6 Fitur Keren Snapchat yang Wajib Kamu Coba

fitur-snapchat

Beberapa waktu lalu, berbagai media sosial dihebohkan dengan banyak foto yang membuat kita ngakak hingga terpental-pental, yaitu foto dengan filter perubahan gender. Ada foto orang laki-laki berkumis tiba-tiba menjadi foto wanita yang nampak cantik dan manis. Dan juga sebaliknya, foto wanita cantik berubah menjadi wajah pria sangar.

Bagi yang aktif di media sosial tentu akan tahu foto-foto ini. Namun ada juga sebagian dari mereka yang belum mengetahui, ulah aplikasi manakah yang telah berbuat demikian. Hal itu merupakan ulah dari aplikasi snapchat. Fitur snapchat tersebut disebut dengan gender swap.

Dibandingkan dengan beberapa aplikasi media sosial lainnya, snapchat memang kalah populer. Akan tetapi, dengan adanya perbaikan serta penambahan berbagai fitur menarik, snapchat mulai mengambil alih perhatian para pengguna. Snapchat terus berupaya menarik perhatian para pengguna, termasuk dengan adanya fitur gender swap yang sempat viral itu.

Saat ini aplikasi snapchat sudah mulai kembali menarik hati para pengguna. Ada banyak fitur yang dihadirkan dalam aplikasi ini, sehingga banyak pengguna yang mulai melirik aplikasi keren ini, khususnya dari kalangan para pemuda. Apa sih fitur-fitur yang ada di aplikasi snapchat ini yang membuat aplikasi ini mulai banjir pengguna pengguna baru?

Sebenarnya snapchat ini bukanlah aplikasi media sosial yang baru. Snapchat ini diluncurkan pada tahun 2011 lalu. Namun saat itu, performanya masih belum cukup menarik sehingga belum banyak yang mengenal media sosial ini.

Nah, berbeda halnya dengan sekarang ini, snapchat sudah mulai mengembangkan beberapa fitur menarik. Berikut ini beberapa fitur keren snapchat yang bisa kamu coba:

1. Fitur Utama

Untuk fitur utama ini sebenarnya merupakan fitur lama yang telah dimiliki snapchat sejak awal kemunculannya. Sama halnya dengan beberapa aplikasi chatting lainnya, snapchat juga menyediakan fitur untuk dapat melakukan panggilan kepada pengguna lainnya. Panggilan ini berupa panggilan suara maupun panggilan video.

Selain dapat melakukan panggilan suara dan video, snapchat juga dapat digunakan untuk chatting. Dengan fitur ini, pengguna dapat bertukar pesan dengan teks. Di snapchat, kamu juga dapat berbagi stories yang akan hilang dalam 24 jam.

Fitur utama yang dimiliki snapchat seperti filter dan stories sebenarnya merupakan fitur yang telah lama dikantonginya sebelum fitur-fitur ini juga digunakan oleh beberapa media sosial lainnya seperti Instagram, Whatsapp, dan Facebook. Bisa dikatakan snapchat adalah penggagas pertama untuk fitur-fitur ini.

Namun sayangnya, fitur-fitur tersebut malah lebih populer ketika berada di media sosial lainnya. Dan kini snapchat mulai bangkit dan bergegas merebut perhatiannya dengan beberapa fitur tambahan selain fitur utama tersebut.

Baca Juga: 30 Fakta tentang Instagram yang Belum Banyak Diketahui Orang

2. Fitur Emoji

Seperti beberapa media sosial lainnya, snapchat menjadi sangat menarik dengan adanya stiker emoji yang sangat lucu. Memasang emoji pada gambar maupun video merupakan tren bagi anak muda jaman sekarang. Tak heran jika berbagai media sosial, termasuk snapchat, memaksimalkan fitur ini.

Nah, dengan fitur ini, kamu dapat menambah stiker emoji pada setiap postingan foto atau gambar yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu dapat membuat konten menjadi semakin menarik dan unik sesuai dengan kreatifitas kamu.

3. Fitur Games untuk Multiplayer

Beberapa waktu lalu snapchat mengumumkan fitur terbaru yang siap diluncurkan, yaitu fitur games yang dapat dimainkan dengan banyak pemain. Dengan fitur games ini, kamu tidak perlu lagi menginstal game secara terpisah dengan aplikasi snapchat.

Dalam fitur game ini, kamu tidak hanya dapat bermain beberapa permainan yang tersedia. Akan tetapi kamu juga dapat mengetahui siapa saja teman bermain. Kamu dapat bermain sambil saling mengirim pesan bahkan dapat mengobrol dengan mereka.

4. Fitur Kamera Snapchat

Pada fitur kamera ini, kamu dapat mengambil gambar dengan kualitas gambar yang cukup baik. Untuk fitur kamera ini, kamu juga dapat menggunakan efek wajah yang menarik. Fitur ini merupakan fitur kamera yang paling banyak disukai oleh kaum milenial. Jadi, di snapchat kamu dapat memposting foto lucu dan unik, dan yang pastinya keren untuk di unggah di media sosial.

Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan artikel ini, bahwa snapchat dibekali dengan filter menarik seperti gender swap yang sempat viral beberapa waktu lalu. Dengan filter gender swap tersebut, kamu dapat mengubah foto kamu berubah menjadi lawan jenis. Fitur ini dapat mengubah foto wajah pria menjadi wajah wanita dan foto wanita berubah menjadi pria.

Tidak hanya itu, dengan filter baby dan filter old yang dapat mengubah foto wajah kamu menjadi bayi maupun orang tua. Filter foto semacam ini memang sedang tren untuk saat ini. Nah, kamu dapat mencoba tren foto seperti ini dengan menggunakan aplikasi snapchat.

5. Fitur Augmented Reality (AR)

Salah satu fitur menakjubkan yang disuguhkan oleh snapchat ialah adanya fitur Augmented Reality (AR) pada lensa kamera. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan fitur ini. Fitur Augmented Reality (AR) dapat mengindentifikasi tangan, tubuh serta beberapa binatang peliharaan.

Selain dapat mengidentifikasi beberapa bentuk tubuh dan hewan, dengan Augmented Reality (AR) ini, snapchat menyuguhkan fitur Landmarkers. Fitur ini dapat menggerakkan gambar landmark beberapa negara jika dilihat dari kamera snapchat. Dengan fitur AR ini pula, kamu dapat mengerjakan soal matematika dengan mudah. Sangat menakjubkan bukan?

6. Fitur Snapkit

Selain beberapa fitur yang dihadirkan secara menakjubkan yang telah disebutkan di atas, ada fitur tambahan lain yang wajib kamu ketahui, yaitu fitur developer kit. Dengan fitur ini, snapchat mengintegrasikan diri dengan beberapa platform lainnya.

Sama halnya dengan beberapa media sosial yang saling berelasi, snapchat juga menambahkan program ini. Kini snapchat juga melakukan integrasi dengan beberapa platform lainnya, seperti aplikasi kencan Tinder dan juga Netflix.

Ketika kamu membuat stories di snapchat, kamu dapat membagikannya di platform aplikasi Tinder. Begitu juga dengan netflix, kamu dapat menampilkan di stories snapchat kamu mengenai apa yang kamu tonton di Netflix.

Selain itu, snapchat juga berintegrasi dengan marketplace Amazon. Snapchat dapat membantu kamu dalam berbelanja online di Amazon. Dengan snapchat, kamu cukup memindai barcode atau bisa juga hanya dengan mengambil gambar untuk dapat melihat spesifikasi barang yang kamu ingin sebelum kamu membelinya.

Perbaikan Performa di Android

Hal yang menyebabkan media sosial snapchat tidak terlalu populer ialah karena keterbatasan performa di Android. Selama ini, snapchat hanya dapat bekerja secara maksimal di smartphone IOS. Snapchat memang banyak menyimpan bug, sehingga jika digunakan di smartphone Android akan berjalan sangat lambat.

Namun bagi kamu pengguna Android, kamu tidak perlu khawatir, karena kini snapchat sudah memperbaiki performanya di Android, sehingga dapat dijalankan lebih cepat dari sebelumnya. Kini pengguna Android sudah tidak akan tertinggal untuk dapat menikmati fitur snapchat yang sangat keren dan menakjubkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here