in

11 Tips Snorkeling Bagi Pemula dan Belum Bisa Berenang

Olahraga Snorkeling Bagi Pemula

Siapa bilang liburan di pantai tidak bisa mencoba hal-hal yang seru dan menantang? Yang bilang begitu, pasti belum pernah mencoba melakukan snorkeling. Dari dulu hingga saat ini, snorkeling masih menjadi hal favorit yang dapat dilakukan saat liburan di pantai. Tapi di beberapa pantai tertentu.

Pasti banyak keseruan yang akan kamu dapatkan dari snorkeling. Kamu bisa menikmati keindahan flora maupun fauna di perairan dangkal. Sangat disayangkan jika kamu melewatkan momen seru saat liburan di pantai berpotensi keindahan luar biasa? Untuk itu, kamu wajib mencoba olahraga snorkeling.

Jangan khawatir sekalipun kamu belum mahir berenang, karena kamu bisa menggunakan baju pelampung. Bahkan banyak orang belum bisa berenang melakukan olahraga snorkeling dengan menggunakan baju pelampung. Namun tetap tidak boleh sembarangan ya. Simak dulu beberapa tips snorkeling yang wajib diketahui oleh pemula di bawah ini:

1. Bawa Peralatan Snorkeling Lengkap

Pada umumnya, di beberapa pantai yang punya potensi untuk snorkeling akan disediakan penyewaan peralatan lengkap untuk snorkeling. Sebenarnya kamu tidak perlu membawanya. Tapi, lebih baik usahakan kamu bawa saja perlengkapan. Mengapa? Karena kamu bisa menyesuaikan perlengkapan snorkeling dengan ukuran tubuh kamu.

Jadi kamu tidak perlu khawatir akan mendapat peralatan yang kurang pas untuk dipakai. Karena ukuran peralatan snorkeling biasanya memperngaruhi kenyamanan dan keamanan selama snorkeling. Selain itu, kebersihan dari peralatan yang akan kamu pakai juga terjaga. Jadi, lebih baik bawa saja peralatan sendiri, kecuali pelampung bisa menyewa.

2. Cek Kondisi Peralatan yang Akan Digunakan

Sebelum kamu memakai peralatan untuk snorkeling, cek kondisinya terlebih dahulu. Pastikan peralatan yang akan kamu gunakan sudah aman dan layak untuk digunakan. Pastikan semua peralatan snorkeling tidak rusak, meskipun hanya ada robek sedikit atau ada retak, tetap harus kamu perhatikan karena itu menyangkut keselamatan.

Pastikan, semua peralatan yang akan kamu gunakan pas di ukuran kamu, tidak kebesaran maupun kekecilan. Pastikan masker yang kamu pakai dapat menghalau masuknya air. Dan gunakan pula kaki katak yang masih lentuk dan tentunya ukurannya pas di kaki. Dan terakhir jangan lupa memakai baju pelampungnya.

3. Bersihkan Peralatan Jika Menyewa

Inilah kelemahan saat kamu tidak membawa peralatan untuk snorkeling, itu tandanya kamu harus menyewa. Yah, namanya juga barang sewaan, pasti sudah digunakan banyak orang. Bahkan bisa jadi kamu adalah orang yang kesekian kalinya menggunakan peralatan tersebut, agak risih kan?

Nah, untuk mengatasi itu, sebaiknya kamu bersihkan lagi peralatan yang akan kamu gunakan. Biasanya, pihak penyewa sudah membersihkannya setelah disewa orang, tapi biar lebih afdol, mending kamu bersihkan lagi. Cuci ulang semua peralatan, khususnya masker dan snokelnya, kemudian kamu keringkan dulu sebelum dipakai.

4. Pakai Masker dengan Tepat

Setelah semua peralatan sudah lengkap, pastikan kamu menggunakannya dengan tepat. Jangan sampai saat menggunakannya, ada selipan rambut maupun benda-benda lainnya antara kulit dan masker.

Saat memasangnya, tekan agar pemakaiannya rapat kemudian pasang talinya dengan sempurna. Jangan lupa oleskan sedikit pasta gigi pada masker agar tidak timbul embun saat digunakan.

5. Biasakan Diri Menggunakan Snorkel Sebelum Memulai

Setelah pemasangan semua peralatan, cobalah untuk membiasakan diri dengan semua peralatan snorkeling tersebut. Perbanyak latihan pernapasan saat menggunakan snorkel. Latih pernapasan dengan cara tarik napas, kemudian hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan hal itu berulang-ulang dan secara teratur.

Untuk waktu-waktu awal memang mungkin terasa tidak nyaman dan sulit, maka dari itu kamu harus mencoba membiasakan diri dan latihan pernapasan berulang-ulang. Biar ketika kamu sudah nyebur di air sudah terbiasa dengan semuanya. Kamu akan merasa lebih nyaman dengan semua yang kamu pakai.

6. Cari Lokasi yang Arus Rendah

Sebagai pemula dan belum bisa berenang, sebaiknya pilih lokasi yang memiliki arus rendah untuk melakukan snorkeling. Arus yang agak besar dapat menarik tubuhmu kesana kemari, ini akan mengganggu keseimbanganmu dan pastinya akan membuatmu cepat capek. Apalagi kamu masih belum terbiasa dengan semua peralatan yang kamu pakai.

7. Lakukan Bersama Teman yang Ahli Atau Pemandu

Salah satu kelebihan dari snorkeling bisa dilakukan oleh orang yang tidak bisa berenang. Jadi ini sebuah kabar gembira bagi kamu yang belum bisa berenang. Tapi, meskipun begitu kamu tidak boleh sembarangan melakukannya. Jangan pernah snorkeling sendirian kalau kamu pemula dan belum bisa berenang.

Ajaklah teman yang memang sudah mahir melakukan snorkeling dan juga bisa berenang. Atau kamu bisa melakukannya bersama pemandu. Kemudian kamu ikuti petunjuk dari teman atau pemandu. Jangan pernah jauh-jauh dari mereka, jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu bisa cepat mendapatkan bantuan dari mereka.

8. Waspada dengan Kondisi Sekitarmu

Pesona keindahan bawah laut memang seringkali membius mata siapapun yang memandangnya. Tak jarang ini yang membuat para snorkeler mengabaikan situasi di sekitarnya.

Menikmati keindahan bawah laut itu memang harus, tapi tetap harus fokus dalam memahami situasi disekitarmu. Perhatikan perubahan arus ombak yang terjadi, hindari arus ombak kencang. Dan perhatikan teman atau pemandu yang bersamamu, jangan sampai jauh.

Baca Juga: 10 Kegiatan untuk Menikmati Liburan di Pantai Saat Malam Hari

9. Lakukan Clearing Jika Masker dan Snorkel Kemasukan Air

Saat melakukan snorkeling, bisa saja kamu mengalami beberapa hal, seperti kemasukan air pada masker atau snorkel. Nah, ketika kamu mengalami ini, jangan panik, ini memang hal yang biasa terjadi. Kamu tidak perlu membuka masker atau snorkel untuk membersihkan air yang masuk, kamu hanya perlu melakukan clearing.

Jika air masuk melalui masker, tarik nafas perlahan melaui mulut, kemudian kamu hembuskan kuat-kuat melalui hidung. Dengan begitu, air akan keluar dari masker. Sebaliknya, jika air masuk ke dalam saluran snorkel, kamu tarik nafas melalui hidung kemudian hembuskan kuat-kuat melalui mulut.

10. Tetap Tenang dan Nikmati

Apapun yang kamu alami, berusahalah untuk tetap tenang. Jangan panik karena panik akan membuat kamu bergerak tak beraturan. Itu hanya akan membuat kamu menghabiskan banyak energi sia-sia. Jadi, tetap tenang menghadapi kondisi apapun, fokus untuk memperhatikan situasi sekitarmu.

Nikmati segala keindahan yang ada di sekitar kamu. Rugi jika kamu melakukan snorkeling namun tidak mendapat pengalaman yang berkesan. Bukankah tujuan kamu snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut? Jadi nikmati segala keindahan yang ada di sekitar kamu.

11. Jagalah Keindahannya

Setiap orang akan terpukau dengan suguhan keindahan alam bawah laut. Maka dari itu, dengan setiap keindahan yang ada, kamu harus menjaganya. Jangan menyentuh obyek-obyek bawah laut sembarangan.

Selain menjaga keindahannya, ini juga menjaga keamananmu. Ada beberapa flora dan fauna laut yang memang dianjurkan untuk tidak disentuh. Jadi kamu harus hati-hati.

Nah itulah beberapa tips snorkeling bagi kamu yang masih pemula dan belum bisa berenang. Tidak usah takut untuk mencoba snorkeling, selama kamu taat mengikuti komando dari pemandu atau teman yang ahli, kamu akan aman-aman saja. Dan jangan lupa, lakukan tips yang disebutkan di atas.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *