in

7 Jurusan Kuliah Bisnis Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

Jurusan Bisnis adalah salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa ketika menentukan jurusan kuliah di Universitas. Kamu yang memiliki visi dan passion untuk menjadi seorang pengusaha sangat cocok masuk ke dalam jurusan ini.

Jurusan bisnis adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang pemasaran, pengelolaan keuangan, serta berbagai macam hal yang berhubungan dengan kelanjutan bisnis atau usaha. Selain itu, Kamu juga bisa mempelajari dan memahami kebutuhan pelanggan kemudian menjadikannya komersil.

Bidang ilmu bisnis juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari Akuntansi dan Manajemen. Tertarik untuk masuk ke Jurusan Bisnis?

Kuliah Jurusan Bisnis yang Bisa Dipilih

Kuliah Jurusan Bisnis yang Bisa Dipilih

Sama halnya seperti ilmu lainnya, ilmu bisnis memiliki cakupan yang cukup luas. Jadi ketika akan masuk kuliah, Kamu harus menentukan jurusan yang sesuai dengan ilmu yang ingin dipelajari. Ada beberapa jurusan kuliah bisnis yang bisa Kamu pilih, di antaranya yaitu:

1, Akuntansi

Akuntansi tidak hanya mempelajari mengenai pembukuan saja namun juga mempelajari bagaimana caranya melaporkan kegiatan keuangan dengan baik.

eorang akuntan harus mampu memahami angka-angka yang ada serta menerjemahkannya untuk memberikan informasi penting bagi mitra bisnis atau klien.

2. Keuangan

Jurusan kuliah bisnis di bidang keuangan juga cukup diminati oleh calon mahasiswa. Kamu akan mempelajari hal-hal penting mengenai anggaran perusahaan serta rencana investasi yang baik. Selain itu, Kamu dituntut untuk memiliki keterampilan matematika yang kuat karena harus berhubungan dengan banyak angka-angka.

3. Manajemen dan Administrasi Bisnis

Administrator, manajer bisnis, serta pemilik bisnis merupakan posisi penting yang bertugas menjaga bisnis agar tetap di jalurnya.

Beberapa keahlian yang akan dipelajari oleh mahasiswa manajemen dan administrasi bisnis adalah analisa kekuatan dan kelemahan sebuah bisnis, steer perusahaan, serta mencari tahu cara untuk menghasilkan laba.

4. Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Produk yang baik dan berkualitas bukan jaminan sebuah bisnis akan mendapatkan kesuksesan. Kamu yang hobi dengan bisnis dan pemasaran sangat cocok memilih jurusan ini.

Saat kuliah, Kamu akan mempelajari bagaimana menentukan harga produk, cara melakukan promosi dengan baik, serta di mana harus menjual barang atau jasa.

5. Penjualan

Mahasiswa jurusan penjualan akan dilatih untuk memiliki beberapa keahlian di bidang bisnis seperti keterampilan interpersonal serta negosiasi. Hal tersebut berlaku baik untuk penjualan secara offline dan online. Topik yang pasti ada pada program kuliah bisnis penjualan adalah kewiraswataan, keterampilan menjual, serta ekonomi bisnis.

6. Bisnis Internasional

Agar bisnis bisa berkembang kemudian maju, maka perusahaan harus berani untuk melakukan ekspansi hingga ke luar negeri. Entah itu ingin menjual produk ke luar negeri atau memproduksi produk di luar negeri, pengusaha tetap perlu memahami tentang ilmu bisnis internasional. Dalam jurusan ini akan mempelajari tentang cara bisnis lintas negara.

7. Kewirausahaan

Tertarik untuk memiliki bisnis dan memulai bisnis sendiri? Jurusan kewirausahaan akan sangat membantu mewujudkannya. Lulusan dari jurusan ini mempelajari tentang manajemen modal, pengembangan produk, pemasaran, bisnis global, akuntansi, dan lain sebagainya.

8. E-Commerce

Di era digital ini, bisnis online menjadi salah satu inovasi yang harus dilakukan oleh semua pebisnis yang ingin cepat berkembang. Mahasiswa jurusan e-commerce mempelajari mengenai layanan elektronik yang bisa digunakan serta manajemen e-commerce yang baik.

Beberapa keahlian lain yang akan dipelajari yaitu desain sistem informasi untuk bisnis, sistem basis data, teknologi informasi, pengelolaan teknologi internet, dan lain-lain.

9. Manajemen Sumber Daya Manusia

Jurusan kuliah bisnis ternyata juga ada yang mempelajari tentang manajemen sumber daya manusia. Lulusannya memiliki keahlian dalam melakukan perekrutan profesional, memotivasi, memberikan pelatihan, serta mempertahankan bakat karyawan perusahaan.

Beberapa hal yang dipelajari yaitu akuntansi keuangan, manajemen operasi strategis, kepemimpinan global, manajemen sumber daya manusia, dan bisnis global.

Keunggulan Lulusan Bisnis

Keunggulan Lulusan Bisnis

Salah satu alasan mengapa jurusan bisnis menjadi salah satu jurusan favorit mahasiswa ialah karena lulusan bisnis memiliki cukup banyak keunggulan dan kelebihan, di antaranya yaitu:

1. Memiliki bekal untuk memulai bisnis

Bisnis merupakan sebuah hal yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Karena ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk bisa membuat sebuah bisnis berjalan maju.

Lulusan bisnis memiliki kemampuan lebih untuk memulai bisnis melalui ilmu yang didapatkan selama perkuliahan. Jadi Kamu tidak perlu susah payah mencari kerja di perusahaan setelah lulus, dengan modal ilmu yang kuat kamu bisa langsung membuka bisnis sendiri.

2. Ilmu bisnis bisa diaplikasikan di bidang apapun

Ilmu bisnis merupakan ilmu yang global sehingga bisa diaplikasikan pada bidang apapun. Apalagi perdagangan barang atau jasa secara internasional juga sudah semakin masif. Kamu bisa menerapkan ilmu tersebut dalam banyak hal.

3. Menciptakan lapangan kerja

Lapangan kerja yang masih terbatas serta pengangguran yang tinggi masih menjadi permasalahan hingga saat ini. Lulusan bisnis yang membuka usaha sendiri bisa membantu menciptakan lapangan kerja dengan merekrut pegawai. Semakin besar bisnis yang dirintis maka akan semakin banyak lapangan kerja yang tercipta.

4. Bisa melanjutkan studi

Lulusan bisnis tidak hanya berakhir menjadi pengusaha atau karyawan sebuah perusahaan saja, Kamu juga bisa melanjutkan studi yang lebih tinggi. Saat ini banyak program pascasarjana jurusan bisnis yang bisa membantumu mendapatkan ilmu yang lebih banyak.

Selain kampus dalam negeri, banyak juga kampus luar negeri yang bisa Kamu masuki. Menimba ilmu di luar negeri bisa membantumu mendapatkan ilmu serta pengalaman sekaligus.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Bisnis

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Bisnis

Ilmu bisnis saat ini sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan, karena memang semua perusahaan menjalani operasionalnya dan mendapatkan keuntungan dengan bisnis yang dijalankan. Jadi lulusan juruan bisnis memiliki prospek kerja yang sangat cerah.

Kamu yang ingin bekerja di perusahaan untuk mencari pengalaman, ada beberapa prospek kerja yang bisa dimasuki fresh graduate yaitu:

1. Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) ini juga dikenal dengan Human Resource Development (HRD). Untuk bisa masuk divisi HRD maka Kamu harus mengambil jurusan manajemen atau Sumber Daya Manusia saat kuliah.

Beberapa tugas HRD yaitu merekrut karyawan, evaluasi kerja karyawan, mengatur upah dan gaji, kesejahteraan dan kesehatan karyawan, serta peningkatan kemampuan karyawan.

2. Staff Finance

Prospek kerja lulusan bisnis yang bisa Kamu ambil selanjutnya adalah staff finance. Posisi ini bisa Kamu dapatkan apabila mengambil jurusan Keuangan atau Manajemen Keuangan. Tugasnya yaitu menangani aktivitas keuangan hingga pembuatan laporan keuangan.

3. Karyawan Bank

Menjadi karyawan bank merupakan impian banyak orang. Kamu bisa mendapatkan posisi ini apabila mengambil jurusan kuliah bisnis. Ada beberapa posisi yang tersedia untuk karyawan bank yaitu administrasi, keuangan, customer service, serta teller.

4. Pemasaran

Marketer merupakan sebutan untuk profesi yang bekerja di bidang pemasaran. Prospek kerja posisi ini sangat banyak karena semua perusahaan membutuhkan ahli pemasaran.

Keahlian yang harus dimiliki seorang marketer yaitu membuat program promosi, mengelola konsumen, atau berbagai hal yang bisa meningkatkan penjualan bisnis.

Itulah beberapa hal mengenai Jurusan Bisnis yang perlu Anda ketahui. Sebelum menentukan jurusan kuliah, sebaiknya Kamu melakukan pertimbangan dengan baik. Pasalnya jurusan yang akan dipilih akan sangat mempengaruhi masa depan. Semoga informasi yang diberikan di atas bermanfaat dan dapat membantu memilih jurusan kuliah yang tepat.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *