in

8 Peluang Bisnis Budidaya Hewan Yang Paling Menguntungkan dengan Modal Kecil

Peluang Bisnis Budidaya Hewan

Jika anda seorang pencinta binatang atau suka mengurus binatang dan sedang mencari usaha baru, mungkin membuka bisnis budidaya hewan atau usaha peternakan hewan merupakan bisnis yang paling cocok untuk anda jalani. Sebab anda bisa mendapatkan uang dari hobi yang diubah menjadi bisnis yang menguntungkan.

Memulai usaha budidaya hewan ternak tidak hanya untuk orang-orang yang tinggal di pedesaan atau dikawasan dataran tinggi saja. Karena sekarang sudah banyak jenis peternakan hewan yang bisa dijalankan di berbagai tempat bahkan di perkotaan sekalipun.

Oleh karena itu untuk anda para pencinta hewan yang sedang mencari ide usaha yang masih berhubungan dengan hewan, berikut ini ide peluang bisnis budidaya hewan yang bisa anda jalani.

1. Ternak Burung Kicau

Beberapa dari kita mungkin sudah tidak aneh lagi kalo ada orang yang bisa menghidupi anggota keluarganya hanya dari ternak burung. Karena memang bisnis yang satu ini sangat menguntungkan khususnya untuk mereka yang memang hobi memelihara burung.

Sebab harga satu ekor burung dengan kicauan yang merdu bisa mencapai angka lebih dari 2 juta rupiah. Belum lagi kalo burung tersebut sudah memenangkan pertandingan lokal maupun di luar. Tentu harga jualnya akan semakin mahal dan menjadi rebutan para kolektor dan pencinta burung kicau yang lain.

Dan yang lebih menguntungkannya lagi, usaha ini tidak membutuhkan banyak modal. Harga pakan burung dan perawatannya sehari-hari juga terbilang sangat terjangkau.

Yang membuat mahal adalah karena melatih burung membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika burung diurus sejak baru menetas dan diberi makan langsung dari tangan manusia.

2. Breeder Anjing

Bisnis budidaya hewan yang berikutnya adalah menjadi breeder anjing alias ternak anjing. Untuk yang satu ini, pastinya anda semua sudah tidak aneh lagi.

Harga anjing, khususnya anjing dengan jenis yang popular seperti golden retriever atau corgi, memang memliki harga yang sangat tinggi. Sehingga, banyak orang memanfaatkannya dengan cara membuka budidaya anjing dengan jenis tertentu.

Caranya adalah dengan mengawinkan sepasang anjing dengan jenis yang sama. Ketika penjodohan berhasil dan anak anjing sudah lahir, para breeder bisa menjual lagi anjing-anjing tersebut dan menyisakan sepasang saja.

Tetapi kalo anda ingin menjalani bisnis ini, anda perlu tahu bahwa tidak boleh menjual semua anak anjing yang dilahirkan oleh indukannya. Sebab hal ini bisa membuat indukan anjing sedih. Jadi, sisakan saja satu atau sepasang anak anjing untuk anda rawat sendiri.

3. Breeder Kucing

Serupa dengan anjing, menjadi breeder kucing juga bisa menjadi usaha peternakan hewan yang sangat menguntungkan. Sebab harga kucing juga lumayan tinggi dan jumlah penyuka kucing di Indonesia sangat banyak.

Beberapa jenis kucing yang terkenal seperti angora, munchkin, sphinx, dan british shorthair bisa dijual dengan harga lebih dari 5 juta per ekornya. Dan itu adalah harga untuk anak kucing.

Tetapi biaya perawatan yang perlu dikeluarkan para breeder kucing memang lumayan besar. Mulai dari biaya makan, vaccine, grooming, dan perawatan lainnya. Perawatan ini juga akan mempengaruhi kualitas anakan kucing yang dilahirkan oleh indukannya.

4. Ternak Kroto

Usaha ternak hewan yang berikutnya adalah ternak kroto. Dibandingkan 3 hewan ternak lainnya, memang kroto adalah hewan yang ukurannya paling kecil.

Bahkan yang sebenarnya anda ternak bukanlah kroto. Sebab kroto adalah sebutan untuk telur semut rang rang. Dan yang perlu anda ternakan adalah indukannya yaitu semut rang rang itu sendiri.

Telur semut rang rang biasanya dijual untuk pakan burung kicau. Dan harga perkilo nya bisa mencapai 200 ribu rupiah. Sedangkan dalam satu bulan, semut bisa menghasilkan hingga puluhan kilo kroto.

Dan ternak kroto bisa menjadi ternak dengan modal 1 juta yang paling menguntungkan. Sebab biaya perawatan kroto baik untuk media maupun pakannya sangat terjangkau.

Untuk media, anda bisa menggunakan botol atau toples bekas makanan ringan. Sedangkan untuk pakannya, anda bisa menggunakan gula yang dicairkan saja.

5. Ternak Jangkrik

Ternak jangkrik juga hampir mirip kegunaannya dengan ternak kroto. Keduanya sama-sama paling dicari oleh para penghobi burung kicau di Indonesia. Tetapi beberapa penjual jangkrik juga diburu oleh mereka yang hobi ikan hias seperti ikan arwana.

Jangkrik bisa menjadi salah satu cara ternak menguntungkan di lahan sempit. Memang harga jualnya tidak setinggi harga kroto. Tetapi peluang usaha ternak hewan yang satu ini memiliki jangka waktu panen yang lebih cepat.

Bahkan bisa dibilang jangkrik merupakan ternak paling cepat dibanding ternak lainnya. Sebab anda hanya butuh waktu paling lama 1 bulan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari usaha yang satu ini.

Dan ada 2 cara dalam menghasilkan uang dari ternak jangkrik. Yaitu dengan menjual jangkrik dewasa atau dengan menjual telur jangkrik. Keduanya memiliki harga jual yang berbeda pula, anda bisa memilih salah satu yang paling menguntungkan untuk anda.

6. Usaha Ternak Lele

Bisnis budidaya hewan yang satu ini juga sempat menjadi perbincangan masyarakat Indonesia beberapa tahun ke belakang. Konon, usaha ternak lele bisa menghasilkan banyak keuntungan dengan modal yang kecil.

Banyak orang pula yang berpendapat bahwa ternak lele menjadi usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Mengingat lele merupakan salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia.

Kalo anda bertanya apakah ternak lele membutuhkan modal yang kecil? Jika dibandingkan dengan ternak ikan lainnya bisa dibilang, benar. Selain itu jangka waktu panennya juga sangat cepat, hanya kurang dari 2 bulan anda bisa langsung panen ikan lele.

Tetapi apakah bisa memberikan penghasilan melimpah? Bisa iya dan bisa juga tidak. Tergantung kemana anda menjual hasil panennya. Sebab kini saingan dalam usaha ternak lele juga semakin banyak. Dan harga jual di beberapa daerah mulai menurun.

Tetapi untuk bisnis jangka panjang, ternak lele bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

Baca Juga: 10 Cara Membuka Usaha Budidaya Lele dengan Modal Kecil Untung Besar

7. Ternak Burung Puyuh

Berbeda dengan burung kicau, burung puyuh lebih banyak diternak untuk dijual ke pasar atau ke rumah makan. Sebab burung puyuh biasa di konsumsi oleh masyarakat Indonesia khususnya di daerah Jawa Barat.

Hampir semua bagian dari burung puyuh juga bisa di konsumsi. Baik tubuhnya maupun telurnya. Jadi anda bisa memiliki banyak cara dalam menghasilkan uang dengan memulai usaha ternak ini.

Ternak burung puyuh juga menjadi salah satu bisnis budidaya yang unik. Sebab saat ini, sudah mulai jarang pembudidaya burung puyuh di Indonesia. Artinya, bisnis anda memiliki lebih sedikit pesaing dengan demand dari masyarakat yang terus meningkat.

8. Ternak Ayam

Permintaan ayam dipasaran semakin hari semakin meningkat. Hal ini dikarenakan ayam merupakan salah satu kebutuhan lauk pauk yang paling populer di Indonesia, mengingat rasanya nikmat dan harganya juga terjangkau. Tidak hanya daging ayam saja, bahkan permintaan telur ayam juga semakin besar.

Dengan ini, maka anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai ide bisnis hewan ternak yang sangat menjanjikan. Meskipun memang untuk ternak ayam tidak mudah, tapi mengingat permintaan pasar yang besar maka tak ada salahnya anda mencoba bisnis ternak ayam.

Demikianlah beberapa bisnis ternak hewan atau usaha budidaya hewan yang bisa anda semua jalani. Memang akan lebih baik jika anda menjalani satu bisnis saja dengan serius. Tetapi kalo anda bisa menggabungkan 2 bisnis seperti ternak kroto dan ternak burung di waktu yang bersamaan, maka penghasilan anda juga akan semakin berlipat ganda.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *