5 Peluang Bisnis Bagi Generasi Milenial yang Lagi Hits Saat Ini

bisnis milenial

Usia bukanlah parameter untuk mengukur kesuksesan seseorang. Saat ini, untuk menjadi seorang sukses tidak perlu menunggu usia matang. Kini anak muda yang masih berusia belasan tahun sangat bisa untuk menjadi seorang yang sukses, bahkan bisa menjadi miliarder. Apa buktinya? Banyak.

Jika kamu up to date terhadap informasi, kamu akan banyak menemukan inspirator dari kalangan anak muda yang sudah punya penghasilan miliaran rupiah. Mereka mendapatkan penghasilan itu melalui kreatifitas mereka sehari-hari. Lalu pertanyaannya.. apakah kamu juga bisa jadi orang yang kaya di usia muda? Jika mereka bisa kaya di usia muda, mengapa kamu tidak?

Lantas bisnis apa sih yang mereka lakukan hingga menghasilkan omset sedemikian besarnya? Banyak. Ingin tahu bisnis apa saja? Beberapa bisnis berikut ini menjadi pilihan bagi kalangan milenial karena sistemnya yang simpel serta modalnya yang sangat kecil, bahkan nyaris tanpa modal. Nah, simak peluang bisnis bagi generasi milenial untuk dijadikan inspirasi dalam berbisnis.

1. Menjadi Youtuber

Tentu kamu sangat mengenal beberapa Youtuber asal Indonesia yang prestasinya diakui hingga kanca internasional. Bahkan mereka sudah memiliki penghasilan miliaran rupiah. Penghasilan dalam jumlah tersebut merupakan angka yang fantastis mengingat usia mereka yang terbilang sangat muda.

Menjadi youtuber adalah profesi yang banyak diminati di kalangan anak muda saat ini. Karena berbisnis dengan cara ini tidak membutuhkan modal dana yang besar, bahkan dapat dikatakan bisnis tanpa modal. Untuk menjadi youtuber kamu hanya perlu mengolah kreatifitas yang kamu miliki.

Dengan ini, kamu hanya perlu membuat channel youtube, kemudian kamu isi dengan konten-konten video yang sangat menarik. Penghasilan yang mereka dapat adalah dari iklan Adsense yang mereka pasang di konten video yang mereka posting. Jika trafik pengunjuk tinggi, maka dapat dipastikan penghasilan yang mereka dapatkan akan melimpah.

2. Menjadi Blogger

Selain menjadi youtuber, bisnis tanpa modal lainnya ialah menjadi blogger. Cara kerja blogging ini hampir sama dengan youtube, sama-sama bermodalkan kreatifitas. Penghasilan yang didapatkan dari blogging ini pun juga dari iklan Adsense. Jadi jumlah penghasilan yang didapatkan bergantung pada trafik pengunjung.

Cara kerja antara youtuber dan blogger hampir sama, hanya saja perbedaannya berada pada jenis konten yang dibuat. Jika youtuber membuat konten dalam bentuk video, maka beda halnya dengan blogger yang membuat konten dalam bentuk tulisan. Pada intinya, dengan menjadi blogger, kamu mengolah kreatifitasmu dengan tulisan.

Selain mengandalkan penghasilan dari iklan Adsense, kamu juga bisa membuka jasa pemasangan iklan di blog kamu secara mandiri. Memasang iklan ini kamu harus memastikan bahwa blog kamu berada pada perkembangan yang baik. Bayangkan jika setiap konten yang kamu tulis selalu berada pada halaman pertama dalam pencarian Google, tentu akan meraup trafik pengunjung dan keuntungan yang besar.

Baca Juga: 14 Tips Bisnis Menjadi Seorang Blogger yang Sukses

Hal yang harus kamu perhatikan ketika berbisnis blogging ini, kamu harus cerdas dalam memprediksi informasi apa yang banyak dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat. Dan pelajari pula tentang penulisan SEO. Hal yang paling penting ketika menjadi blogger ialah tidak berbuat curang dengan menjiplak atau copy paste tulisan orang lain, karena kamu nantinya akan terkena penalty dari Google dan mungkin saja akan terkena hak cipta.

3. Bisnis di Instagram

Pada saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digemari oleh para netizen. Dengan fitur yang terbilang sangat keren, Instagram menyedot banyak perhatian para pengguna, khususnya kalangan anak muda. Fitur-fitur tersebut dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman hingga memberikan pengalaman bersosial yang mengesankan.

Tidak hanya digunakan sebagai wadah untuk bersosial, Instagram juga banyak digunakan untuk mencari pundi-pundi rupiah. Bagaimana caranya? Ada banyak cara berbisnis dengan menggunakan kanal Instagram, seperti berjualan, menjadi selebgram, atau membuat akun info. Trik dasar berbisnis melalui Instagram, kamu harus berusaha mendapatkan followers sebanyak-banyaknya.

Jika kamu berjualan, usahakanlah memposting promosi semenarik mungkin. Dan trik lainnya, kamu harus menggunakan hashtag dalam setiap konten promosi yang kamu bagikan. Hal ini akan membantu pengguna Instagram menemukan kategori produk yang kamu bagikan.

Sedangkan untuk menjadi selebgram dan mengelola akun info, kamu harus mampu menarik banyak followers sampai jumlahnya ratusan ribu. Dengan banyaknya followers yang kamu miliki di akun Instagrammu, maka kamu dapat membuka jasa endorse. Dari jasa endorse ini kamu akan meraup banyak keuntungan.

4. Menjadi Desainer Graphis

Kini semakin banyak perusahaan, instansi dan lembaga yang membutuhkan desain grafis dalam mengembangkan program atau bisnisnya. Hal ini membuka peluang besar bagi para pemuda yang mempunyai hobi dan skil dalam dunia desain. Desainer grafis ini dapat meliputi permintaan berupa desain logo, iklan, banner, dan lain sebagainya.

Selain desain grafis, permintaan desain ini juga berlaku untuk desain foto. Sekarang ini banyak jasa desainer graphis yang juga membuka jasa untuk editing photo yang dijadikan berbagai model grafis seperti vektor, kartun, dan sebagainya. Jasa untuk editing foto ini biasanya untuk jadikan hadiah pernikahan, wisuda dan lainnya.

Dalam melakukan bisnis ini, kamu harus up to date terhadap tren yang ada. Kamu harus bisa memahami style yang dibutuhkan pelanggan. Untuk mempromosikan jasa ini, kamu harus mempunyai wadah untuk portofolio kamu yang dapat dengan mudah ditemukan oleh banyak orang, contohnya seperti media sosial dan website.

5. Bisnis Online Shop

Di era modern seperti sekarang ini, kebutuhan lifestyle telah berkembang hingga semakin banyak hal yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Kebutuhan-kebutuhan ini dapat kamu manfaatkan sebagai peluang untuk berbisnis. Nah, tren bisnis yang cocok untuk menjawab kebutuhan ini ialah dengan online shop.

Bisnis online shop ini merupakan model bisnis yang sangat ngetren untuk saat ini. Banyak dari kalangan milenial yang berhasil menjadi jutawan dengan berjualan secara online. Rata-rata pada awalnya mereka berbisnis dengan cara menjadi pihak ketiga dalam penjualan tersebut sebelum membuka usaha online shop sendiri.

Mereka menggunakan model bisnis seperti dropshiper, afiliater dan lainnya untuk mengumpulkan modal. Namun kemudian mereka terus berinovasi dalam mengembangkan bisnis tersebut, hingga pada akhirnya mereka mempunyai brand sendiri untuk produk yang mereka jual. Hal yang terpenting dalam bisnis online shop ialah membidik target pasar secara tepat.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Bisnis Olshop di Media Sosial yang Praktis Bagi Pemula

Tren bisnis yang disebutkan di atas hanyalah sebagian cara menjadi sukses di usia muda. Masih ada banyak cara berbisnis lainnya yang dapat kamu coba. Jangan menutup pandangan untuk mencoba model bisnis lainnya. Namun ada baiknya kamu memilih model bisnis yang sesuai dengan passion, agar kamu dapat mengembangkannya secara maksimal.

Dan perlu kamu ketahui, tren bisnis apapun tidak akan berjalan dengan baik jika tidak diimbangi dengan action dan inovasi. Jangan merasa takut untuk mencoba hal baru, karena hal itu yang akan mengantarkanmu menjadi anak muda yang sukses. Semua tren bisnis yang telah disebutkan di atas akan mendekati kata sempurna jika kamu melakukannya dengan versi kamu sendiri. Selamat berkarya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here