8 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet yang Sehat

Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Siapa sih yang gak pengen punya tubuh yang ideal? Tentunya, semua orang menginginkannya. Termasuk juga kamu yang ingin mendapatkan berat badan ideal. Diet menjadi salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para wanita. Umumnya diet harus menghindari makanan yang berkarbohidrat tinggi seperti nasi. Namun diet yang baik harus memberikan nutrisi yang seimbang pada tubuh. Banyak sekali makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa kamu pilih.

Bahkan, banyak dari kamu yang mungkin sudah tidak ingin mengkonsumsi nasi. Tidak perlu khawatir, untuk kamu yang ingin diet ada kok alternatif makanan lainnya. Tentunya, lebih aman untuk menjaga berat badan kamu agar sesuai seperti yang diinginkan. Bahkan, alternatif makanan ini juga sangat mudah untuk ditemukan lho. Ingin tahu apa saja makanan pengganti nasi untuk diet? Berikut ini pilihan makanan pengganti nasi untuk diet.

1. Kentang

Mengganti nasi dengan kentang bisa dilakukan untuk kamu yang saat ini menjalani diet. Banyak dari masyarakat yang belum tahu bahwa kandungan dari kentang sangatlah banyak. Terdapat vitamin da nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari pada tubuh. Biasanya, kentang dibuat menjadi berbagai macam makanan yang memang disesuaikan untuk kebutuhan diet.

Tentunya, untuk kamu yang ingin diet maka sangat cocok menggunakan kentang. Karena, kandungan karbohidrat pada kentang begitu kecil. Jadi, tidak begitu berpengaruh pada tubuh. Tentunya, bisa menjaga berat badan tubuh menjadi tetap ideal. Bahkan, mampu menurunkan berat badan dengan cukup cepat. Jadi, wajib coba makanan yang satu ini ya girls.

2. Brokoli

Sayuran brokoli mungkin sudah begitu familiar di kalangan masyarakat. Ya! Sayuran ini memang sangat umum terdapat pada makanan seperti soup dan lain-lain. Kandungan pada brokoli begitu banyak dan bisa membantu dalam berbagai macam penanganan penyakit. Menariknya, sayuran yang satu ini tidak memiliki kandungan lemak sedikitpun.

Jadi, sangat cocok untuk digunakan dalam proses diet, kandungan seperti vitamin C,A dan B6 yang ada pada brokoli begitu melimpah. Brokoli memiliki banyak kandungan serat yang sudah cukup untuk pemenuhan kebutuhan gizi kamu yang sedang menjalani diet.

3. Nasi Shirataki

Ini dia, nasi yang cocok digunakan untuk diet. Nasi shirataki yang berasal dari Jepang. Nasi yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang tidak begitu banyak. Jika nasi pada umumnya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, maka untuk jenis ini hanya terdapat 3 gram per 85 gram nasi. Tentunya, hal ini sangat baik untuk menjaga berat badan tubuh.

Nasi ini juga sudah banyak dikonsumsi oleh orang jepang. Tentunya, agar membuat tubuh menjadi lebih langsing dan menemukan berat badan yang ideal dan sesuai impian. Jadi, sangat direkomendasikan untuk kamu konsumsi saat sedang menjalani diet.

4. Pisang

Pisang merupakan buah pengganti nasi untuk diet yang sangat cocok. Kandungan dari pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti kandungan vitamin, protein, potasium yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh. Untuk kandungan karbohidrat yang ada di pisang tidaklah begitu besar. Bahkan, hanya sekitar 18 gram dalam 100 g pisang.

Angka tersebut tentu tidak terlalu besar dibandingkan dengan nasi putih. untuk kamu yang ingin diet dan mencari buah maka pisang sangat cocok untuk dikonsumsi. Kamu bisa nih, membuatnya menjadi beragam olahan, seperti dibuat menjadi jus agar lebih mudah dalam mengkonsumsinya.

5. Jambu Biji

Tahukah kamu, bahwa jambu biji dikenal sebagai buah pengganti nasi untuk program diet? Kandungan dari buah yang satu ini ternyata cukup melimpah dan bermanfaat bagi kesehatan. Seperti kandungan vitamin C, mineral, serat dan lainnya. Untuk 100 g jambu biji hanya terdapat 14g karbohidrat saja. Angka yang begitu kecil tentunya.

Bahkan, untuk kandungan gula dari jambu biji juga begitu rendah. Lebih rendah dari apel, jeruk, dan buah lainnya. Sangat direkomendasikan untuk program diet kamu. Cara konsumsinya bisa dibuat menjadi jus agar lebih mudah dikonsumsi. Setidaknya, kamu bisa membuat jus dengan 1 buah jambu biji saja setiap hari. Dijamin, berat badan akan menjadi lebih ideal.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Pola Makan yang Baik dan Sehat Agar Tubuh Ideal

6. Gandum

Gandum bisa dimanfaatkan untuk menggantikan nasi dalam program diet kamu. Karena kandungan karbohidrat pada gandum begitu sedikit. Namun, untuk konsumsinya kamu juga bisa menggunakan olahan gandum yang sudah jadi. Contohnya seperti roti dan lainnya.

Slogan “roti pengganti nasi” mungkin sudah begitu dikenal oleh masyarakat. Namun, alangkah baiknya ditambahkan dengan alternatif lainnya. Artinya, tidak direkomendasikan untuk menjadi pilihan setiap hari. Kamu bisa melakukan kombinasi makanan untuk mendapatkan hasil yang baik dalam program diet!

7. Quinoa

Apakah kamu tahu Quinoa? Makanan ini merupakan makanan jenis biji-bijian yang punya banyak sekali kandungan nutrisi. Seperti protein, B2, vitamin dan kandungan lainnya. Makanan yang satu ini saat ini sudah dilirik oleh banyak orang. Terutama untuk mereka yang memang sedang ingin menjalankan program diet.

Untuk konsumsinya juga sangat mudah. Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan Quinoa pada wadah. Lalu, tambahkan dengan air secukupnya. Setelah itu, tanak sampai dengan matang. Jika sudah, kamu bisa mengkonsumsinya langsung. Atau, jika ingin ditambahkan sayuran lainnya seperti salad, brokoli, juga bisa. Dijamin, penggunaan yang rutin akan memberikan hasil maksimal!

8. Singkong

Siapa sih yang gak tahu dengan singkong? Makanan yang satu ini sangat mudah untuk kita temukan. Bahkan, untuk harganya juga sangat murah dipasaran. Namun dibalik itu semua ternyata singkong bisa dipakai sebagai makanan pengganti nasi untuk diet lho! Karena kandungan karbohidrat yang terdapat pada singkong tidak begitu tinggi. Menariknya, kamu bisa membuat berbagai macam olahan dari singkong. Hal ini agar tidak bosan dalam mengkonsumsinya.

Singkong memiliki kandungan glukosa yang begitu rendah. Jadi, selain membantu untuk diet juga bisa mencegah agar tidak terkena diabetes. Cara pengolahannya bisa dengan berbagai macam olahan. Seperti direbus secara langsung atau dengan menjadikan olahan seperti ondol-ondol, timusan, gethuk, keripik dan lainnya. Namun, pastikan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan ya!

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu kan beberapa makanan pengganti nasi untuk diet. Jadi, tidak perlu bingung lagi deh dalam menjaga pola hidup sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Namun, selalu pastikan kebutuhan gizi untuk tubuh kamu selalu tercukupi ya. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here