Mengatur Waktu 24 Jam Seharian dengan 6 Fase Jam Sirkandian ini, Gunakanlah Waktu Sebaik Mungkin!

Mengatur Waktu 24 Jam Seharian dengan 6 Fase Jam Sirkandian ini
Mengatur Waktu 24 Jam Seharian dengan 6 Fase Jam Sirkandian ini
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Tubuh memiliki hak untuk memperoleh kesejahteraan. Jiwa dan tubuh yang sehat dapat memaksimalkan kinerja, produktivitas dan kebugaran sehari-hari dalam menjalani aktivitas.

Beberapa individu terbiasa dengan pola hidup yang itu-itu saja. Ada beberapa hal yang mempengaruhi pola hidup manusia. Di antaranya letak geografis, jenis pekerjaan, dan mood seseorang.

Sebagian orang mungkin sudah merasa nyaman dengan pola hidup yang seperti biasa. Tapi ada juga yang jenuh dan bosan. Bagaimana pun kebiasaan kamu mengatur waktu-waktu dalam beraktivitas, asalkan jangan sampai salah sehingga produktivitas yang kamu lakukan terasa kurang maksimal.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Misalnya, katakan bahwa kamu makan malam dan segera tidur. Makanan tidak akan berasimilasi dengan baik oleh tubuh dan akan menciptakan racun. Tubuh kita memiliki waktu yang ideal untuk setiap aktivitas. Dengan belajar hidup selaras dengan jam internal tubuh, kita akan memperbaiki kinerja, kesehatan, dan kesejahteraan.

Satchin Panda, seorang professor di Salk Institute menulis sebuah buku yang berjudul The Circadian Code menuliskan tentang ritme sirkadian, atau disebut juga jam sirkadian. Ini adalah siklus hormon 24 jam yang memberitahu tubuh kapan waktunya harus bangun, makan, bekerja, istirahat dan tidur.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Jam tubuh kita adalah sekelompok kecil sel yang terdiri dari gen unik ‘jam tubuh’. Sel-sel ini menghidupkan dan mematikan dan memberitahu bagian lain dari tubuh jam berapa sekarang dan apa yang harus dilakukan.

Dalam artikel kali ini akan membahas tentang beberapa fase mengatur waktu yang efektif dalam sehari. Satu hari terdiri dari 6 fase.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


1. Pagi pukul 05.00-08.00

Pagi pukul 05.00-08.00
Photo by pexels

Bangunlah sebelum matahari terbit. Kalau kata orang Indonesia “bangunlah pagi sebelum rejeki dipatok ayam”.

Kita percaya bahwa orang yang bangun pagi memiliki rejeki yang baik. Waktu ini juga merupakan waktu paling baik untuk kesegaran batin. Beberapa orang bahkan cenderung lebih fokus dan efektif dalam mengerjakan pekerjaan atau tugas kuliah di jam ini. Terutama tiga puluh menit setelah bangun tidur.

Segala sesuatu juga lebih maksimal dipersiapkan untuk aktivitas kamu seharian. Menyiapkan sarapan serta melakukan olahraga ringan. Menyiram tanaman, memberi makan hewan piaraan, menyiapkan bekal, hingga membersihkan rumah bisa kamu lakukan jika bangun tepat waktu. Bangun pagi memberi energi baru yang positif.

2. Pukul 08.00-13.00

Pukul 08.00-13.00
Photo by pexels

Jika pekerjaan atau aktivitas di luar rumah, maka lakukanlah dengan pelan namun maksimal. Usahakan untuk tetap menikmati pekerjaan. Jika memungkinkan, sambil memutar lagu-lagu kesukaan atau selingi dengan ngemil buah. Hal ini dapat membantu tubuh dan pikiran tetap bekerja secara optimal.

Memanfaatkan waktu di jam-jam ini sesuai dengan prioritas, entah itu bekerja atau belajar. Dengan melakukan aktivitas kita dengan maksimal, selain kredibilitas kita yang terjaga, kita pun bisa memanfaatkan waktu libur tanpa harus terganggu pekerjaan jika deadline telah selesai. Selingi beberapa menit untuk meregangkan tubuh agar tetap fit.

3. Pukul 13.00-15.00

Pukul 13.00-15.00
Photo by pexels

Makan sianglah dengan makanan berat yang mengandung karbohidrat, banyak energi serta mineral yang cukup. Sebab saat matahari tinggi tubuh membutuhkan asupan ekstra. Ini merupakan puncak dari aktivitas kita.

Hindari makan atau istirahat di ruangan kerja. Pergilah ke kantin atau carilah tempat yang nyaman untuk makan siang. Usahakan pikiran kita bisa kembali rileks.

Makanlah makanan yang sehat dan hindari makan siang berlebihan. Karena akan membuat ngantuk. Jika perlu, kamu bisa membeli jus untuk dibawa ke kantor jika jam pekerjaan kamu hingga sore hari. Ini untuk menjaga mood tetap baik. Jika pekerjaan selesai pukul 14.00, pulanglah dan gunakan untuk tidur siang jika kamu benar-benar kelelahan.

4. Pukul 15.00-18.00

Pukul 15.00-18.00
Photo by pexels

Banyak hal menyenangkan yang bisa kita lakukan di sore hari. Selain berolahraga atau berjalan-jalan di sekitar rumah, kita bisa menggunakan waktu ini untuk bersantai sambil membaca buku, mendengarkan musik, mengunjungi teman, bahkan jika kita memiliki pekerjaan selain pekerjaan utama, kita bisa menyelesaikannya sebelum malam agar tidak mengganggu waktu tidur.

Mungkin bagi kamu yang jam kerjanya hingga sore, mungkin kamu bisa mampir ke swalayan untuk membeli bahan makan malam, atau mampir hangout bersama teman-teman kantor, atau mengerjakan deadline agar waktu istirahat tidak terganggu. Atau mungkin kamu berniat untuk melihat sunset, maka lakukanlah sekiranya kamu tidak terlalu sibuk.

Duduk-duduk nge-teh di teras sambil mengerjakan deadline pun masih menyenangkan. Matahari jam-jam ini pun sangat baik untuk kulit kita. Menyenangkan jika bisa memaksimalkan waktu ini untuk menikmati hidup.

5. Pukul 06.00-21.00

Pukul 06.00-21.00
Photo by pexels

Ada empat jam bagi kita untuk menikmati sore hingga malam hari. Kepenatan saat seharian berkutat dengan pekerjaan atau dunia perkuliahan pastinya membuat kita ingin memanfaatkan jam istirahat.

Maka jangan sia-siakan waktu kita dengan hal yang sekiranya hanya menguras energi tanpa memberikan nilai yang baik. Ingat, tubuh sehat adalah asset utama yang kita miliki.

Jika tidak ada hal penting, daripada menghabiskan waktu secara percuma, gunakan waktu ini untuk berkumpul bersama keluarga di meja makan. Hindari makan malam terlalu larut, makanlah paling lambat pukul tujuh malam.

Makan di atas jam sembilan malam akan sulit dicerna dan hanya akan menumpuk racun. Bertukar cerita dengan keluarga, nonton, mempersiapkan untuk hari esok sangat baik dilakukan di fase ini.

6. Pukul 21.00.05.00

Pukul 21.00.05.00
Photo by pexels

Persiapkan dirimu untuk terlelap tidak terlalu malam. Tidur sejak pukul 10 malam hingga pukul 2 dini hari adalah waktu yang optimal bagi tubuh memperbaiki sel dan mengasimilasi nutrisi.

Maka jangan sia-siakan kesempatan emas itu. Bila kamu memiliki insomnia, cobalah untuk membaca buku, mendengar podcast, dan berusahalah untuk rileks.

Hindari minum cafein beberapa jam sebelumnya atau aktivitas yang menyita banyak fokus, karena hal itu akan mempersulit kita untuk tidur. Jika sekiranya kamu terbiasa dengan aktivitas di jam 2 dini hari, maka tidak ada salahnya mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan efektivitas.

Kamu bisa menggunakan waktu hingga pukul 2 dini hari. Bila kelelahan kamu bisa tertidur dan bangun di pukul 5 atau 6 pagi. Pergunakan waktu istirahatmu dengan sebaik-baiknya agar siap menyambut hari esok.

Aturlah waktu kamu sebaik-baiknya, jangan sampai kita menyesal karena pekerjaan yang tertunda dan kesehatan kita menurun setiap harinya. Catat waktu-waktu penting yang bermanfaat bagi produktivitas tubuh dan pekerjaan kita.

Jika bosan, tidak apa sesekali merombak pola asal tidak mengganggu aktivitas utamanya. Semoga tulisan kali ini bermanfaat ya, semoga kalian semua selalu sehat dan bahagia.