9 Tips Travelling Saat Musim Hujan

9 Tips Travelling Saat Musim Hujan
9 Tips Travelling Saat Musim Hujan
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Di bulan-bulan akhir tahun, pasti berjumpa dengan musim hujan. Musim yang menjadi kendala dalam agenda kita untuk berlibur. Meski begitu, travelling di musim hujan bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan bukan?

Banyak persiapan ekstra yang harus benar-benar diperhatikan. Supaya agenda travelling tetap berjalan lancar, berikut sembilan tips travelling yang bisa kamu terapkan jika memilih musim hujan sebagai musim liburanmu. Ikuti dan simak ya!

1. Menentukan destinasi

Photo by Andrea Piacquadio From Pexels

Menentukan destinasi memang menjadi hal yang paling penting sebelum berangkat travelling. Sebab, hal tersebut ada kaitannya dengan kenyamanan dan keamanan kita selama berlibur.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Ada banyak sekali ragamnya destinasi yang bisa untuk dikunjungi. Akan tetapi, tidak semua destinasi cocok dikunjungi di semua musim, bukan.

Misalkan saat musim hujan. Tidak mungkin kita melakukan travelling ke gunung, pantai, atau pun destinasi-destinasi lain yang berhubungan dengan alam. Memang sih, itu sah-sah saja bagi yang ingin berlibur. Namun, keputusan tersebut bisa sangat berisiko tinggi, lho.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Sebaiknya, selama musim hujan pilihlah destinasi yang berkonsep indoor seperti museum, zoo, park, cafe, dan destinasi lainnya.

2. Mempersiapan perlengkapan

Photo by Yaroslav Shuraev From Pexels

Perlengkapan liburan saat musim kemarau tentu berbeda dengan musim hujan. Saat musim hujan, perlengkapan akan lebih banyak yang harus dipersiapkan daripada seharusnya.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Misal saat musim kemarau hanya butuh baju tipis, tapi tidak saat di musim hujan. Kamu perlu baju tambahan seperti jaket atau baju tebal sebagai tambahan untuk menghangatkan tubuh. Payung dan jas hujan menjadi perlengkapan wajib yang harus di bawa saat musim hujan.

3. Membawa obat-obatan dan vitamin

Photo by Karolina Grabowska From Pexels

Salah satu keperluan barang yang tidak boleh ketinggalan ialah obat-obatan. Sebab saat musim hujan, tubuh akan sangat rentan sekali terserang berbagai penyakit, seperti masuk angin, demam, dan flu. Hal tersebut terjadi karena kondisi udara jauh lebih dingin dari sebelumnya. Tidak hanya itu, siapkan juga vitamin atau suplemen sebagai benteng tubuh kamu agar tetap fit.

4. Selalu pantau prakiraan cuaca

Photo by Genaro ServĂ­n From Pexels

Saat musim hujan, tentu cuaca akan sangat tidak menentu. Bisa jadi tiba-tiba hujan lebat ataupun badai. Maka dari itu, ketika kamu memilih travelling saat musim hujan. Pastikan selalu memantau perkiraan cuaca. Sebab, dalam satu waktu bisa mendung dan turun hujan lebat.

Cara ini paling ampuh dalam mengantisipasi hal buruk saat travelling, lho. Namanya perkiraan, mungkin tidak 100 persen akurat. Namun, setidaknya meminimalisir risiko yang akan terjadi atau sudah waspada sebelumnya.

Saat ini untuk melihat prakiraan cuaca banyak sekali caranya, tidak harus menonton di televisi. semua smartphone kini sudah dibekali perkiraan cuaca di layar teleponnya. Dengan begini liburan akan sangat nyaman dan tidak ada perasaan crancky.

5. Menjaga dan memperhatikan makanan yang di konsumsi

Photo by Ba Tik from Pexels

Pada dasarnya, poin ke 5 ini sangat penting selain obat-obatan dan vitamin. Menjaga dan memperhatikan makanan menjadi hal paling penting, apalagi di musim hujan. Meskipun sedang travelling, alangkah baiknya jika tetap memperhatikan dan menjaga makanan dengan baik agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Travelling menjadi cara terbaik untuk kepuasan mental, kesenangan, hingga asupan sosial media. Tapi, jangan sampai asupan gizi terabaikan.

Kita tahu, jika saat musim hujan penyakit akan mudah menyebar. Nah, apabila tubuh dalam kondisi kurat fit, penyakit tentu akan lebih mudah masuk bukan.

Sebaiknya, konsumsi makanan atau minuman yang hangat agar tubuh tetap hangat. Sebab, minum-minuman dingin saat tubuh dingin dapat memicu kamu terserang sakit tenggorokan.

6. Pilihlah penerbangan langsung, bukan yang transit

Photo by Asad Photo Maldives From Pexels

Apabila destinasi yang kamu tuju kali ini membutuhkan perjalanan udara, alangkah baiknya jika memilih penerbangan langsung. Sebab, saat berpergian di musim hujan risiko delay mungkin saja bisa terjadi.

Cara ini terbaik dalam menghemat waktu kamu di perjalanan. Tidak hanya itu, dengan penerbangan langsung kamu juga bisa lebih menghemat dana travelling lho. Ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka ribet.

7. Menyiapkan dana lebih

Photo by Karolina Grabowska From Pexels

Selain 6 poin di atas, hal yang tidak kalah penting ialah menyiapkan dana ekstra selama travelling. Jika di liburan lain kita mengalokasikan dana tambahan sekian, maka untuk travelling saat musim hujan dana tersebut harus lebih dari yang biasanya di siapkan.

Misalkan, ketika musim kemarau kamu bisa berlibur dengan mengelilingi lokasi daerah setempat dengan sewa sepeda motor. Tapi, saat musim hujan itu tidak bisa lagi untuk dilakukan. Untuk bisa menikmati daerah setempat di saat hujan, perlu sewa mobil. Jadi, pastikan untuk menyiapkan buget lebih ya!

Ingat! Sediakan dana tambahan dalam bentuk fisik atau tunai. Sebab, kita tidak tahu apakah ATM di daerah setempat jauh atau tidak.

8. Antisipasi keterlambatan penerbangan akibat cuaca buruk

Photo by Anna Shvets From Pexels

Meskipun bisa di prediksi, namun cuaca memang sulit untuk ditebak. Kapan hujan datang dan tidaknya. Tidak dapat di pungkiri, saat cuaca buruk transportasi umum bisa mengalami kendala. Entang terlambat datang ataupun adanya penundaan.

Salah satu transportasi yang sangat terpengaruh dengan cuaca ialah pesawat. Pesawat atau penerbangan udara memang mengandalkan cuaca. Jadi, ketika cuaca buruk pihak bandara memilih untuk mengundurkan atau bahkan membatalkan penerbangan di hari itu daripada harus menantang risiko apalagi membahayakan penumpang.

Kondisi inilah yang tentu akan membuat kita merasa bosan jika berlama-lama berada di bandara. Mood pun bisa berubah drastis, yang awalnya happy bisa berubah menjadi badmood.

Untuk menghindari hal-hal seperti ini, maka persiapkan dari segi camilan atau apapun yang membuat mood kita tetap terjaga dengan baik. Jika membawa anak, jangan lupa untuk menyiapkan mainan mereka ya! Antisipasi seperti ini penting tidak penting, namun akan sangat bermanfaat jika kondisinya menunggu lama.

9. Asuransi perjalanan

Photo by Dominika Kwiatkowska From Pexels

Menurut beberapa orang, poin ini tidak begitu penting. Namun, faktanya asuransi perjalanan menjadi hal yang paling penting yang harus kita perhatikan saat travelling. Memang, tidak ada satu orang pun yang ingin tertimpa hal buruk. Apalagi jika saat sedang liburan.

Sebenarnya, tidak ada salahnya mengantisipasi hal terburuk dengan mengambil asuransi perjalanan. Sebab, kita pun tidak bisa memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan ataupun beberapa menit kemudian.

Dengan mengambil asuransi perjalanan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, yaitu:

  • Bisa mendapatkan biaya medis gratis
  • Mendapatkan santunan
  • Ganti rugi keterlambatan dan bagasi (untuk penerbangan menggunakan transportasi pesawat)

Itulah, sembilan tips travelling yang harus diterapkan saat musim hujan. Pastikan tidak ada yang terlewatkan ya! Happy holiday.