13 Tips Memulai Bisnis Online dengan Website dari Nol untuk Pemula

bisnis-online-dengan-website

Jaman semakin berkemang dengan cepat, teknologi semakin dibutuhkan dan terus melakukan pembaruan. Banyak peluang yang dapat kita gunakan dengan menggunakan internet seperti membuka usaha dari nol namun melalui online agar semakin banyak pembelinya. Sekarang ini banyak orang melakukannya menggunakan media sosial Insgtagram ataupun secara online dengan membuat web dan blog. Hasil yang diberikan juga lumayan memuaskan jika barang atau jasa yang anda tawarkan menarik dan banyak yang membutuhkannya.

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan ketika anda ingin membuka usaha secara online. Namun sebelum itu, pastikan anda harus yakin terlebih dahulu dengan usaha yang akan dijalankan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis online dengan website dari nol untuk pemula.

1. Tentukan jasa atau produk yang ditawarkan

Tidak jauh dari usaha offline, memulai usaha dari nol untuk jasa online juga tidak bisa main-main begitu saja. Pertama anda harus menentukan apa yang akan ditawarkan, entah itu berupa jasa, barang, atau bahkan juga bisa berupa dua-duanya.

Jika sudah memilik ide apa yang akan ditawarkan, maka anda harus ingat bahwa banyak juga orang yang menjualkan jasa atau barang yang sama dengan anda, untuk itu pastikan produk memiliki keunikan tersendiri agar menarik perhatian para pelanggan.

Misalnya saja anda menjual produk makanan, sekalipun ada beberapa jenis makanan yang sama dan dijual oleh pesaing anda tetapi rasa dan variannya bisa dibuat berbeda. Jika anda dapat menyuguhkan makanan yang rasanya enak kemudian beragam variannya maka bisa saja usaha online anda semakin banyak diminati oleh para pembeli.

2. Tunjukkan keahlian dan jasa

Bukan hanya menjualkan atau menawarkan barang dan jasa tetapi pastikan anda menunjukkan keahlian anda agar para pelanggan juga semakin percaya dan tertarik dengan apa yang sedang anda jual. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai nilai jual dimana anda dapat menawarkan sederetan keahlian yang akan menjadi poin lebihnya.

Misalnya saja ketika anda akan membuka usaha online makanan, maka anda harus memiliki keahlihan dibidang kuliner terlebih dahulu. Atau jika anda berjualan produk perawatan kulit maka pastikan memiliki sertifikat atau lulusan dari perawatan kulit atau kecantikan. Hal-hal yang seperti ini dapat menarik minat para pembeli untuk menggunakan barang atau jasa anda.

3. Daftarkan dan buat domain

Setelah yakin dengan apa yang dijual dan keahlian anda juga mendukung, maka saatnya anda mendaftarkan dengan membuat domain. Seperti beberapa nama bisnis online yang sukses, anda dapat memilih nama doman yang singkat dan menarik sehingga orang akan lebih mudah untuk mengingat tempat penjualan anda.

Untuk nama domain anda dapat menguji dan mencari beberapa nama yang tersedia dan dapat digunakan dengan mengunjung situs web yang memberikan jasa untuk regestrasi domain yang terpercaya. Tidak perlu nama-nama asing, yang paling penting adalah mudah untuk diingat dan cukup unik. Setelah mendapatkan nama segera daftarkan nama domain yang menarik perhatian anda tersebut.

4. Gunakan web hosting terpercaya

Banyak hal yang harus dipelajari dan diketahui jika anda berniat untuk membuka usaha online mulai dari nol sampai sukses, salah satunya dengan web hosting. Mungkin sekarang ini sudah banyak layanan web hosting yang bersifat gratisan, tetapi jika ingin usaha anda berjalan dengan jangka yang panjang dan serius menjalaninya, maka ada baiknya gunakan web hosting yang terpercaya.

Beberapa web hosting yang terpercaya dan aman biasanya memang berbayar tetapi menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan. Anggap saja membayar web hosting juga modal anda untuk sukses pada usaha online yang sedang anda rintis. Hal ini juga akan berlaku untuk usaha offline yang menggunakan tempat sewa untuk menjajakan barang dagangannya.

5. Buat toko online

Karena sudah berkomitmen untuk membuka usaha secara online, maka selanjutnya anda harus mengekspresikan produk tersebut pada situs web online. Sekalipun berjualan di toko online sendiri, maka pastikan professionalitas tetap dijaga dalam artian prinsip-prinsip bisnis harus terpenuhi dan orang akan tetap percaya pada produk ataupun jasa yang sudah anda tawarkan.

Untuk lebih kreatif lagi maka anda juga bisa menggunakan tema yang elegan, funny, klasik, atau bahkan nyentrik. Tetapi hal yang perlu diingat adalah desain situs toko online milik anda harus sesuai dengan jenis produk ataupun jasa yang akan anda tawarkan.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Bisnis Olshop di Media Sosial yang Praktis Bagi Pemula

6. Buat rekening penjualan bisnis online

Masalah keungan untuk usaha yang baru memang sensitive dan harus diperhatikan dengan baik. Tidak jauh berbeda dari usaha offline, anda juga harus membuat rekening sendiri untuk bisnis online. Pastikan rekenng anda menerima banyak fitur pembayaran yang dijanjikan agar pelanggan juga semakin nyaman untuk membeli dan mengakses fitur usaha online anda.

Jangan lupa untuk tetap menggunakan pembayaran yang mudah dilakukan seperti bank lokal, bitcoin, paypal, atau beberapa pembayaran bank virtual lainnya yang sedang berkembang dan banyak diminati oleh para pembeli. Hal tersebut dapat menarik perhatian para pelanggan untuk membeli barang dan jasa anda karena pembayarannya yang mudah dilakukan.

7. Lakukan sosialisasi dengan optimal

Melakukan sosialisasi dengan optimal dalam kata lain adalah melakukan promosi. Tentu saja semua pengusaha membutuhkan promosi agar semua orang tahu bahwa anda sedang berjualan jasa atau barang melalui online. Sebenarnya tidak hanya untuk usaha online, tetapi usaha offline juga pasti melakukan promosi.

Cobalah untuk mensosialisasikan barang atau jasa yang sedang anda jual dengan menarik dan kreatif agar para pelanggan tertarik. Jangan lupa untuk memanfaatkan beberapa layanan media sosial yang banyak digunakan oleh orang lain seperti instagram, twitter, facebook, dan lain sebagainya.

Bukan hanya media sosial, anda juga bisa mencobanya di beberapa web gratisan yang sering dibuka oleh orang lain. Jika maksimal melakukan promosi maka bisa jadi usaha anda akan semakin laris manis.

8. Buka affliasi

Membuat usaha online akan memaksa anda harus mengikuti arus dan perkembangan teknologi. Salah satu hal yang dapat anda lakukan untuk memajukan usaha anda adalah mengandalkan program affliasi yang akan menambah jumlah pemasaran produk. Biasanya beberapa orang yang akan bergabung menjadi member untuk program affliasi dengan gratis tanpa adanya bayaran.

Produk dan jasa anda akan dipasarkan orang tersebut, anda dapat memberikan orang tersebut komisi dari beberapa persen hasil penjualannya. Sebenarnya affliasi ini tidak jauh berbeda dengan makelar atau seles yang menjajakan produk ataupun jasa milik orang lain. Menggunakan affliasi ini dapat anda lakukan jika usaha online anda sudah berjalan lancar dan semakin ingin dikembangkan menjadi lebih besar.

9. Terima situs layanan iklan

Ada banyak hal yang menguntungkan dari usaha online, salah satunya adalah situs layanan iklan. Cukup banyak situs layanan iklan yang mau membagi penghasilannya pada pemilik web online dengan syarat memasang salah satu iklan pada toko online anda. Hal ini tentunya akan membuat pundi-pundi uang anda semakin berlipat ganda.

Namun biasanya situs iklan ini akan menggunakan jasa toko online yang ramai dengan pengunjung. Untuk itu tugas anda adalah membuat situs toko online anda banyak didatangi oleh para pelanggan agar para sponsor juga mau membagi hasilnya untuk anda. Cara yang satu ini selalu digunakan oleh pemiliki web terkenal agar mendapatkan penghasilan tambahan.

10. Coba jualkan produk digital

Usaha online juga dapat anda kembangkan menjadi lebih luas agar penghasilan anda juga semakin besar. Selain menawarkan jasa dan juga barang, anda juga dapat menjual beberapa produk digital yang saat ini lagi dibutuhkan banyak orang. Menjual produk digital memang jauh lebih simpel, anda dapat menjualkan e-book, layanan jasa perbaikan web, video learning, dan masih banyak yang lainnya.

11. Optimalkan target dan omset penjualan

Seperti halnya pengusaha offline, anda juga harus memiliki target pemasaran dan juga omset penjualan. Sekalipun awalnya hanya sedikit penghasilannya itu bukan masalah, sebab ini akan bertambah seiring dengan usaha dan kerja keras anda untuk menjualkan barang dan jasa anda melalui online. Mengoptimalkan target menjadi hal yang pentng sebab akan membuat semangat anda terpicu dan bekerja keras untuk mencapai target.

Jika usaha anda memiliki target maka tidak akan membuat anda merasa goyah dalam menjalankannya. Ketika anda ingin berhenti karena adanya kendala, maka anda bisa mengingat bahwa target yang anda dapatkan belum maksimal. Hal inilah yang akan memaksa anda kembali bekerja keras untuk mengatasi kendala tersebut.

Pencatatan omset pendapatannya juga akan membantu anda untuk melihat apakah anda rugi ataukah untung ketika melakukan bisnis online tersebut.

Itulah beberapa tips untuk membuka usaha secara online. Tidak mudah jika anda tidak mencobanya, namun ketika anda sudah mencobanya, jangan mudah menyerah dan berputus asa ketika menjalankannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here