14 Cara Cepat Memanjangkan Rambut dan Merawatnya Secara Ampuh dan Alami

cara-memanjangkan-rambut

Rambut bagi sebagian wanita adalah sebuah mahkota yang dapat mempercantik penampilan. Banyak orang ingin memiliki rambut yang normal tanpa adanya masalah. Namun tidak jarang justru masalah rambut kerap datang seperti ketombe, rambut rontok, kebotakan, atau bahkan rambut yang susah tumbuh. Hal tersebut tentunya dipicu oleh beberpa faktor yang mempengaruhi.

Bagi anda yang menginginkan rambut lebat dan panjang sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan. Banyak cara alami yang aman dan ampuh agar rambut anda tumbuh lebih panjang tanpa masalah. Menggunakan cara yang alami jauh lebih aman jika dibandingkan dengan cara yang instan. Berikut ini beberpa cara yang bisa anda gunakan untuk membantu memanjangkan rambut dan menjaganya tetap sehat.

1. Pakai conditioner

Pertama anda bisa mencoba menggunakan conditioner setelah keramas. Menggunakannya secara rutin ternyata dapat menjadi cara yang cepat untuk memanjangkan rambut. Bukan hanya mempercepat pertumbuhan rambut saja, conditioner juga dapat membantu menjaga kelembaban rambut sehingga tidak ada kerusakan rambut yang terjadi seperti rambut kering, kusam, atau bahkan rapuh.

Anda bisa menggunakan conditioner setelah keramas, namun jangan terlalu sering sebab dapat membuat kulit kepala anda berminyak. Gunakan conditioner dua kali dalam satu minggu saja setelah keramas agar rambut anda menjadi lebih sehat dan lebih cepat panjang. Ketika menggunakan conditioner pastikan untuk membilasnya sampai benar-benar bersih.

2. Hindari menggunakan alat pemanas rambut

Para wanita biasanya suka sekali menggunakan beberapa peralatan rambut seperti hair dryer, pengeriting rambut, atau catokan untuk membuat penampilan rambut menjadi lebih cantik lagi. Hal tersebut memang terbukti membuat tatanan rambut semakin manawan, namun jika anda terlalu sering menggunakannya, maka akan menyebabkan kerusakan rambut seperti kerontokkan, rambut yang mudah patah, dan juga rambut kering. Hal tersebut dikarenakan tekanan panas yang ditimbulkan membuat pertumbuhan rambut dalam jangka yang panjang.

Jika anda ingin mengeringkan rambut lebih cepat maka bisa dengan menggunakan cara yang alami seperti diangin-anginkan saja. Jika anda terburu-buru maka bisa menggunakan alat pemanas rambut tersebut dengan suhu yang tidak terlalu panas. Jangan lupa untuk memberikan vitamin agar rambut tetap lembab.

3. Berikan pijatan kulit kepala

Langkah berikutnya anda dapat memberikan pijatan pada kulit kepala. Hal tersebut akan membantu merangsang pertumbuhan rambut, minimal 3 kali dalam satu minggu pijat lah kulit kepala anda dengan baik. Bukan hanya membantu merangsang pertumbuhan rambut agar lebih panjang tetapi juga dapat melancarkan peredaran darah di kepala anda.

Pijat kulit kepala tidak harus dilakukan di salon dengan creambath tetapi anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Ketika sedang keramas pijatlah kulit kepala anda dengan lembut selama 3-5 menit. Hal tersebut juga bisa mengatasi masalah pada rambut seperti ketombe dan mengangkat kotoran pada kulit kepala.

4. Jangan mewarnai rambut

Selain menggunakan alat pemanas rambut hindari juga beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak rambut, misalnya saja dengan mewarnai rambut anda. Terkadang beberapa orang merasa bosan dengan warna rambut yang mereka miliki, namun siapa sangka bahwa mewarnai rambut dapat mencegah pertumbuhan rambut dan menyebabkan beberapa masalah datang.

Hal tersebut dikarenakan cat rambut yang anda gunakan memiliki bahan kimia yang dapat merusak kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut. Jika anda memang benar-benar ingin rambut cepat tumbuh tanpa ada masalah, maka pastikan memberikan perawatan yang terbaik dan hindari menggunakan cat pada rambut terlalu sering.

5. Lebih banyak konsumsi protein

Apa yang anda makan ternyata memberikan pengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan rambut anda. Gizi pada makanan anda ternyata dapat dijadikan perawatan dari dalam untuk kesehatan rambut anda. Protein adalah salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan untuk membuat rambut cepat tumbuh dan tetap dalam keadaan sehat.

Protein akan membantu merangsang pertumbuhan rambut di bagian folikel. Folikel sendiri memang membutuhan beberapa nutrisi-nutrisi penting agar tetap tumbuh dan menjadi lebih kuat. Anda bisa mendapatkan makanan berprotein dari susu, daging, kacang-kacangan, dan juga beberapa makanan lainnya.

6. Gunting bagian ujung rambut

Selanjutnya anda bisa menggunting bagian ujung rambut anda agar memiliki pertumbuhan rambut yang lebih bagus. Mungkin anda juga merasa bingung, ketika menginginkan rambut yang panjang mengapa harus memotongnya? Sebenarnya memotong bagian ujung bisa membantu merangsang rambut tumbuh lebih cepat.

Bagian ujung rambut adalah rambut yang sudah tua, kering, dan tidak jarang juga bercabang. Untuk itu anda bisa memotong bagian ujung rambut jika sudah terlihat menjadi kusam, kering, dan juga bercabang, agar pertumbuhan rambut bisa semakin lancar dan anda bisa mendapatkan rambut panjang yang sehat.

7. Keramas dengan rutin tapi tidak terlalu sering

Beberapa dari anda mungkin menginginkan rambut yang sehat dan bersih, hal tersebut dilakukan dengan cara keramas setiap hari. Tidak banyak yang tahu bahwa keramas setiap hari justru membuat rambut anda menjadi rusak dan bermasalah. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak alami pada rambut anda hilang. Jika kandungan minyak alami tersebut hilang, maka rambut juga akan lebih sulit tumbuh dan beberapa masalah juga akan datang seperti rambut kering, rapuh, rontok, dan sebagainya.

Anda bisa melakukan keramas secara rutin misalnya 2-3 kali dalam satu minggu agar menjaga rambut anda tetap bersih dan juga minyak alami di rambut tetap ada. Gunakan pijatan ketika anda keramas dengan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut anda.

8. Hindari menyisir dan membungkus rambut yang basah

Terkadang beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan justru dapat membuat rambut anda menjadi tidak sehat dan menghambat pertumbuhannya. Misalnya saja ketika rambut anda masih basah terbiasa untuk disisir ataupun dibungkus.

Hal tersebut sebenarnya kurang baik untuk pertumbuhan rambut sebab dapat mengalami kerusakan dan rambut menjadi rontok. Pastikan ketika basah tunggulah sampai benar-benar kering tanpa perlu dibungkus, setelah itu anda bisa menyisirnya ketika kering. Jika hal tersebut rutin anda lakukan kemungkinan akan menghindari rambut yang rontok dan membantu menjadi lebih cepat panjang.

9. Menggunakan teh hijau

Jika ingin membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat maka anda bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti teh hijau. Teh hijau memang dapat merangsang pertumbuhan rambut sebab memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan membantu melancarkan sirkulasi darah pada kulit kapala anda sehingga rambut lebih mudah untuk tumbuh.

Caranya, seduh teh hijau kemudian balurkan pada kulit kapala secara merata. Kemudian bungkus dengan menggunakan pembungkus rambut atau handuk dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan menggunakan air sampai bersih dan lakukan cara ini 3 kali dalam satu minggu atau ketika anda akan keramas. Jika dilakukan secara rutin maka anda akan mendapatkan rambut panjang yang sehat.

10. Menggunakan minyak kelapa

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan bahan alami minyak kelapa yang sudah sangat terkenal untuk membantu menjaga kesehatan rambut. Kandungan di dalam minyak kelapa akan merangsang folikel untuk tumbuh lebih cepat dan membantu melembabkan rambut anda menjadi lebih sehat lagi.

Caranya anda tinggal mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala anda dan berikan pijatan selama 3 menit. Kemudian diamkan selama 20 menit dan bilas dengan menggunakan shampo agar tidak membuat rambut anda menjadi lengket dan berminyak. Lakukan cara ini 2 kali saja dalam satu minggu agar rambut anda menjadi lebih lembut, sehat, dan juga tumbuh dengan cepat.

11. Menggunakan lidah buaya

Sudah bukan rahasia jika lidah buaya dapat digunakan untuk membantu menyehatkan dan menyuburkan pertumbuhan rambut. Tidak heran juga jika banyak produk perawatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya. Kandungan di dalam lidah buaya akan membantu untuk melembabkan rambut anda, merangsang folikel untuk tumbuh lebih cepat, dan juga menguatkan rambut.

Caranya, ambil bagian gelnya dari lidah buaya tersebut dan cuci bersih. Blender tanpa menggunakan air kemudian oleskan pada kulit kepala secara merata. Berikan pijatan sebentar dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih dan juga shampo agar benar-benar bersih. Cara ini bisa anda lakukan 2 kali saja dalam satu minggu agar hasilnya maksimal.

12. Minyak kemiri

Minyak kemiri dipercaya dapat membantu mengatasi masalah rambut secara cepat dan aman tanpa efek samping. Sebenarnya minyak kemiri ini sudah banyak digunakan dari dulu sampai sekarang untuk perawatan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Kandungannya akan membuat folikel rambut tumbuh dan menjadi lebih kuat.

Cara menggunakannya cukup mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala secara merata. Kemudian berikan pijatan agar sirkulasi darah di kepala jauh lebih lancar. Diamkan selama semalaman dan esoknya anda bisa membilasnya menggunakan air bersih dan juga keramas. Cara ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam satu minggu agar hasil lebih maksimal.

13. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun bukan hanya bermanfaat untuk perawatan kulit saja tetapi juga berkhasiat untuk menjaga rambut tetap sehat dan merangsang pertumbuhan rambut. Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan vitamin E yang akan melebabkan. Sedangkan kandungan lainnya akan merangsang pertumbuhan rambut dan semakin menguatkan rambut pada akarnya.

Untuk menggunakannya tidak jauh berbeda dengan minyak kemiri. Anda bisa mengoleskannya ke kulit kepala secara merata kemudian pijat selama 5 menit. Diamkan semalaman dan esoknya bilas bersama air bersih dan juga keramas. Rambut anda akan menjadi lebih lembut, sehat, dan juga kuat. Pertumbuhan rambut juga akan semakin lebih cepat.

14. Menggunakan bawang merah

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa bawang merah yang terkenal sebagai bumbu masakan ternyata juga dapat membantu memanjangkan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan belerang yang tinggi bisa dijadikan kunci untuk membantu menumbuhkan rambut secara alami.

Untuk menggunakannya, anda bisa mengupas dan membersihkan bawang merah satu genggam. Parut dan peras untuk diambil sari airnya. Gunakan sari tersebut di kulit kepala secara merata dan diamkan selama 15 menit setelah itu bilas menggunakan air bersih juga dengan keramas. Pastikan untuk tidak kena bagian mata agar tidak merasa pedih.

Cara-cara alami untuk membantu memanjangkan rambut tersebut bisa anda terapkan agar rambut semakin sehat dan lebih panjang. Tidak hanya bisa memanjangkan tetapi volume rambut juga akan semakin tebal. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here