in

Kerja Part Time: Alasan, Manfaat, dan Contoh Kerja Sampingan Terbaik

Kerja Part Time: Alasan, Manfaat, dan Contoh Kerja Sampingan Terbaik

Percaya atau tidak, salah satu alasan orang berhasil adalah mampu mengambil segala kesempatan untuk melakukan hal-hal hebat yang menguntungkan. Ketika kamu punya pekerjaan tetap, namun mau memanfaatkan peluang kerja part time untuk menambah penghasilan, maka kesuksesan sudah di depan mata.

Pekerjaan sampingan awalnya dilakukan orang yang memang perlu biaya tambahan untuk mencukupi kebutuhannya. Tapi lama kelamaan menjadi trend yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.

Bahkan tidak sedikit yang bangga punya kerja sampingan, walaupun harus menyita lebih banyak waktu setiap harinya.

Alasan Kenapa Kerja Part Time Itu Penting

Alasan Kenapa Kerja Part Time Itu Penting
Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Kalau kamu juga ingin punya kerja sampingan, pastikan dulu apa alasanmu untuk melakukannya. Tiap alasan punya target yang jelas, sehingga saat melakukan pekerjaan tersebut, kamu akan jadi lebih semangat untuk mencapai target tersebut.

1. Ingin Mengisi Waktu Luang

Alasan ini banyak dipakai oleh anak muda yang tidak ingin waktu luangnya terbuang sia-sia dengan hal tak bermanfaat.

Dia cenderung mencoba mencari tantangan atau penyaluran hobi yang bisa mendatangkan uang. Jika berhasil, maka bisa saja pekerjaan tersebut dijadikannya prioritas untuk jangka panjang.

2. Membantu Ekonomi Keluarga

Alasan ini banyak dijadikan semangat bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan uang lebih. Juga menjadi alasan bagi anak-anak, yang orang tuanya sedang mengalami kesulitan finansial.

Mereka mencoba mencari pekerjaan yang dianggap bisa dilakukan tanpa harus mengorbankan aktivitas rutin setiap hari. Misalnya aktivitas mengurus rumah bagi ibu rumah tangga atau kuliah bagi para mahasiswa.

3. Belum Siap Untuk Kerja Full Time

Ada orang yang sudah masa bekerja, namun belum merasa siap untuk kerja full time karena berbagai alasan.

Makanya kerja sampingan menjadi pilihan mereka, paling tidak untuk mencoba merasakan bagaimana dunia kerja itu sebenarnya.

Biasanya mereka akan mulai bekerja penuh, ketika sudah siap dan merasa bahwa bekerja itu menyenangkan.

4. Menambah Referensi Kerja

Bagi para fresh graduate yang masih menunggu panggilan kerja yang diharapkan, tak sedikit yang mencoba mencari kerja sampingan terlebih dahulu. Selain untuk menghasilkan uang, juga sebagai referensi kerja tambahan.

5. Cek dan Ricek Bisnis Masa Depan

Alasan selanjutnya adalah mencari prospek bisnis masa depan dengan bekerja sampingan di perusahaan yang bisa jadi contoh bisnis.

Misalnya kerja sampingan di kantor konsultan keuangan, menyerap ilmu di bidang konsultan disana. Kemudian saat sudah tepat, kamu bisa membuka bisnis konsultan keuangan sendiri.

Bagaimana Cara Memulai Kerja Part Time?

Bagaimana Cara Memulai Kerja Part Time?
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Sebelum mulai melakukan pekerjaan sampingan, kamu harus paham dulu kondisimu saat ini. Apakah punya kerja tetap, kamu seorang ibu rumah tangga, mahasiswa, atau fresh graduate.

Barulah lihat langkah-langkah tepat selanjutnya sesuai dengan background tersebut. Sebagai referensi, kamu bisa simak informasi berikut ini.

1. Pekerja Tetap

Sebelum mulai, pastikan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu pekerjaan sampinganmu tidak melanggar aturan perusahaan, mudah dilakukan dan tidak banyak memakan waktu, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Jadi pekerjaan utama tetap lancar, ditambah income dari pekerjaan sampingan.

Setelah itu kamu tinggal menjalankannya dengan jadwal dan target yang jelas. Perlu diingat untuk tetap prioritaskan pekerjaan utama, jangan sampai terbengkalai hanya karena mengurus kerja sampingan.

2. Ibu Rumah Tangga

Kamu sebagai ibu rumah tangga wajib meminta izin pada pasangan sebelum menjalankan pekerjaan sampingan, kemudian buat jadwal kegiatan harian yang lebih nyaman. Dimana kamu tetap bisa mengurus rumah dan anak, sambil mencari uang tambahan dari pilihan kerja yang akan kamu geluti.

Jalankan kerja sampingan setelah semua kewajiban di rumah selesai, agar tidak ada yang komplain ketika kamu sudah berkutat dengan kerja sampingan.

3. Mahasiswa

Inti untuk memulainya adalah membagi waktu kuliah dan bekerja sampingan. Prioritaskan kuliah terlebih dahulu, barulah di luar jam kuliah kamu bisa melakukan pekerjaan tambahan.

Bisa dimulai dari kerja yang mudah dilakukan dengan modal minim, sebab anak kuliah biasanya masih berkutat dengan keuangan pas-pasan dari orang tua.

4. Fresh Graduate

Kamu bisa mulai kapan saja, caranya dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan terakhirmu. Bisa juga berdasarkan keterampilan atau hobi yang kamu miliki.

Lalu mulailah dengan mengatur waktu yang tepat untuk kerja sampingan, mencari kerja utama, dan aktivitas lainnya termasuk istirahat.

Jangan sampai kerja ini membuat waktu istirahat kamu tersita, ujung-ujungnya bukan untung namun buntung karena sakit.

Manfaat Kerja Sampingan

Manfaat Kerja Sampingan
Photo by cottonbro from Pexels

Kamu akan mendapatkan banyak manfaat, ketika memutuskan untuk mencoba kerja sampingan. Apa saja manfaat hebatnya tersebut?

1. Mandiri

Kamu akan mudah membedakan orang yang mampu memaksimalkan kerja sampingan, dengan yang tergantung pada pekerjaan utama saja.

Mereka akan terlihat lebih mandiri dengan pemanfaatan waktu dan uang yang lebih bijaksana, tanpa bergantung lagi pada orang lain.

2. Tambah Keterampilan

Kalau selama ini keterampilanmu hanya seputar memasak di dapur, dengan kerja sampingan di bidang administrasi otomatis keterampilanmu bertambah. Terutama soal membuat hingga menyusun dokumen yang tepat.

3. Kualitas Hidup

Orang dengan kerja tetap dan tambahan punya kualitas hidup lebih baik. Mereka bisa memenuhi kebutuhan dengan lebih baik karena tidak tergantung pada penghasilan utama saja. Ada uang tambahan yang juga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

4. Uang Tambahan

Ini adalah manfaat yang sangat dirasakan, dari yang awalnya hanya bergantung dari gaji suami, kiriman orang tua, atau gaji pekerjaan utama. Sekarang jadi punya uang tambahan sehingga banyak hal yang selama ini tidak bisa dibeli atau dilakukan, menjadi terwujud dengan mudah.

5. Koneksi Luas

Bekerja sampingan akan membuatmu punya lebih banyak kenalan. Otomatis ini akan memperluas koneksi kamu yang akan sangat membantumu ketika suatu saat kamu butuh bantuan mereka untuk berbagai hal.

Pilih Salah Satu Dari Kerja Sampingan Terbaik Saat Ini

Pilih Salah Satu Dari Kerja Sampingan Terbaik Saat Ini
Photo by A. Piacquadio from Pexels

Dari sekian banyak pekerjaan sampingan yang diminati saat ini, beberapa diantaranya sedang trend dan bisa dijadikan sumber uang tambahan.

1. Online Shop

Pekerjaan ini hanya membutuhkan sebuah akun online shop dan produk jualan, yang bisa dikerjasamakan dengan distributor produk. Jadi bisa dilakukan dimana saja, bahkan saat sedang kerja di kantor sekalipun. Pelajari lebih lanjut tentang tips online shop.

2. Fotografer

Punya hobi memotret? Kamu bisa mengisi waktu luang akhir pekan dengan membuka jasa fotografi pernikahan atau acara-acara formal lainnya. Jadi waktu kerja atau kuliah tidak akan terganggu.

3. Penulis

Penulis part time juga bisa menjadi pilihan selama kamu memang punya bakat menulis yang selama ini terpendam. Kamu bisa menjadi seorang content wrtter di situs-situs. Hasilnya lumayan untuk membantu keuangan keluarga, membelikan baju baru untuk anak-anak tercinta. Pelajari lebih lanjut tentang tips menjadi content writer.

4. Admin Online

Tugas admin ini adalah mengelola media sosial milik klien, cocok dijadikan kerja sampingan ibu rumah tangga hingga mahasiswa. Terutama bagi yang ingin memanfaatkan waktu untuk menghasilkan uang tanpa ribet. Kamu bisa bergabung di situs-situs freelancer dan selanjutnya tawarkan jasa admin media sosial kamu tersebut.

Semoga informasi terkait kerja part time dan seluk beluknya di atas bisa menambah wawasanmu, sekaligus memantapkan pilihan untuk segera mencobanya. Tidak akan sia-sia ketika kamu sudah mulai kerja sampingan ini, percaya deh!

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *