanusaha open trip cukup mustahil jika dilakukan hanya seorang diri. Anda tetapmembutuhkan beberapa orang untuk membangunbisnis ini. Untuk itu, ajaklah orang untuk bergabung ke dalam bisnis Anda.Bangunlah tim yang solid dengan beberapa orang yang dapat dipercaya.

Mengenaijumlahnya sangat bervariasi, tergantung kebutuhan. Sebaiknya, pilihlah beberapa orang yang memilikikemampuan atau keahlian yang beragam, seperti ahli dalam pendirian tenda dansurvival, fotografi, maupun keahlian lainnya. Semua keahlian tentunya berkaitandengan travelling.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


3. PerluasJaringan Atau Relasi

Salahsatu kemampuan sederhana yang dituntut dalam menjalankan usaha open trip adalah pandai dalam memperluas jaringan dan membangunrelasi. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa hampir seluruh jenis bisnis menuntutuntuk pandai memperluas relasi bisnisnya, terutama bisnis travel.

Maka dari itu, mulailah membangun relasi dengan orang-orang berkaitan dengan bisnistravel. Contohnya membangunrelasi dengan pemilik maupun pengelola penginapan, transportasi, rumah makan,penyewaan tenda,pengelola tempat wisata,dan sebagainya. Jikarelasi Anda sudah luas, initentu akan membawa dampak besar bagi perkembangan bisnis travel Anda.

4. BukaKerjasama dengan Pengelola Wisata

Selainmemperluas jaringan dan membangun relasi dengan banyak pihak, Anda juga harusbisa bekerjasama dengan berbagai pengelola obyek wisata. Bekerjasama denganpihak pemerintah daerah setempat dan pengelola wisata akan membantu bisnis Andaberkembang dan semakin kuat.

Initentunya menjadi langkah yang penting dalam menjalankan bisnis open trip. Andaharus banyak mengambil informasi dari pihak-pihak tersebut mengenai obyekwisata yang mereka kelola. Atau Anda juga dapat bekerjasama dengan pemerintahsetempat tentang semuaobyek wisata yangberada di sekitarwilayah tersebut.

5. BanyakBergabung di Komunitas Traveller

KetikaAnda memutuskan untuk membangun usaha opentrip, perbanyaklah bergabung dengan berbagai komunitas traveller. Di komunitastersebut, biasanya diadakan pertemuan rutin sesama traveller. Dengan begituAnda bisa ikut serta dan banyak berdiskusi bersama traveller yang sudah berpengalaman.

Adabanyak informasi yang bisa Anda dapatkan, mulai dari tempat wisata terbaru, wisata yang keren, hingga tempat wisata yang masih belum terekspos. Jadi perbanyaklah bergabung dengan komunitastraveler.

6. TawarkanPerjalanan yang Mengesankan

Sebagaipebisnis travel, tentunya pelanggan akan melihat bagaimana pengalaman Andadalam travelling. Mereka akan mempercayai Anda jika Anda memang benar-benarberpengalaman dalam travelling. Untuk itu, sebelum Anda membuka bisnis ini,sebaiknya buat perjalanan yang berkesan terlebih dahulu.

Potretlahsetiap momen dan pemandangan yang menarik dalam perjalanan Anda. Kemudian tawarkanlahkepada mereka untuk perjalanan yang lebih berkesan.Intinya, tunjukkan kepada mereka bahwa Anda adalah orang yang profesional dalamhal travelling. Ini akan sangat membantumembangun image bisnis Anda.

7. BuatPaket Tour Menarik

Berbicaratentang bisnisopen trip, tentu tidak akanlepas dengan budget dan fasilitas yang akan didapatkan.Terlebih lagi soal biaya, pasti banyak orang yang memperhitungkan hal inisebelum memutuskan untuk memilih jasa open trip.Untuk itu, sangat penting bagi Anda agar membuat paket yang hemat dan menarik.

Andaharus menentukan secara tepat tentang pemilihan transportasi, akomodasi, tempatmakan serta obyek wisata yang menarik, tentunya dengan harga yang terjangkau. Semua paket harus Anda kemas dalam gayatravelling kekinian, misalnya menyediakan salah satu tempat yang instagramablesebagai spot untuk berswa foto, dan lain-lain.

8. Mulaidari Teman-TemanTerdekat

Padatahap awal membuka usaha open trip, sebaiknya Anda mulai dari teman-temanterdekat dahulu. Anda rancang itinerary perjalanan yangmenarik, kemudian ajak teman-teman Anda untuk bergabung dengan konsep perjalanan tersebut.

Sederhananya,Anda tawarkan jasa open trip kepada teman-teman terdekat. Anda dapat memulainyadari teman kantor, teman kuliah dan sebagainya. Kemudian mintalah mereka memberikan feedback dengansejujur-jujurnya tentang apa yang kurang, apa yang harus diperbaiki, dansebagainya.

Ini fungsinya agar Anda bisa mengetahui dimana letak kekurangan bisnis Anda. Daripada nanti konsumen yang memberikan feedback negatif, lebih baik teman Anda kan?

Baca Juga: 5 Manfaat Data Feedback Pelanggan untuk Brand Bisnis Anda

9. Promosikandengan Media Digital

Setelahbisnis Anda mulai terbentuk, saatnya Anda mempromosikannya. Untuk sekarang ini,sulitrasanya membuat bisnis yang berkembang jika tidak promosi di media digital. Tidak sulit untuk mempromosikan jasaopen trip, Anda cukup membuat foto yang instagramable tentang beberapa obyekwisata.

Atauagar lebih menarik, Anda buat video kompilasi yang berdurasi pendek tentangspot-spot wisata yang unik, menarik dan kekinian. Kemudian Anda postingfoto-foto atau video tersebut di beberapa media sosial sebagai konten promosi.

Anda bisa beriklan di media sosial dengan menargetkanpengguna sosmed yang suka traveling. Tenang, biaya iklan di media sosial tidakbesar kok. Mungkin modal seratus ribu cukup menjangkau ribuan orang di mediasosial.

10. GunakanJasa Influencer

Membuatkonten promosi di media sosial masih belum cukup. Anda harus menambahkan trikdengan menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis Anda. Caranya,Anda ajak blogger, youtuber, atau selebgram yang suka atau sering mengisikonten traveling untuk bergabung dengan trip Anda.

KemudianAnda minta para influencer tersebut mempromosikan jasa open trip milik Andapada konten-konten mereka. Dengan begitu, akan banyak yang tertarik untukmenggunakan jasa open trip yang Anda kelola. Jadi, jangan heran jikasewaktu-waktu bisnis Anda akan laku keras dan berkembang pesat.

Nah,itulah beberapa tips buka usaha open trip yang wajib Anda perhatikan sebelumAnda memulainya. Lakukan saja dengan sungguh-sungguh, dan terus asah kemampuanAnda dalam melobi. Karena kemampuan melobi merupakan hal dasar yang sangatdibutuhkan dalam menjalankan bisnis travel.