in

Kerjanya Santai! ini 7 Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer

Kerjanya Santai! ini 7 Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer

Pekerja lepas atau yang biasa kita kenal dengan freelancer sekarang ini lumayan banyak diminati oleh orang-orang. Menjadi seorang freelancer memiliki tantangan dan keunikan tersendiri. Orang-orang yang bekerja secara freelance biasanya memiliki interest tersendiri yang membuatnya mau mengandalkan hidup sebagai freelancer. Entah karena fleksibiltas yang ditawarkan, atau menjadi tambahan penghasilan selain pekerjaan utama mereka.

Apa pun alasannya, menjadi seorang freelancer juga sama dengan pegawai lainnya, harus memiliki keahlian yang bisa mereka sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang mereka ambil. Beberapa hal juga perlu dipertimbangkan untuk menjadi seorang freelancer, seperti gaji yang tidak tetap karena gaji dihitung saat kamu mendapatkan suatu project, pekerjaan cenderung tidak pasti karena kamu harus aktif mencari sendiri, serta tingkat bekerja secara individu yang tinggi. Kecuali jika kamu mendapat proyek besar dan memiliki partner yang se-frekuensi dalam kesepakatan untuk mengerjakan proyek tersebut bersama-sama.

Namun, meski dengan pertimbangan tersebut, ada banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan menjadi seorang freelancer.

1. Tidak terikat

Photo by Freepik

Sebutannya saja freelance, seorang pekerja lepas bebas mengambil pekerjaan apa saja dengan rentang waktu yang bisa disesuaikan sendiri atau adanya tawar menawar dengan klien. Inilah keuntungan menjadi seorang freelancer yang tidak kamu dapatkan saat menjadi pegawai tetap. Kamu memiliki waktu yang bisa kamu manfaatkan dan atur sendiri. Jika ingin bekerja, maka carilah project  dan selesaikan dala waktu yang kamu tentukan sendiri. Jika tidak libur kamu bisa melakukannya sesukamu

Freelancer  tidak terikat dengan instansi tertentu selama di luar project yang dia ambil. Ini cocok banget buat kamu yang nggak suka diatur dan hanya ingin mengerjakan apa yang kamu sukai.

Tidak ada aturan khusus menjadi sesorang freelancer. Kerjakan project sesuai keinginan klien dan nikmatilah kebebasan bekerja dibawah kendalimu sendiri. Tidak perlu pusing dengan aturan kantor yang membuat banyak pegawai stress, tapi kamu juga harus ahli mengatur jadwal sendiri jika tidak ingin jadi pengangguran yang tak berpenghasilan.

2. Bisa dilakukan di mana saja

Photo by Freepik

Beberapa pekerjaan freelance  tidak menuntut kamu untuk melakukannya di suatu tempat khusus. Bahkan kamu bebas mau mengerjakannya di mana saja asal kamu bisa memenuhi keinginan klien. Beberapa pekerjaan itu antara lain content writer freelance, fotografer freelance, marketing online, desain grafis, dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu saja membuatmu lebih bebas memilih tempat yang kamu inginkan untuk mengerjakan project-mu. Bisa kamu tentukan sesuai mood, bisa sambil liburan, bisa sambil mengerjakan pekerjaan utama di kantor jika kamu mengerjakan freelance di antara pekerjaan utamamu.

Dengan bekerja di mana saja tentu saja membuat kamu lebih semangat dan kreatif karena tidak terikat dengan tempat tertentu yang biasaya akan membuat stress dan ide menjadi buntu. Kalau kamu ingin berhemat, kamu bisa melakukannya di rumah, jika ingin sambil hangout pun bisa kamu kerjakan di luar sambil mencari inspirasi. Menyenangkan, bukan?

3. Bisa menyesuaikan pemasukan

Photo by Freepik

Sama halnya dengan berjualan, jika kamu ingin pemasukanmu banyak, maka kamu harus menjual produkmu lebih giat dan didukung strategi tertentu, bisa degan membuka toko 24 jam, marketing yang unik hingga kreativitas dalam produk.

Begitu juga dengan menjadi seorang freelancer. Jika kamu menginginkan income yang lebih besar maka kamu harus pandai memilih project dengan fee besar meski banyak resiko dan membutuhkan kerja yang lebih ekstra. Atau kamu juga bisa mengambil beberapa project sekaligus.

Semuanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan berapa jumlah pemasukan yang kamu inginkan. Jika kamu ingin pemasukan yang biasa-biasa saja, maka project yang kamu ambil pun cenderung lebih sedikit atau tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi. Semua keputusan dalam mengambil pekerjaan freelance sesungguhnya ada di tanganmu. Bagaimana kamu mengaturnya sendiri akan sebanding dengan hasil yang akan kamu dapatkan.

4. Melakukan pekerjaan sesuai minat

Photo by Freepik

Siapa sih yang nggak menginginkan pekerjaan sesuai minat dan bidang yang diinginkan? Bekerja sesuai passion membuat kamu akan lebih bersemangat menjalaninya. Memilih pekerjaan sesuai minat bisa kamu dapatkan saat menjadi seorang freelancer. Inilah bedanya dengan bekerja di instansi dengan sistem kontrak, meski kamu melamar di bidang yang kamu inginkan, sewaktu-waktu kamu bisa dipindahkan atau dituntut untuk mendalami pekerjaan lain yang tidak sesuai dengan dirimu.

Di berbagai website, baik dalam maupun luar negeri ada banyak jenis pekerjaan freelancer yang bisa kamu ambil dan sesuaikan dengan minat dan bidang yang kamu inginkan. Nah, kamu bisa pilih sendiri dan jangan lupa tentukan harga yang bagus biar nggak cuma menang kerja sesuai passion doang, tapi juga dengan penghasilan yang bagus. Gimana sampai sini tertarik menjadi seorang freelancer?

5. Multitasking adalah jalan ninjaku

Photo by Freepik

Siapa di sini yang suka melakukan beberapa pekerjaan sekaligus untuk menghemat waktu? Ya multitasking adalah jalan ninjaku untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus lalu setelahnya bisa berlibur atau menghabiskan waktu untuk hal lainnya. Jelas dengan multitasking dalam dunia freelancer bisa kamu lakukan dengan mengambil beberapa pekerjaan sekaligus.

Sedangkan jika kamu adalah pegawai kantoran dengan sistem yang teratur, kamu hanya boleh mengerjakan satu pekerjaan sampai tuntas, atau diberikan beberapa pekerjaan sekaligus lalu menyusul lagi pekerjan lainnya tanpa selesai.

Rada-rada ngeri ya? tapi mau bagaimana? Itulah konsekuensi yang harus kamu lakukan dengan gaji tetap tiap bulan yang kamu dapatkan. Namun menjadi freelancer multitasking bisa kamu lakukan untuk memangkas waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai setelahnya. Asal jangan sampai keteteran dan colaps aja. Hihi.

Baca juga : Lelah Seharian, 8 Hal ini Bisa Mengatasi Capek Kerja yang Kamu Rasakan lho!

6. Kebebasan adalah milikmu sepenuhnya

Photo by Freepik

Sudah pasti alasan sekaligus keuntungan menjadi seorang freelancer adalah untuk mendapatkan kebebasan dalam berkarir. Bebas mengatur waktu sendiri, bebas mengambil jenis pekerjaan, bebas menentukan harga sendiri, yang tidak bebas hanya deadline yang ditangguhkan klien dalam project tertentu. Hanya dengan menjadi seorang freelancer kebebasan seperti ini bisa kamu dapatkan.

Berharap mendapatkan kebebasan yang sama dengan pegawai yang terikat kontrak pada instansi tertentu? Oh bayangkan saja dulu. Hehe. Bisa sih kecuali kamu adalah pemilik perusahaan. Tapi tentu tidak profesional, bukan? Nah kebebasan ini menjadi salah satu keunggulan dalam hidup seorang freelancer. Mau bebas begini? Tapi tetap jangan sampai kebabalasan ya kalau ingin memiliki asset yang banyak. cihuy!

7. Memiliki banyak relasi

Photo by Freepik

Keuntungan berikutnya yang penulis rangkum dari seorang freelancer adalah memiliki banyak relasi. Kalau biasanya pegawai kantoran memiliki relasi dengan sesama rekan kerja saja atau klien yang terbatas dari kantornya saja, maka menjadi seorang freelancer kamu mendapat banyak relasi tak terbatas dari berbagai jenis klien yang kamu temui.

Kamu juga bisa menciptakan image yang baik berdasarkan caramu sendiri tanpa harus didikte atau mewakili perusahaan. Dengan image yang baik, relasi demi relasi akan kamu dapatkan dan tentunya tawaran project juga semakin banyak donk.

Gimana? tertarik menjadi seorang freelancer dengan keuntungan-keuntungan ini?

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *