7 Jenis Bunga yang Paling Dicari Untuk Bisnis Tanaman Hias

7 Jenis Bunga yang Paling Dicari Untuk Bisnis Tanaman Hias
7 Jenis Bunga yang Paling Dicari Untuk Bisnis Tanaman Hias
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Banyaknya destinasi wisata bertemakan taman bunga membuatbisnis tanaman hias makin berkembang dan terus bertambah jumlahnya. Sebab, parapengunjung atau wisatawan yang datang ke taman bunga pastinya ingin memilikibunga-bunga cantik tersebut di rumahnya.

Di sinilah peluang usaha tanaman hias perlu anda manfaatkan.Pengunjung yang masih terbayang akan keindahan bunga yang mereka liat, akan langsungmembeli bunga-bunga hias yang anda jual tanpa berpikir lama.

Jadi bila ditanya, β€œApakah bisnis jualan tanaman hias masih menguntungkan di tahun ini?” jawabanya adalah, Iya dan lebih menguntungkan dari tahun-tahun sebelumnya. Asalkan anda menerapkan strategi yang tepat sebelum memulai bisnis ini.

Baca Juga: Analisa Modal dan Keuntungan Bisnis Tanaman Hias

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bisnis tanamanhias akan sangat menguntungkan bila anda membuat planning dengan jelas terhadapbisnis anda. Sebenarnya hal ini adalah pengetahuan dasar yang wajib diterapkanpada semua jenis bisnis.

Salah satu perencanaan yang paling penting adalah jenisbunga yang ingin anda sediakan dan jual. Sebab tidak semua jenis bunga hiascocok di semua tempat.

Seperti contohnya tanaman bunga matahari yang lebih cocokuntuk dijual di kawasan dataran rendah seperti di Jakarta, Kota Bandung, danlain-lain. Sedangkan tanaman hias seperti anggrek lebih cocok untuk dijual didaerah dataran tinggi seperti kawasan Lembang, Cikole, atau Malang.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 7 jenis bungayang paling cocok untuk anda jual berdasarkan tempat tumbuhnya.

1. Tanaman Hias Bunga Mawar

Tanaman Hias Bunga Mawar

Jenis bunga pertama yang cocok untuk anda jadikan bisnisadalah bunya mawar. Kita semua pastinya sudah tahu bahwa bunga mawar merupakansalah satu bunga yang paling dicari dan digemari oleh semua orang bahkan diseluruh dunia.

Bunga yang melambangkan cinta dan kasih saying ini bisadijual dalam 3 cara. Yaitu menjual bibit mawar, bunga mawar dalam pot ataumawar potongan yang dijual untuk hiasan seperti bouquet.

Dan usaha bunga mawar ini cocok untuk dibuka di kota-kotabesar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan kota besar lainnya. Sebabkebanyakan pemesannya adalah perusahaan yang ingin membuat karangan bunga danbouquet.

2. Tanaman Hias Bunga Matahari

Tanaman Hias Bunga Matahari

Bisnis bunga matahari juga merupakan salah satu usahatanaman hias yang menguntungkan. Sebab kita semua pasti akan terpesona dengankecantikan bunga matahari dan ingin memilikinya sebagai penghias di halamanrumah.

Berbeda dengan bunga mawar, biasanya bunga matahari dijualdalam 1 pot berisi satu tangkai. Harga bunga matahari per pot juga cukupberagam, mulai dari 20 ribu hingga 50 ribu. Tergantung ukurannya.

Dan usaha ini lebih cocok bila dibuka di daerah datarantinggi meskipun bunga matahari bisa tumbuh di hampir semua tempat.

3. Tanaman Hias Bunga Kamboja

Tanaman Hias Bunga Kamboja

Jaman dulu, mungkin kamboja dianggap sebagai bunga yangmemiliki kaitan dengan dunia mistis atau yang berhubungan dengan hantu. Sebabbunga kamboja paling sering ditemukan di daerah pemakaman.

Tetapi kini, bisnis bunga kamboja sudah banyak dibuka danterbukti bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar bahkan bagi pemulasekalipun. Sebab perawatannya tidak begitu sulit dan bunganya cepat mekar.

Bunga kamboja juga bisa dijual dalam bentuk bonsai ataupundalam ukuran pohon besar. Dan harga bunga kamboja bisa mencapai Rp.150.000 perpohonnya.

4. Tanaman Hias Bunga Anggrek

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Yang berikutnya adalah usaha tanaman hias bunga anggek.Meskipun perawatannya lebih sulit dari tanaman hias yang sebelumnya, namunpeminat bunga anggrek juga tidak kalah banyak.

Bahkan saat ini sudah banyak taman bunga anggrek di beberapatempat, salah satunya adalah Orchid Forest. Yang mana hal ini membuat banyakorang ingin memiliki bunga anggrek sendiri di rumahnya.

Harga bunga anggrek sendiri sangat beragam. Ada yang dijualseharga 100 ribu, 300 ribu, bahkan hingga 500 ribu per pohonnya. Tergantungjenis anggrek yang ingin anda jual.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, usaha bunga anggrek ini lebih cocok untuk dibuka di daerah dataran tinggi. Khususnya di tempat-tempat yang dekat dengan wisata taman bunga.

Baca Juga: 12 Tips Memulai Bisnis Bibit Tanaman dari Awal Sampai Profit

5. Tanaman Hias Kaktus

Tanaman Hias Kaktus

Kaktus juga bisa menjadi bisnis tanaman yang sangatmenguntungkan untuk anda. Bahkan, bisnis ini bisa dijalani tanpa lahan yangluas karena kaktus bisa tetap hidup di dalam ruangan. Asalkan ruangan tersebuttetap terkena sinar matahari yang cukup.

Bagi beberapa orang, tanaman kaktus merupakan tanaman hiasyang paling cocok sebagai hiasan meja, jendela, bahkan hiasan tanaman. Sebabperawatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak air.

Jadi, peminat kaktus tidak akan pernah habis di makan jaman.Apalagi harga kaktus hanya sekitar Rp.30.000 hingga Rp.100.000 per potnya.Harga yang sangat terjangkau untuk ukuran tanaman hias.

6. Tanaman Hias Bunga Melati

Tanaman Hias Bunga Melati

Berikutnya ada bunga melati yang juga sering dianggapsebagai bunga penuh aura mistis. Padahal bunga ini sangat dicari oleh banyakorang khususnya untuk acara-acara pernikahan sebagai salah satu syaratnya.

Bunga melati biasanya dijual dalam bentuk potongan bunganyasaja. Satu bungkus bunga melati biasanya dijual dengan harga Rp.50.000 untukukuran besar.

Tetapi saat ini, tidak sedikit pula yang menjual bungamelati dalam bentuk pohon sebagai hiasan. Apalagi bunga melati jepang yangmenjadi salah satu jenis melati paling dicari.

Bunga melati ini juga cocok untuk tumbuh di mana saja, jadi anda bisa membuka bisnis ini baik di daerah perkotaan maupun di daerah dataran tinggi.

7. Tanaman hias Pohon Bonsai

Tanaman hias Pohon Bonsai

Dan yang terakhir adalah bisnis tanaman hias pohon bonsai.Kita semua pasti sudah pernah dengar pohon bonsai yang mulai naik daun padaakhir tahun 2015’an di Indonesia. Padahal sebenarnya, bonsai sudah ada sejakjaman kekaisaran Jepang jaman dahulu.

Harga pohon bonsai sendiri sangat tinggi. Dari jutaan hinggamiliyaran untuk satu pohon bonsai berukuran sedang. Jadi, bisnis tanaman hiasbonsai biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah professional.

Pohon bonsai juga bisa dibuat dari berbagai macam tanamanhias. Mulai dari kamboja, cemara, bougenville, beringin, hingga pohon kelapa.Tergantung dari pesanan customer bisnis anda.

Bisnis pohon bonsai ini juga membutuhkan modal yang cukupbesar baik dari pengetahuan maupun dari biaya. Jadi kebanyakan pebisnis pohonbonsai berangkat dari hobi yang menjadi uang.

Itulah dia beberapa jenis bunga dan pohon yang paling bagusuntuk dijadikan bisnis tanaman hias berdasarkan tempat dan harganya. Perlu andaingat, tidak semua jenis pohon dan tanaman bisa tumbuh di semua tempat. Jadipilih dengan baik jenis tanaman mana yang ingin anda jual dan jadikan bisnissesuai dengan lokasi bisnis anda.