14 Tips Bisnis Menjadi Seorang Blogger yang Sukses

0
blogger-sukses

Untuk mendapatkan penghasilan, kini Anda tidak perlu lagi berangkat pagi dan pulang malam. Melalui blog, Anda bisa mengumpulkan pundi-pundi uang dalam jumlah yang tidak bisa dipandang sebelah mata bahkan hanya bekerja dari rumah. Namun untuk meraih kesukesan menjadi blogger, diperlukan usaha dan kerja keras. Selain itu, diperlukan pula pengetahuan mengenai tips sukses bisnis dengan blog.

Kini tersedia berbagai platform yang memungkinkan Anda untuk berbisnis menggunakan blog, baik berbayar maupun gratis. Blog tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagi informasi maupun ide mengenai hobi dan minat Anda, misalnya dalam bidang bisnis, otomotif, atau peternakan. Banyak orang menganggap blogging menyenangkan karena selain menyalurkan bisnis, blog juga mampu menghasilkan uang.

Demi meraup pundi-pundi rupiah, tentunya Anda tidak dapat membuat blog kemudian menuliskan berbagai macam informasi secara sembarangan. Diperlukan tips dan trik khusus agar blog Anda terlihat lebih profesional dan mampu menarik lebih banyak pembaca. Dan yang paling penting, pembaca dapat mengambil informasi berharga dari blog Anda.

Seiring bergesernya tren pekerjaan di kalangan masyarakat, animo generasi milenial untuk memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan semakin besar. Dengan semakin ketatnya persaingan, Anda diharuskan untuk mampu menyajikan blog yang menarik sehingga mampu membuat pembaca kembali mengunjungi blog Anda.

Pada dasarnya ada banyak sekali cara yang bisa Anda terapkan agar sukses berbisnis melalui blog. Berikut beberapa tips dan trik menarik yang wajib Anda ketahui:

1. Memahami Target Pembaca

Poin pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mulai menulis blog adalah memahami target pembaca. Hal ini merupakan dasar yang paling penting karena pembacalah yang akan mengunjungi blog yang Anda buat. Pahami karakteristik dan topik yang menjadi minat target pembaca Anda. Setelah mengetahui kedua hal tersebut, Anda dapat menciptakan konten menarik sesuai dengan target.

Sebagai contoh, jika target pembaca adalah hobi tanaman hias, maka Anda perlu menulis tentang tips dan trik merawat tanaman, bagaimana cara menumbuhkan tanaman jenis tertentu, dan lain sebagainya. Atau Anda juga bisa mengulas mengenai produk pupuk dan efektivitasnya untuk tumbuhan. Pembahasan tersebut tentunya sangat menarik bagi pembaca yang Anda sasar.

2. Posting Secara Teratur

Untuk menjadi blogger profesional, Anda harus siap dengan konsekuensi untuk menghadirkan konten-konten baru secara teratur. Pembaca yang tertarik dengan tulisan Anda tidak sabar untuk menunggu tulisan Anda yang berikutnya. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat jadwal khusus untuk memposting konten di blog.

Hindari untuk memposting konten dalam waktu acak karena hal tersebut membuat blog Anda terlihat kurang profesional. Ada baiknya jika artikel Anda saling berkaitan satu sama lain. Namun jika tidak memungkinkan, tidak ada salahnya untuk membuat konten yang berbeda dengan yang sebelumnya, terutama jika berkaitan dengan ulasan produk.

3. Buat Konten Bermanfaat

Salah satu tujuan dari blog adalah untuk berbagi konten menarik dan bermanfaat dengan banyak pembaca. Untuk membuat pembaca kembali mengunjungi blog Anda, sangat penting untuk membuat konten bermanfaat. Konten yang memberikan informasi baru dan menarik bagi pembaca mempunyai kesempatan lebih besar untuk dikunjungi lagi di lain waktu.

Hal yang perlu Anda ingat bahwa waktu kunjungan sangat berharga untuk blog Anda. Pembaca yang menganggap bahwa konten yang dihadirkan tidak bermanfaat atau kurang menarik maka akan langsung menutup halaman tersebut. Oleh karena itu, tarik perhatian pembaca dengan headline ataupun judul yang menggelitik serta konten bermanfaat agar pembaca betah berlama-lama di halaman blog Anda.

4. Metode Posting Kreatif

Anda tidak diharuskan mengunggah konten dalam paragraf yang panjang untuk setiap postingan. Ada baiknya untuk melakukan variasi tergantung waktu pengunggahan. Misalnya, konten yang diposting pada pagi hari cenderung bersifat singkat dan ringan dengan kalimat yang tidak terlalu panjang. Sebaliknya, konten yang diunggah pada malam hari sifatnya agak lebih berat dalam paragraf panjang.

Metode variatif ini menyesuaikan dengan keadaan pembaca. Pagi hari, para pembaca biasanya mempunyai kesibukan padat sehingga jika memiliki sedikit waktu luang untuk membaca blog, mereka lebih menyukai yang ringan dan singkat. Sementara di malam hari, waktu luang lebih banyak dan otak siap menerima konten yang lebih berat.

5. Membangun Interaksi Aktif

Bahkan seorang blogger profesional meluangkan waktu untuk menjawab komentar pembaca. Jika Anda ingin sukses berbisnis dengan blog, mulailah dengan membangun interaksi aktif dengan para pembaca. Namun, tidak perlu membalas komentar yang tidak penting atau tidak diperlukan.

Komunikasi dua arah antara penulis dan pembaca menunjukkan hubungan yang baik antar keduanya. Penulis yang cukup sering merespon komentar pembaca cenderung mempunyai lebih banyak pembaca setia daripada yang tidak pernah membalas komentar.

6. Filter Sumber Konten

Konten yang Anda tulis tidak harus murni dari pemikiran sendiri. Ada kalanya Anda kurang menguasai aspek tertentu sehingga membutuhkan referensi dari sumber lain. Tidak perlu takut untuk mencari referensi, asalkan Anda dapat memastikan bahwa sumber tersebut terpercaya. Tindakan ini jauh lebih baik daripada menuliskan sesuatu yang kurang dipahami dan berujung pada kesalahan informasi.

Ketika Anda harus menggunakan sumber lain, pastikan Anda mencantumkan sumber tersebut. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui bahwa Anda menggunakan referensi lain dalam penulisan konten. Selain itu, pencantuman tautan juga menghindarkan konten Anda dari plagiarisme. Tentu saja Anda tidak ingin dicap sebagai plagiat bukan?

7. Inspirasi

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para blogger adalah kehabisan ide untuk membuat konten. Bahkan blogger profesional terkadang membutuhkan suntikan ide segar untuk mengisi blognya. Hal ini cukup wajar dan Anda pun bisa mengalaminya. Jika hal ini terjadi, jernihkan pikiran Anda dan cari inspirasi dari berbagai sumber baik tertulis maupun inspirasi dari kehidupan nyata.

Cara lain untuk menggali ide baru adalah dengan membuka postingan-postingan lama Anda. Mungkin ada detail yang belum Anda cantumkan atau diperlukan sedikit revisi mengenai postingan lama. Atau, bisa jadi Anda belum pernah membahas aspek tertentu dari bidang yang Anda geluti. Cara ini cukup efektif untuk menghadirkan inspirasi konten baru.

8. Konsisten

Cukup sulit untuk tetap konsisten dalam mengisi blog Anda. Terkadang kehabisan ide membuat Anda harus mencari pembahasan lain yang justru menyimpang dari bidang Anda. Hal ini mempunyai dampak kurang baik bagi blog Anda karena membuatnya terlihat kurang profesional.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga konsistensi dalam konten yang ingin Anda unggah. Apabila Anda berfokus pada bidang pertanian, maka tidak perlu membahas mengenai peternakan karena justru akan mengaburkan ciri khas dari blog Anda.

9. Gunakan Gambar atau Video

Konten blog tidak harus melulu tentang artikel yang hanya berisi kata-kata. Anda juga dapat menyelipkan gambar atau video untuk membuat konten lebih menarik. Terkadang gambar bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan sesuatu yang cukup sulit disampaikan dengan kata-kata. Di saat seperti inilah gambar dan video berperan penting untuk memberikan pemahaman kepada pembaca.

Selain itu, gambar atau video juga bisa menjadi variasi menarik bagi konten blog Anda. Jangan lupa untuk menggabungkannya dengan kalimat-kalimat penjelas agar pembaca bisa memperoleh ilmu dari gambar dan video tersebut.

10. Pertimbangkan SEO

Berkutat dalam dunia blog tidak dapat dilepaskan dari internet dan mesin pencarian. Oleh karena itu, Anda juga perlu mempertimbangkan SEO agar blog bisa berada di urutas teratas mesin pencarian seperti Google. SEO merupakan salah satu kunci penting untuk kesuksesan blog Anda. Apabila konten yang Anda tulis tergolong SEO-friendly, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Untuk menerapkan SEO, Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu. Gunakan kata kunci yang sering dicari di mesin pencarian. Anda juga dapat membahas mengenai isu-isu terkini yang berkaitan dengan bidang yang diulas di dalam blog.

11. Promosi Lewat Blog

Salah satu cara jitu untuk meraup sukses melalui blog adalah dengan mempromosikan sesuatu lewat blog. Tentu saja barang atau jasa yang Anda promosikan harus sesuai dengan konten yang Anda unggah di dalam blog. Hal ini menjadi cara yang cukup efektif karena Anda tidak perlu menyewa ruang iklan khusus di website orang lain.

Dibutuhkan strategi dan kreativitas agar pembaca tidak melihat konten Anda semata-mata untuk promosi. Gunakan metode soft-selling dan buat pembaca tertarik untuk menggunakan barang atau jasa yang Anda tawarkan setelah membaca konten artikel yang diunggah.

12. Menyewakan Ruang Iklan

Apabila tidak mempunyai barang atau jasa untuk diiklankan di space blog, maka Anda dapat menyewakan ruang iklan tersebut untuk pengiklan lain. Terutama jika blog Anda terbilang cukup ramai dengan traffic tinggi, maka menyewakan ruang iklan bisa menjadi cara efektif untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Yang perlu diingat, sebaiknya pilih pengiklan yang sesuai dengan konten Anda. Dengan demikian, iklan tersebut menjadi lebih tepat sasaran dan menguntungkan pengiklan. Di sisi lain, pembaca juga tidak akan terganggu dengan iklan tersebut karena masih sesuai dengan bidang pembahasan Anda.

13. Memasang Iklan Pay Per Click

Cara yang cukup banyak dipilih oleh blogger pemula adalah dengan memasang iklan Pay Per Click. Bisnis online yang satu ini dapat menghasilkan uang melalui iklan yang diklik oleh pengunjung. Keuntungan Anda akan lebih tinggi jika banyak pengunjung yang klik iklan tersebut.

Anda sebagai pemilik blog akan dibayar untuk setiap klik pada iklan yang dilakukan oleh pengunjung. Klik tersebut dihargai dengan dolar dan dapat dicairkan pada jumlah tertentu. Karena kemudahannya, tidak heran jika cara ini menjadi salah satu pilihan bagi para blogger.

14. Cintai Pekerjaan Anda

Jika telah memutuskan untuk berkecimpung dalam dunia blogging, maka Anda harus mencintai dan menekuni bidang tersebut. Dengan ketekunan, Anda bisa meraup kesuksesan karena Anda mempunyai motivasi untuk terus maju dan berkembang. Selain itu, motivasi yang kuat juga mendorong Anda untuk terus berinovasi membuat konten yang menarik.

Berbagai tips sukses bisnis dengan blog di atas bisa Anda terapkan. Berbekal tekad kuat dan kerja keras, bukan tidak mungkin Anda bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari blog yang dijalankan. Pastikan untuk selalu belajar dan memperbaharui wawasan agar blog Anda tetap relevan dengan perkembangan zaman. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here