in

Takut Diselingkuhi? Ini 9 Tips Agar Pasangan Tetap Setia!

Takut Diselingkuhi? Ini 9 Tips Agar Pasangan Tetap Setia!
Photo by Bin Thiều on Unsplash

Selingkuh menjadi salah satu hal yang membuat berakhirnya suatu hubungan. Pasangan yang sudah telanjur selingkuh rasanya akan sulit untuk dipertahankan. Bahkan hubungan yang sudah lama pun bisa putus di tengah jalan karena hadirnya orang ketiga. Menjadi seseorang yang diselingkuhi adalah hal yang sangat menyakitkan.

Sebagai manusia terkadang perasaan takut kehilangan pasangan itu selalu ada terlebih jika kita dan pasangan kita menjalani hubungan jarak jauh alias LDR (Long Distance Relationship). Hal ini disebabkan karena jarang bertemu, susah untuk dihubungi hingga sering bertengkar akan semakin memicu keretakan sebuah hubungan.

Untuk menghindari perselingkuhan bahkan perpisahan, kita juga harus sama-sama saling berjanji untuk tetap setia sehingga tetap dapat menjalankan hubungan yang sehat. Yups, hubungan yang sehat akan membuat sebuah pasangan menjadi langgeng.

Tentu bukan hal yang mudah untuk setia. Mungkin akan ada banyak hal yang dapat mengurangi kesetiaan terhadap pasangan. Bukan hanya kehadiran orang ketiga, perubahan sikap dan keadaan juga bisa mempengaruhi kesetiaan pasangan kita. Nah, berikut ini adalah 8 tips yang bisa dilakukan agar pasangan kita tetap setia:

1. Saling Terbuka

Kita bisa memulai dengan saling terbuka dengan pasangan dan tidak ada yang ditutupi. Suatu hubungan dapat berjalan langgeng dan bahagia jika pasangan saling terbuka, jujur serta mau menerima kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Hindari juga adanya rahasia dalam hubungan yang akan membuat salah satu pasangan menjadi kecewa, apalagi jika rahasia itu bersifat fatal.

Sikap jujur dan terbuka tentunya akan membuat pasangan kita merasa nyaman. Selain itu, kita juga bisa saling berbagi keluh kesah. Secara tidak langsung, obrolan curhat secara mendalam dapat mengajarkan kita untuk tidak egois dengan memberikan kesempatan pada pasangan untuk mengungkapkan apa yang sedang dia rasakan.  Lebih bagus lagi jika kita dapat memberikan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi pasangan kita.

2. Komitmen Dalam Hubungan

Komitmen adalah sebuah landasan dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Saling berkomitmen dan berjanji untuk setia satu sama lain. Komitmen yang dibangun diawal hubungan akan membuat kita dan pasangan kita merasa terjamin. Tak heran, jika banyak pasangan yang mampu berpacaran hingga bertahun-tahun sampai akhirnya melaju ke pernikahan.

Hal tersebut tentu tak lepas dari komitmen yang sudah mereka bangun bersama. Dengan berkomitmen, kita dan pasangan kita tidak akan berpikir untuk berselingkuh karena sudah memantapkan hati dan janji hanya kepada satu orang.

3. Menjadikan Sebagai Prioritas

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat pasangan semakin cinta dengan kita adalah dengan menjadikannya sebagai proritas setelah keluarga. Dengan menjadikannya sebagai prioritas, pasangan akan merasa menjadi pribadi yang penting di kehidupan kita. Tentu hal tersebut dapat membuat hubungan semakin harmonis.

Meskipun sibuk, tetaplah berusaha untuk memberikan perhatian dan menanyakan kabar pasangan kamu. Tentu hal tersebut bisa membuat pasangan kita merasa dihargai. Dengan begitu akan tercipta hubungan yang berjalan dengan baik.

4. Menghabiskan Waktu bersama Pasangan

Agar semakin mempererat hubungan kita dengan pasangan, kita perlu sedikit meluangkan waktu bersama pasangan disela kesibukan kita. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menghabiskan waktu bersama kekasih seperti menonton bioskop bersama, mengunjungi tempat wisata hingga melakukan aktivitas positif lainnya.

Melakukan hal yang sama bersama dalam waktu tertentu akan menjadi sebuah kenangan. Momentum menarik dalam suatu pertemuan bersama pasangan akan menjadi kenangan yang dapat kita ceritakan di kemudian hari. Jika kita selalu berusaha memberikan waktu untuk bertemu, tentu hubungan dapat berjalan baik, semakin cinta dan setia.

5. Berikan Kasih Sayang

Tidak ada salahnya jika kita menunjukkan rasa kasih sayang kita kepada pasangan. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan ketulusan kita kepadanya. Jika pasangan merasa mendapatkan kasih sayang dan cinta, tentu dia akan tetap setia dengan kita.

Rasa sayang tidak selalu diungkapkan lewat kata-kata. Kita juga bisa mengungkapkannya lewat perbuatan seperti memberinya banyak perhatian, memberikan barang kesukaannya, mengajaknya ke tempat favoritnya dan berbagai cara lainnya. Ketika pasangan sudah mendapatkan kasih sayang, tentu dia tidak akan mencari kasih sayang dan perhatian kepada orang lain.

6. Jangan Egois

Ketika sudah memutuskan untuk menjalin hubungan, tentu kita harus mau memahami dan mengerti pasangan. Hindari sifat egois karena itu dapat membuat pasangan merasa tidak nyaman. Kita harus menjadi kekasih yang pengertian, sehingga dia tidak punya alasan untuk meninggalkan kita atau bahkan berselingkuh dibelakang kita.

Setiap masalah pasti akan selalu datang. Jika sedang bertengkar, jangan ikut meluapkan emosi tetaplah bersabar dan toleransi. Hubungan yang dewasa bisa dilihat dari bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan tenang dan kepala dingin. Intinya, semua bisa dibicarakan secara baik-baik kok. Jangan selalu mengedepankan ego ya!

7. Jangan Posesif

Kita tetap dapat menyayangi pasangan kita tanpa mengekang dan tak harus berlebihan. Hubungan yang terlalu dikekang atau sikap posesif yang berlebihan hanya akan membuat hubungan menjadi tidak nyaman. Hubungan yang sehat dapat kita capai tanpa harus ada sikap saling melarang atau mengekang.

Hubungan yang sehat adalah jika kita saling menghargai termasuk memberikan waktu pribadi untuk masing-masing, tidak terlalu sering memeriksa ponselnya bahkan sampai meminta kata sandi di berbagai akun media sosialnya. Sebagai pasangan yang baik kita perlu untuk menjaga dan menghormati pasangan.

8. Menerima Kesalahan

Manusia tempatnya salah, kata tersebutlah yang sering kita dengar. Dan itu adalah hal yang wajar, yang tidak wajar itu jika kita tidak mau memaafkan kesalahan orang lain termasuk dengan pasangan kita sendiri. Jika pasangan melakukan kesalahan, segara ingatkan dan berikan pengertian pada pasangan.

Jika kita yang bersalah, cobalah untuk meminta maaf kepada pasangan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Tentunya jangan hanya sekadar di bibir saja tetapi buktikan secara nyata bahwa kita benar-benar tidak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi.

9. Menerima Apa Adanya

Setiap orang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing termasuk dalam urusan pribadi seperti sikap dan cara pandang yang berbeda pula. Karena itu, dengan saling menghargai dan menerima satu sama lain menjadi salah satu cara agar hubungan tetap langgeng. Jika ada sifat yang kurang kita suka, kita bisa membicarakannya secara baik-baik dengan pasangan sehingga bisa saling memahami.

Kita juga perlu menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang pasti memiliki sikap baik dan buruk yang dalam dirinya. Jika kita mencari pasangan yang sempurna, sepertinya akan sangat sulit untuk menemukannya. Karena itu, mulailah mencintai pasangan apa adanya. Jika memang ingin pasangan berubah, cobalah untuk memberikan masukan dengan kata yang santun sehingga tidak melukai perasaannya.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar pasangan kita tetap setia. Jangan lupa, kunci dalam suatu hubungan adalah saling percaya, jujur dan komitmen bersama. Setia itu mudah kok, kalo kita mau!

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *