in

Kamu Seorang Freelance Designer? Ini 8 Situs Jual Desain yang Harus Kamu Tahu

Kamu Seorang Freelance Designer? Ini 8 Situs Jual Desain yang Harus Kamu Tahu

Banyak cara mendapatkan penghasilan di internet, salah satunya adalah dengan menjual desain. Saat ini, banyak klien yang mencari kebutuhan desain melalui situs penyedia desain. Kalau kamu memiliki keahlian di bidang desain, tak ada salahnya untuk mencoba menjual karya kamu di situs penjualan desain.

Ada berbagai desain yang banyak dicari klien seperti desain kaos, desain logo, desain feed instagram, dan sebagainya. Jual desain di internet juga cukup menjanjikan lho apalagi jika desain yang kamu buat menarik dan unik.

Kira-kira dimana ya bisa jual desain? Jangan khawatir, ada banyak situs jual desain yang bisa kamu coba, salah satunya adalah sebagai berikut ini:

1. Teespring

https://teespring.com/id

Teespring adalah platform e-commerce yang memungkinkan orang untuk membuat dan menjual berbagai desain. Di situs ini, kamu bisa mendesain kaos custom, hoodies, jaket, topi, celana, tas, kaos kaki, hingga softcase handphone.

Menjual desain di Teespring juga tergolong mudah karena kamu menggunakan perangkat lunak desain online milik mereka. Namun, kamu juga bisa mendesain sendiri dan memasukkan desain kamu ke Teespring.

Bagaimana, mudah kan? Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat desain dan Teespring lah yang menangani semua pesanan, pembayaran, sampai pengiriman ke customer. Sebagai desainer, kamu akan mendapat komisi dari setiap pesanan yang terjual.

2. Redbubble

https://www.redbubble.com/

Redbubble sudah berdiri sejak tahun 2006 dan popularitasnya terus meningkat sampai sekarang. Redbubble adalah tempat dimana kamu dapat menjual berbagai karya seni.

Yups, kamu bisa menjual desain untuk berbagai produk yang berbeda mulai dari pakaian, kaos, stiker, aksesoris, hingga barang-barang rumah.

Setidaknya Redbubble mendukung lebih dari 60 jenis produk yang berbeda dan tersedia untuk pengiriman ke seluruh dunia. Karena itu, situs ini mungkin cocok bagi kamu yang punya banyak karya seni dengan berbagai macam tema untuk dijual.

Jika kamu memulai desain langsung di situs Redbubble, kamu dapat mengontrol skala, warna latar belakang, dan pengulangan desain.

Selain itu, Redbubble juga telah bermitra dengan bintang populer seperti Rick and Morty, Adventure Time, The Last Unicorn dan lainnya sehingga kamu dapat mendesain dan menjual karya untuk penggemar.

Banyak designer yang menyukai Redbubble karena kemudahan pengaturan toko dan akses ke basis pelanggan mereka yang sudah ada. Redbubble berfungsi sebagai pengalaman ritel, itu artinya bahwa produk kamu terintegrasi dengan ribuan produk lain untuk dijelajahi pelanggan.

3. LogoGround

https://www.logoground.com/

Jago desain logo? Jika iya, mungkin LogoGround bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu. Di situs ini, kamu bisa menjual berbagai macam logo dan mengatur harga sesuai yang kamu inginkan. LogoGround menetapkan tarif jual logo minimal 150 USD dan maksimal 3000 USD.

Tentunya LogoGround selalu menekankan kualitas pada logo. Usahakan untuk membuat logo yang bagus, unik, menarik, dan jangan sampai meniru logo orang lain. Logo yang berkualitas pasti akan disetujui oleh LogoGround.

Kapan logo akan disetujui? LogoGround meninjau semua logo setiap hari, kecuali hari Minggu. Jadi, biasanya dibutuhkan waktu kurang dari 24 jam untuk mendapatkan info apakah logo kamu disetujui atau ditolak.

4. Designhill

https://www.designhill.com/

Designhill adalah tempat para desainer dan pemilik bisnis berkumpul untuk menciptakan karya desain yang bermanfaat. Kamu dapat menggunakan platform ini untuk menjual desain berkualitas seperti logo, brosur, kartu nama, mug custom dan banyak lagi lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menjual desain baju.

Jika kamu mencari tempat jual desain, ini adalah situs yang ideal. Selain menjual desain karya kamu sendiri, kamu juga bisa mengikuti kontes desain lho. Di Designhill, ada ratusan pemilik bisnis atau klien yang mengadakan kontes desain mereka di situs ini.

Untuk semua kategori desain, kontes biasanya akan berlangsung dari 24 jam hingga 10 hari tergantung pada durasi waktu yang dipilih oleh klien. Biasanya klien memberikan detail desain, gambar, desain referensi, dan catatan lainnya agar kamu dapat dengan mudah memahami kebutuhan mereka.

5. Creative Market

https://creativemarket.com/

Creative Market adalah salah satu situs paling populer untuk menjual karya desain kamu secara online. Creative Market menjadi situs yang ideal di mana kamu dapat menjual tema website, grafik, font, dan karya desain lainnya.

Melalui situs ini, kamu dapat terhubung dengan jaringan yang terdiri dari 7,4 juta pelanggan potensial. Selain menjual desain, kamu juga bisa mengikuti program affiliate marketing di Creative Market. 

Kamu bisa mengajak orang untuk membeli desain di Creative Market dan kamu akan mendapatkan komisi 15% untuk setiap pembelian pertama kali yang dilakukan dalam 7 hari di bawah ID referral kamu.

6. Zazzle

https://www.zazzle.com/

Zazzle adalah marketplace tempat untuk menjual desain kamu ke berbagai audiens. Kamu juga dapat membangun toko online desain secara gratis di Zazzle.

Situs ini memberi kamu akses ke alat-alat berkualitas tinggi untuk menjual semua jenis desain seperti kaos, poster, kartu nama, kalender, prangko, tas, dan banyak lainnya.

Seperti yang diketahui, Zazzle merupakan marketplace dengan jutaan produk yang disesuaikan berdasarkan pesanan. Zazzle memiliki komunitas penjualan yang terdiri dari Desainer, Maker, dan Associate.

Desainer Zazzle adalah desainer yang menjual desain di Zazzle. Maker merupakan pembuat yang memproduksi barang fisik. Sementara itu, ada juga Associate yakni rekan yang berbagi tautan dan menghasilkan uang dari Zazzle Associate Program.

Tak jauh berbeda dengan situs marketplace desain lainnya, Zazzle juga menyediakan program Affiliate.

Ya, selain menjual desain, kamu juga bisa mengikuti program Afiliasi dari Zazzle. Setiap kali pengunjung mengklik link referral kamu dan melakukan pembelian di Zazzle, kamu bisa mendapatkan keuntungan sebesar 15% dari penjualan tersebut.

7. Design By Humans

https://www.designbyhumans.com/

Apakah kamu seorang ilustrator? Jika iya, kamu dapat menjual koleksi kreatif illustrator kamu di Design By Humans.

Situs ini memiliki komunitas lebih dari 15.000 desainer dari seluruh dunia. Kamu dapat dengan mudah untuk menjual desain poster, softcase handphone, mug, dan banyak lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menjual desain kaos di Design By Humans. Kamu juga akan memiliki etalase khusus dari di situs ini.

Selain menyediakan wadah bagi desainer untuk menjual desain, Design By Humans juga menghadirkan kontes desain, program afiliasi, dan ambassador program.

8. Graphic River

https://graphicriver.net/

Graphic River adalah platform besar yang dapat kamu gunakan untuk menjual desain kamu. Situs ini memungkinkan kamu mengunggah vektor, tekstur, infografis, add-on, desain logo, ikon, dan templat desain yang ingin kamu jual.

Terlebih lagi, situs ini juga memungkinkan kamu untuk memberikan demo langsung karya desain kamu kepada calon pelanggan.

Nah, itulah situs untuk menjual desain yang bisa kamu coba. Tentunya masih banyak situs jual desain tetapi beberapa marketplace desain tersebut setidaknya bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *