6 Cara Mengolah Bisnis Olshop di Media Sosial yang Praktis Bagi Pemula

cara-mengolah-bisnis-olshop

Kini kita berada pada sebuah era dimana berselancar di dunia maya menjadi hal yang paling berkesan dibandingkan terjun di dunia nyata. Untuk hal ini kita tak perlu sibuk mencari bukti, karena sangat mudah menemukannya. Salah satu contoh yang paling nyata dan paling sering kita jumpai ialah penggunaan sosial media.

Pada dasarnya, media sosial merupakan alat untuk menjaring beberapa aspek sosial agar lebih luas lagi. Akan tetapi, semakin jauh waktu melaju ke belakang, pemanfaatan tersebut berkembang dan menambah beberapa fungsi lainnya, salah satunya ialah untuk kepentingan bisnis.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa media sosial memiliki fitur menarik untuk menampilkan komunikasi yang lebih praktis dibandingkan dengan dunia nyata. Selain fiturnya yang menarik, media sosial juga merupakan marketingplace yang gratis. Berbeda halnya jika memasang promosi melalui iklan atau banner yang membutuhkan biaya yang cukup besar.

Tak heran jika media sosial saat ini sering dimanfaatkan sebagai media promosi dan perlahan mulai menenggelamkan toko-toko yang berdiri di beberapa lokasi. Karena kemudahan berbisnis semacam ini menjadi daya pikat yang sangat kuat bagi para pembisnis, hingga trend berbisnis melalui media sosial semakin menjadi hal yang sangat trendy. Dengan trend berbisnis melalui media sosial ini, maka persaingan mejadi semakin ketat.

Jadi bagi kamu yang mulai merintis maupun yang sudah menjalankan bisnis di media sosial, kamu membutuhkan trik cerdas untuk mengolahnya. Kalah trik maka akan kalah persaingan. Nah, tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips dan cara mengolah bisnis olshop di media sosial.

1. Gunakan Beberapa Media Sosial dengan Akun yang Relevan

Saat ini media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter bahkan Whatsapp telah menyediakan fitur dalam mengolah bisnis. Ketika kamu memutuskan untuk membuat akun khusus untuk mengembangkan bisnis kamu, sebaiknya gunakan akun yang relevan. Gunakan satu akun email untuk membuat akun media sosial lainnya.

Dalam membuat akun-akun ini, usahakan semua akun bisnis yang kamu buat itu relevan, terutama untuk nama akun itu sendiri. Misalnya kamu menjual perlengkapan rumah, kamu bisa menambahkan nama furniture di nama akun tersebut. Dengan akun yang relevan ini akan sangat membantu dalam hal promosi.

Tidak masalah jika kamu lebih mentitik beratkan atau lebih memfokuskan kepada satu akun media sosial yang kamu suka, namun hal ini akan maksimal jika didukung oleh akun di media sosial lainnya.

Misalnya, kamu ingin lebih fokus menggunakan akun Instagram, tidak masalah. Akan tetapi hal ini akan menjadi lebih maksimal dengan dukungan beberapa akun media sosial lainnya seperti facebook, Twitter dan lainnya. Kamu cukup membagikan link akun bisnis Instagram kamu dengan sedikit ulasan singkat yang menarik.

2. Buat Konten Sekreatif Mungkin

Ungkapan “Content is the King” memanglah bukan bualan semata. Ungkapan ini memang benar adanya, terutama dalam dunia bisnis digital. Konten merupakan wajah dari bisnis yang kamu kelola. Secara singkat, customer akan mengenal dan melihat bentuk bisnis yang kamu kelola melalui konten yang kamu buat.

Pada intinya, dasar dari trik pemasaran bisnis yang kamu kelola terletak pada konten yang kamu bagikan di media sosial. Semakin unik dan menarik konten yang kamu buat, maka semakin banyak pula calon customer yang penasaran dengan produk yang kamu pasarkan. Jadi, buatlah konten sekreatif mungkin untuk menarik hati customers.

3. Pasang Gambar Menarik pada Konten

Untuk mendukung konten yang kamu bagikan untuk aktivitas promosi, kamu tidak boleh melewatkan gambar. Ada yang mengatakan bahwa gambar merupakan salah satu media yang dapat mewakilkan ribuan kata yang tidak terungkap. Dan pada faktanya, orang-orang lebih tertarik menikmati gambar dibandingkan dengan tulisan.

Gambar yang dimaksud ini ialah berupa foto (baik foto produk, aktifitas bisnis, testimoni, dll), gambar iklan, maupun video. Selain memasang gambar dan video yang mengulas produk yang kamu pasarkan, kamu juga dapat mem-posting foto atau gambar yang berkaitan dengan aktifitas bisnis dan testimoni pelanggan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa gambar yang dibagikan usahakan memiliki kualitas yang menarik. Sajikan gambar dengan kualitas yang paling baik dan paling menarik. Tentunya sertakan kata-kata singkat yang menjelaskan tentang gambar yang kamu bagikan. Hal ini bertujuan untuk mendapat perhatian serta kepercayaan dari pelanggan.

4. Gunakan Hashtag pada Setiap Postingan

Selain dengan konten yang menarik dan membuat penasaran, kamu juga harus menggunakan trik hashtag pada setiap konten yang kamu posting. Hashtag atau tanda pagar (tagar) merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk mengkategorikan sebuah konten. Hashtag tersebut biasanya diawali tanda “#” yang kemudian diikuti dengan kata.

Dalam memilih hashtag atau tagar, kamu harus menyesuaikannya dengan produk yang kamu pasarkan, agar customers tidak bingung ketika mencari kategori atau topik yang kamu tandai. Misalnya, kamu punya bisnis penjualan sepatu, kamu bisa membuat hashtag #sepatumurah atau hashtag lainnya yang singkron dengan produk sepatu.

Hashtag ini merupakan salah satu cara yang ampuh dalam menjaring calon customers. Dengan hashtag ini calon customers akan dengan mudah menemukan produk kamu melalui topik atau kategori yang mereka ketikkan di pencarian media sosial.

Baca Juga: 9 Cara Mengembangkan Bisnis Menggunakan Media Sosial Instagram

5. Sesekali Mengadakan Giveaway

Membagikan beberapa produk secara gratis sebagai bentuk hadiah dari kontes Giveaway yang kamu buat tidak akan merugikan bisnis kamu. Hal ini malah akan memberikan kamu untung yang sangat besar jika mereka suka dengan produk yang kamu bagikan. Trik ini yang biasanya sering digunakan oleh pembisnis yang ada di media sosial.

Untuk menyebarkan informasi Giveaway ini, kamu bisa meminta bantuan kepada teman-teman kamu. Kemudian pengumuman Giveaway ini kamu bagikan di akun bisnis kamu. Secara tidak langsung, hal ini akan mengundang followers untuk terus memantau bio akun bisnis kamu. Jadi selain untuk mendapatkan kepercayaan calon pelanggan tentang produk kamu, hal ini juga merupakan cara untuk memancing followers sebanyak mungkin.

6. Jika Perlu Gunakan Jasa Endorse

Cara lain yang cukup ampuh digunakan dalam bisnis online shop di media sosial ialah menggunakan jasa Endorse. Yah, hal ini memang tidak gratis dan akan membebankan biaya. Akan tetapi ini juga termasuk trik yang cukup ampuh. Bagaimana caranya?

Kamu bisa cari seorang artis atau selebgram yang mempunyai followers dengan jumlah ratusan ribu atau bahkan jutaan. Dengan syarat kamu pilih selebgram yang mempunyai style seirama dengan produk yang kamu pasarkan. Karea tidak mungkin dong.. kamu memilih selebgram laki-laki untuk memasarkan alat make up. Hal ini tidak dilarang, namun kurang tepat.

Jadi kamu harus cerdas dalam memilih jasa Endorse untuk bisnis kamu. Karena biasanya selebgram tersebut akan membantu memasarkan produk kamu dan mencantumkan link bio akun kamu di postingan mereka. Ini cukup ampuh untuk meningkatkan followers akun bisnis kamu.

Nah, itulah beberapa cara mengolah bisnis olshop di media sosial. Jika kamu menggunakan beberapa trik di atas secara tepat, maka bisnis kamu akan berkembang pesat. Jadi manfaatkanlah media sosial dengan cerdas dan kreatif, tanpa harus mengganggu dan merugikan hak orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here