7 Wisata Museum di Surabaya yang Antik dan Bersejarah

7 Wisata Museum di Surabaya yang Antik dan Bersejarah
7 Wisata Museum di Surabaya yang Antik dan Bersejarah
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Surabaya merupakah salah satu kota yang menyandang sejarah panjang bangsa Indonesia. Tak heran jika sekarang ini banyak terdapat wisata museum di Surabaya yang cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun luar.

Tentunya deretan wisata museum di Surabaya ini tidak hanya berupa museum sejarah, namun ada juga museum kesehatan dan lain sebagainya. Deretan wisata bersejarah di Surabaya ini bisa menjadi destinasi alternatif untuk liburan keluarga.

Buat kamu yang suka berburu foto artsy, ini bisa menjadi rekomendasi untuk kamu kunjungi. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata museum di Surabaya yang paling populer dan selalu memiliki banyak pengunjung:

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


1. Museum Sepuluh Nopember

Foto: instagram/bimbimromeong

Rekomendasi pertama yang menjadi wisata museum terpopuler di Surabaya ialah Museum Sepuluh Nopember. Lokasi museum ini berada pada komplek Monumen Tugu Pahlawan, salah satu ikonnya Surabaya.

Sesuai dengan namanya, museum ini merupakan museum yang dikhususkan untuk mengenang peristiwa 10 Nopember. Peristiwa bersejarah yang sampai saat ini diperingati sebagai hari pahlawan.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Ada banyak hal menarik dan antik yang bisa kamu temukan di gedung berlantai dua ini. Di lantai pertama, kamu akan menemukan pameran patung yang melambangkan Arek-Arek Suroboyo.

Sedangkan di lantai kedua, kamu akan menjumpai pameran berbagai senjata, foto-foto dokumenter, diorama serta bisa mendengarkan pidato Bung Tomo versi aslinya. Menarik bukan?

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Tidak hanya itu, bangunan museum ini memiliki bentuk arsitektur dan makna yang sangat menarik. Ukuran tinggi, ruas dan setiap garisnya memiliki makna 10, 11 dan 1945 dimana ini merupakan peristiwa awal mulanya Hari Pahlawan.

2. Museum Surabaya (Gedung Siola)

Foto: instagram/joonbond

Museum Surabaya atau Gedung Siola juga menjadi salah satu wisata museum yang cocok dikunjungi untuk mengisi waktu liburan. Lokasi museum ini sangat strategis, berada di jantung Kota Surabaya.

Gedung Siola ini salah satu gedung bersejarah yang menjadi saksi perjuangan masyarakat Surabaya. Gedung bersejarah ini berdiri sejak tahun 1877, dan dahulu bernama White Laidlaw.

Dulunya, tempat ini merupakan tempata menjual tekstil dan pakaian, yang kemudian berkembang menjadi toserba terbesar di wilayah Hindia Belanda. Nah, sekarang gedung ini dialihfungsikan menjadi museum.

Museum Surabaya ini menyimpan sekitar 1.000 benda-benda bersejarah yang menjadi saksi perjalanan Surabaya dari masa ke masa. Beberapa diantaranya seperti artefak, kendaraan jaman dulu, serta informasi pada jaman penjajahan Belanda.

Jadi, mengunjungi Museum Surabaya atau Gedung Siola tidak hanya sekedar untuk berwisata, namun juga sekaligus menyelami sejarah perjalanan Kota Surabaya dari masa ke masa.

Baca Juga: Wisata Bernuansa Klasik, Ada 5 Destinasi Kota Tua di Indonesia

3. Museum W.R. Soepratman

Foto: instagram/_wildan87

Wisata museum yang satu ini didedikasikan untuk pahlawan nasional W.R. Soepratman, sang pencipta lagu Indonesia Raya. Lokasinya tak jauh dari makam W.R. Soepratman, berada di area rumah penduduk di Jalan Mangga, Tambaksari.

Sebenarnya, museum ini merupakan rumah dari kakak W.R. Soepratman, Rukiyem Supratijah. Namun, Sang Pahlawan juga tinggal di rumah ini sejak tahun 1936, hingga akhir hayatnya.

Pada saat itu, W.R Soepratman bersembunyi di rumah ini dan melarikan diri dari kejaran Belanda akibat menciptakan lagu Indonesia Raya. Hingga sekarang, rumah ini dijadikan museum.

Museum ini berisi foto-foto bersejarah serta replika-replika yang berhubungan dengan W.R. Soepratman. Kamu akan menemukan patung W.R. Soepratman sedang memainkan biola di bagian halaman rumah.

4. Museum HOS Tjokroaminoto

Foto: instagram/pangeranadventure

Museum yang satu ini juga merupakan rumah salah satu pahlawan nasional, HOS Tjokroaminoto. Tempat tinggal Sang Pahlawan dan keluarga kini disulap menjadi sebuah museum terpopuler di Surabaya.

Di Museum HOS Tjokroaminoto, kamu dapat melihat secara langsung bagian kamar dan ruang tamu keluarga HOS Tjokroaminoto. Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi saksi para pahlawan lain belajar.

Rumah HOS Tjokroaminoto ini dulunya juga pernah menjadi tempat kos para pemuda yang kelak menjadi tokoh penting di Indonesia. Diantaranya seperti Ir. Soekarno, Soeherman K., Musso, Alimin, Samoen dan banyak lagi lainnya.

Tak hanya sebagai tempat menginap, para pemuda ini juga mendapat kuliah politik dari HOS Tjokroaminoto. Di tempat ini lah Ir. Soekarno banyak belajar tentang ideologi bangsa dan cara berpolitik. Itu sebabnya HOS Tjokroaminoto disebut sebagai Guru Bangsa.

5. House of Sampoerna

Foto: instagram/antarin_indonesie_reizen

Museum House of Sampoerna juga merupakan salah satu museum populer di Surabaya yang patut dikunjungi. Museum ini merupakan museum kretek dan sekaligus markas besar Sampoerna.

Bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1862 ini berada di Jalan Taman Sampoerna 6, Surabaya. Bangunan ini memiliki arsitektur bergaya khas kolonial, berdiri megah dengan empat pilar besar menyangga gedung utama.

Museum House of Sampoerna terdiri dari dua lantai. Lantai pertama merupakan ruang pameran yang berkaitan dengan produksi rokok sampoerna. Dan dari lantai dua kamu bisa melihat proses produksi rokok Sampoerna.

Jadi untuk penggila foto heritage dan yang penasaran tentang seluk beluk produksi dan sejarah tentang rokok, museum ini tempatnya. Kamu juga bisa keliling Surabaya secara gratis yang dikemas dengan acara Surabaya Heritage Track.

Baca Juga: Tidak Perlu Keluar Kota, Warga Surabaya Bisa Menikmati 8 Wisata Keren Ini!

6. Museum Kesehatan

Foto: instagram/muchson_ali

Tak hanya yang berkaitan dengan sejarah bangsa, Museum Kesehatan juga merupakan salah satu museum di Surabaya yang cocok dijadikan destinasi liburan. Apalagi saat liburan bersama keluarga.

Sesuai dengan namanya, museum edukasi yang satu ini berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan dunia kesehatan. Beberapa diantaranya arsip kesehatan, alat-alat kesehatan dari jaman dulu hingga saat ini, termasuk alat kesehatan tradisional.

Tak hanya itu, di museum ini kamu bisa menjumpai area yang berisi hal-hal unik terkait pengobatan tradional. Area ini menampilkan pengobatan tradisional seperti santet dan boneka jelangkung asli.

Bahkan ada satu ruangan yang bernama “Dunia Lain” yang katanya dipenuhi dengan makhluk astral. Nuansa mistisnya cukup merinding ya. Berani sama yang horor-horor tidak?

7. Monumen Kapal Selam

Foto: instagram/jangdaraa

Satu lagi wisata museum populer bersejarah yang ada di Surabaya, yaitu Monumen Kapal Selam. Monumen Kapal Selam ini merupakan wujud asli dari KRI Pasopati 410 milik TNI Angkatan Laut.

Kapal selam KRI Pasopati 410  ini merupakan kapal buatan Uni Soviet tahun 1952. Setelah berhenti beroperasi, kapal selam sepanjang 76 meter ini dialihfusikan menjadi museum edukasi seperti sekarang.

Kamu akan menemukan banyak keseruan ketika bertandang ke wisata museum yang satu ini. Di dalam Monumen Kapal Selam, kamu akan mengetahui seluk beluk isi dari sebuah kapal selam, khususnya KRI Pasopati 401.

Kamu akan mengetahui ruang kontrol, kemudi, periskop, hingga torpedo kapal selam saat menjelajahi tubuhnya. Kapal selam KRI Pasopati 401 memiliki sejarah perjalanan yang panjang saat menemani para armada laut.

Tak hanya sekedar untuk berwisata, mengunjungi museum juga sekaligus bisa mendapatkan edukasi tambahan. Diantara wisata museum di Surabaya yang unik dan bernilai sejarah ini mana yang ingin kamu kunjungi duluan?