6 Cara Mengoptimalkan Bisnis Melalui Jasa Endorse

Endorse di Instagram

Sudah pernah mendengar tentang endorse? kami yakin kamu sudah sering mendengar kata “endorse” ini. Kata “endorse” ini kita sering mendengarnya di berbagai media sosial dan selalu berkaitan dengan promosi. Selain kental dengan hal promosi, endorse ini selalu identik dengan artis, entah itu selebgram dan beberapa tokoh terkenal di media sosial.

Yah, endorse merupakan salah satu strategi marketing yang termasuk paling ampuh untuk menjajakan sebuah produk atau jasa. Jika kita aktif di media sosial, tentu kita akan banyak paham tentang apa itu endorse. Karena di media sosial, kita banyak menemukan konten-konten para selebgram, artis, youtuber maupun yang lain memposting tentang suatu produk.

Dengan kata lain, konten yang di-posting oleh para tokoh terkenal itu merupakan konten promosi. Jasa endorse ini merupakan strategi marketing bisnis yang terbilang cukup ampuh dan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Tidak heran, jika banyak pelaku bisnis yang menggunakan jasa endorse sebagai strategi promosi untuk bisnisnya.

Nah, bagi kamu yang baru membangun atau yang sudah mengelola sebuah bisnis, tidak ada salahnya kamu mencoba bahkan wajib menggunakan jasa endorse. Sebelum membahas kepada titik inti tentang cara mengoptimalkan bisnis dengan jasa endorse, sebaiknya kamu simak terlebih dahulu tentang fungsi dan manfaat endorse untuk bisnis, agar kamu lebih paham dan yakin dengan jasa endorsement.

Mediasi Marketing Produk

Fungsi utama dari endorse adalah sebagai media pemasaran dari sebuah produk yang dipromosikan. Pada umumnya, jasa endorse ini sering ditemukan di sosial media instagram. Banyak para selebgram, bahkan hampir semua selebgram membuka jasa endorse. kamu hanya perlu mencari selebgram yang tepat untuk mempromosikan bisnis yang kamu kelola.

Ketika mereka (para endorser) meng-endorse-kan bisnis kamu, maka followers mereka akan melihat tentang produk tersebut. Hal ini akan menjaring kesempatan lebih besar untuk mendapatkan customer. Jadi, melalui akun para endorser, produk kamu akan lebih berkembang dan mendapatkan banyak kesempatan untuk menjaring pelanggan.

Meningkatkan Jumlah Order

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa jasa endorse mampu meningkatkan jumlah order produk atau jasa dari bisnis yang kamu kelola. Pada umumnya, para endorser akan membuat suatu konten menarik, seolah-olah mereka menggunakan dan suka sekali terdapat suatu produk. Kemudian mereka akan menyarankan para followersnya untuk memakai produk yang sama.

Nah, ini membuka kesempatan bagi produk kamu untuk lebih dilirik oleh para followers mereka di media sosial. Sebenarnya, jasa endorse ini sama fungsinya seperti iklan yang biasanya kita jumpai. Hanya saja, konten tersebut seolah-olah murni dari pribadi dan nampak lebih natural.

Hemat Biaya Promosi

Salah satu kelebihan yang dapat diambil dari menggunakan jasa endorse adalah hematnya penggunaan biaya. Jika kamu tidak mempunyai budget yang banyak untuk membuat suatu promosi, menggunakan jasa endorse adalah cara yang tepat. kamu hanya perlu memilih endorser yang tepat dan relevan untuk bisnis yang kamu kelola.

Menggunakan jasa endorse memang labih murah dibandingkan dengan promosi menggunakan jasa periklanan. Sebenarnya, jasa endorse ini sangat cocok digunakan untuk suatu perusahaan kecil atau perusahaan yang baru dirintis. Mengapa? Karena dari segi biaya, jasa endorse akan tetap menjaga kestabilan keuangan bisnis kecil.

Baca Juga: 8 Cara Memilih Jasa Endorsement yang Tepat untuk Bisnis

Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan jasa endorse? Nah, jika kamu tertarik untuk mengunakan jasa endorse, kamu jangan gegabah untuk mengambil langkah. Sebaiknya pahami terlebih dahulu tentang cara mengoptimalkan bisnis dengan jasa endorse di bawah ini!

1. Pastikan Biaya Endorse Memadai

Langkah awal dalam menggunakan jasa endorse adalah menyiapkan dana yang memadai untuk dibayarkan kepada endorser. Akan tetapi, hal yang harus kamu perhatikan adalah mengenai stabilitas keuangan. kamu harus dengan bijak menyiapkan dana untuk jasa endorse ini. Selain itu, kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk endorse pada tahap awal bisnis, jangan sampai keuangan dan operasional bisnis terganggu hanya karena promosi yang berlebihan.

2. Tentukan Target Endorsing

Setelah kamu merasa cukup dana atau biaya yang kamu siapkan, kamu harus menentukan target yang hendak dicapai dengan menggunakan jasa endorse tersebut. Jika kamu sudah memiliki target yang jelas, maka kamu dapat mengajukan keinginan kepada endorser tentang pencapaian yang diharapkan nantinya.

Target pemasaran yang kamu tentukan itu merupakan parameter yang dapat kamu gunakan untuk menilai seberapa berhasil jasa endorse yang kamu gunakan. Yah, di tahap akhir, kamu harus mengetahui bagaimana hasil dari jasa endorse yang kamu gunakan itu, apakah tercapai atau tidak target yang kamu inginkan.

3. Pilihlah Endorser yang Tepat

Memilih endorser yang tepat bukan hanya tentang mempertimbangkan jumlah followers yang dimiliki oleh ordorser, namun juga basic dari endorser tersebut. Usahakan endorser yang kamu pilih relevan dengan produk bisnis yang kamu kelola. Selain itu, pertimbangkan pula minat yang dominan pada followersnya.

Misalnya kamu membangun bisnis travel, maka gunakan selebgram atau youtubers yang kontennya dominan berisi tentang traveling. Atau pilih endorser yang memiliki followers rata-rata anak muda yang masih sangat hobi jalan-jalan. Jadi, antara endorser dan bisnis kamu harus memiliki relevansi yang selaras.

3. Pastikan Stok Produk Memadai

Selain memperhatikan tentang jasa endorser yang hendak kamu pilih, kamu juga harus memastikan bahwa produk yang kamu endorse-kan memadai. Jangan sampai ketika order meningkat, kamu malah kehabisan stok di waktu yang sangat dini. Pastikan bahwa produk yang kamu endorse-kan siap untuk diserbu oleh customer.

4. Maksimalkan Kualitas Produk

Hal yang sia-sia adalah ketika kamu sudah mengendorse-kan bisnis kamu namun kamu menyuguhkan kualitas produk yang kurang baik. Itu akan menjadi hal yang sangat percuma. Usahakan, ketika kamu sudah mengoptimalkan marketing dengan endorsing, kamu juga harus mengoptimalkan kualitas produksi.

Jangan sampai, ketika endorser berhasil membuat orang-orang tertarik terhadap produk kamu, malah kualitas produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Hal tersebut akan membuat kredibelitas bisnis kamu terancam. Tidak hanya itu, kualitas produk juga akan mempengaruhi pamor endorser yang kamu gunakan.

5. Jadwalkan Endorsing Secara Berkala

Salah satu trik dalam mengendorsekan bisnis adalah dengan melakukannya secara rutin. Seperti yang dikatakan pada poin pembiayaan di atas, jangan pernah menggunakan jasa endorse dalam satu waktu sekaligus. Jadwalkan endorsing secara rutin, baik setiap minggu, setiap bulan maupun selebihnya.

6. Pastikan Hasil yang Didapat Sesuai Target

Nah, langkah terakhir dalam menggunakan jasa endorse adalah kamu harus mengevaluasinya. Inilah langkah dimana kamu mulai menilai dan mengevaluasi bahwa target kamu yang dibuat di awal sudah tercapai atau belum. Jika kamu merasa target kamu sudah tercapai, maka jasa endorse yang kamu gunakan membuahkan hasil. Jika tidak, maka kamu harus mempertimbangkan kembali tentang jasa endorse tersebut.

Pada intinya, menggunakan jasa endorse merupakan cara yang sangat efektif untuk digunakan pada jaman teknologi ini. Dan cara mengoptimalkan bisnis dengan menggunakan jasa endorse akan membuahkan hasil jika kamu jelih dalam mengambil langkah. Semoga cara-cara di atas dapat memberikan informasi bermanfaat untuk bisnis Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here