in

Hai Pecinta Hewan, 7 Rekomendasi Ide Usaha Ternak Hewan Yang Menguntungkan

Hai Pecinta Hewan, 7 Rekomendasi Ide Usaha Ternak Hewan Yang Menguntungkan

Bila anda seorang pencinta binatang yang sedang ingin membuka usaha, mungkin bisnis ternak hewan bisa menjadi usaha yang sangat cocok untuk anda jalani. Sebab bisnis ini bisa menyalurkan kecintaan anda terhadap binatang-binatang, sekaligus mendapat keuntungan.

Belakangan ini, ternak hewan juga menjadi salah satu bisnis budidaya unik yang sedang banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya di daerah pedesaan atau pinggir kota saja, beberapa masyarakat di pusat kota juga banyak yang membuat usaha beternak hewan sendiri.

Hal ini juga didukung dengan banyaknya pameran fauna yang sering digelar serta komunitas-komunitas pencinta hewan yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti salah satunya adalah pameran hewan terbesar yang rutin di adakan di Lapangan Banteng Jakarta.

Ada banyak jenis hewan yang bisa anda ternakan dan jadikan bisnis, modalnya juga terbilang kecil. Tetapi akan lebih baik jika anda membuat peternakan hewan yang anda sukai, seperti kucing atau anjing. Sehingga anda tidak akan merasa bosan dan terpaksa dalam merawat binatang-binatang tersebut.

Tetapi bila anda bingung atau malah anda suka semua jenis hewan, berikut ini rekomendasi ide bisnis ternak hewan yang paling menguntungkan untuk anda jalani.

1. Usaha Ternak Burung

Usaha Ternak Burung
Photo from Pexels

Beberapa dari kalian mungkin sudah pernah melihat para peternak burung kicau yang bisa menghasilkan jutaan rupiah dari bisnis burung. Tetapi, burung yang dijual bukan burung biasa, melainkan burung yang memiliki kicauan merdu dan menarik.

Biasanya usaha ternak burung yang paling mudah untuk dilakukan adalah ternak burung love bird. Anda hanya membutuhkan modal 1 juta rupiah saja untuk membuka bisnis ini.

Ada 2 cara dalam mendapatkan penghasilan dari usaha ternak burung. Yaitu dengan menjual anak burung yang masih bayi atau menjual burung yang sudah diikutkan lomba dan memiliki kicauan yang terbukti berkualitas. Untuk harganya, bisa mencapai lebih dari 3 juta untuk satu ekor burung dengan kualitas kicauan tinggi.

2. Breeder Anjing

Usaha Breeder Anjing
Photo by Chevanon Photography from Pexels

Bisnis ternak hewan yang berikutnya adalah menjadi breeder anjing. Seperti yang kalian ketahui, ada banyak jenis anjing yang dijual dengan harga tinggi per ekornya. Seperti salah satunya adalah anjing golden retriever yang satu ekornya bisa mencapai lebih dari 5 juta rupiah.

Tentu menjadi breeder anjing merupakan usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Tetapi ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan ingin membuat usaha budidaya ini.

Yang pertama dan paling penting adalah, anda perlu menyiapkan lahan yang cukup luas. Sebab sebagian besar jenis anjing membutuhkan halaman yang luas agar ia bisa merasa nyaman. Kemudian, anda perlu mempelajari bagaimana cara merawat anjing dengan baik, mulai dari cara memberi makan, pengetahuan tentang vaksin, penyakit, dan lain-lain.

Dan tentunya, anda perlu juga menyiapkan modal yang cukup besar, baik untuk membeli indukan anjing maupun untuk biaya perawatannya setiap hari.

3. Breeder Kucing

Usaha Breeder Kucing
Photo by Buenosia Carol from Pexels

Bila menjadi breeder anjing terlalu sulit untuk anda atau mungkin terhalang aturan tertentu, maka anda bisa menjadi seorang breeder kucing. Sebenarnya cara kerjanya sama saja, yaitu anda menjual anak kucing hasil kawinan dari indukan yang anda miliki.

Dibandingkan anjing, kucing membutuhkan lahan rumah yang lebih kecil. Bahkan kucing lebih nyaman bila ia tinggal di dalam rumah bersama manusia. Dan tentunya hal ini tidak begitu menyulitkan, sebab kucing adalah hewan yang selalu menjaga kebersihannya.

Tetapi anda tetap perlu mempelajari cara merawat kucing dengan baik. Terutama vaksin dan perawatan kesehatannya. Beberapa jenis kucing seperti angora dan kucing munchkin bisa dijual dengan harga lebih dari 12 juta rupiah per ekornya.

4. Usaha Ternak Kelinci

Usaha Ternak Kelinci
Photo from Pexels

Bila bisnis ternak kucing masih terlalu sulit, anda bisa membuat budidaya kelinci saja yang jauh lebih mudah. Untuk kelinci, anda tidak perlu pusing memikirkan vaksin ataupun perawatan harian. Sebab hewan ini hanya perlu diberi makan wortel dan tumbuhan hijau saja setiap hari.

Sepasang kelinci bisa berkembang biak dan menghasilkan lebih dari 3 anak dalam satu kali melahirkan. Dan bisa dibilang, budidaya kelinci merupakan ternak paling cepat panen dan menguntungkan yang bisa anda jalani.

Ada 2 cara untuk anda menjual kelinci-kelinci tersebut. Yaitu dengan menjual kelinci dengan motif yang lucu sebagai kelinci hias dan menjual sisanya sebagai kelinci potong. Mungkin hal ini terdengar agak aneh, namun sate kelinci merupakan salah satu makanan tradisional yang sudah ada sejak jaman dahulu, khususnya di Kota Bandung.

5. Usaha Ternak Hewan Ikan

Usaha Ternak Hewan Ikan Hias
Photo by Madison Inouye from Pexels

Rekomendasi bisnis ternak hewan yang berikutnya adalah usaha ternak ikan. Salag satu yang menguntungkan adalah ikan hias. Untuk usaha yang satu ini, bisa dibilang sebagai usaha ternak menguntungkan di lahan sempit. Sebab anda hanya membutuhkan akuarium saja sebagai modal utama.

Beberapa jenis ikan seperti ikan arwana, ikan mas koki, ikan berta dan ikan cupang memiliki daya tarik tersendiri di mata penghobinya. Bahkan ada banyak ikan yang berhasil dijual hingga harga 3 juta per ekornya.

Selain ikan hias, Anda juga bisa membudidayakan ikan konsumsi, misalnya usaha budidaya gurame, lele, mujair, dan lain-lain.

Yang terpenting dalam membuat ternak ikan adalah sirkulasi air yang baik. Jadi, anda perlu memastikan listrik di rumah anda kuat untuk digunakan oleh mesin pompa air selama 24 jam.

Sebab berkaca dari kejadian mati lampu yang lama yang pernah terjadi, ada banyak pengusaha ikan hias yang menanggung rugi puluhan juta karena mesin pompa airnya tidak bisa menyala.

6. Usaha Ternak Kura-Kura

Usaha Ternak Kura-Kura
Photo by Arun Thomas from Pexels

Berikutnya anda juga bisa membuat usaha berternak kura-kura. Mungkin anda belum tahu bahwa di Indonesia, kura-kura merupakan salah satu binatang yang paling diminati.

Baik kura-kura darat maupun kura-kura air. Sama-sama memiliki daya tarik khusus untuk para pencinta binatang bertempurung ini. Bahkan ada salah satu jenis kura-kura sulcata bisa dijual dengan harga lebih dari 3 juta per ekornya.

Namun bisnis ternak hewan yang satu ini mungkin agak sulit. Sebab kura-kura hanya bisa bertelur di tempat tertentu saja. Dan tiap telur yang dihasilkan belum tentu bisa menetas secara alami, kecuali bila dibantu dengan alat incubator.

7. Usaha Ternak Jangkrik dan Kroto

Usaha Ternak Jangkrik dan Kroto
Photo by Miguel Á. Padriñán from Pexels

Dan rekomendasi bisnis ternak hewan yang terakhir adalah bisnis ternak jangkrik dan kroto. Usaha ini merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil. Biasanya anda hanya membutuhkan rak kayu untuk menempatkan jangkrik maupun kroto.

Bisnis ini juga tergolong salah satu ternak yang mudah dan murah. Sebab untuk merawat kroto, anda hanya perlu memberi makan berupa larutan gula saja. Sedangkan untuk angkrik hanya diberi pakan berupa dedaunan kering.

Nah, demikianlah beberapa rekomendasi bisnis ternak hewan yang bisa anda jalani. Bila anda suka merawat binatang, membuka usaha ternak hewan bisa menjadi penyalur kesukaan anda terhadap binatang untuk menghasilkan uang.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *