9 Aktivitas Positif Sebelum Tidur agar Besok Jadi Lebih Baik

Aktivitas Positif Sebelum Tidur

Padatnya aktivitas yang dilakukan dari pagi sampai sore hari biasanya menyebabkan rasa lelah dan kantuk yang cukup berat menyerang di malam hari. Dengan rasa lelah dan kantuk yang cukup berat ini dapat membuat kebanyakan orang ingin cepat-cepat terlelap dalam tidur. Padahal masih ada banyak hal-hal ringan yang sangat positif jika dilakukan saat malam hari sebelum tidur.

Bahkan, kebanyakan orang-orang sukses melakukan hal-hal positif sebelum tidur yang sangat berpengaruh terhadap hidupnya. Ini sudah terbukti dengan berbagai riset. Tidak ada salahnya kan kamu mencoba beberapa aktivitas positif sebelum tidur yang biasanya sering dilakukan oleh orang-orang sukses?

Percaya atau tidak, hal ini tentunya juga akan membawa pengaruh besar terhadap kehidupan. Nah, kira-kira apa saja sih hal-hal positif yang biasanya dilakukan sebelum tidur? Banyak. Untuk itu, coba kamu simak beberapa penjelasannya di bawah ini!

1. Mengevaluasi Diri

Tak ada langkah yang cukup penting untuk menggapai hari esok yang lebih baik kecuali dengan mengevaluasi diri setiap harinya. Seharian penuh kamu melakukan berbagai aktivitas, baik sendirian maupun aktivitas yang bersinggungan dengan orang lain. Dan semuanya tidak akan lepas dari kesalahan.

Ada baiknya, sebelum kamu tidur, kamu mengevaluasi apa yang telah kamu lakukan hari ini. perbaiki segala kesalahan yang telah terjadi hari ini. Tidak hanya itu, kamu juga harus menghitung hal baik apa saja yang telah berhasil kamu capai hari ini. Semuanya harus kamu evaluasi demi mencapai hari yang lebih baik untuk besok.

2. Berkumpul dengan Keluarga

Keluarga merupakan orang-orang terdekat dan terpenting dalam kehidupan. Setelah seharian bekerja, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk sekedar mengobrol dan berbagi cerita tentang yang telah dilakukan hari ini. Ini akan membantu kamu dalam mengurangi rasa lelah dan beban yang ditanggung.

Setidaknya, hal tersebut juga mampu mengurangi rasa rindu kamu terhadap mereka setelah seharian tidak sempat berbincang. Sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga, sekalipun hanya 5 menit saja. Ini juga memberikan efek positif tentang kebersamaan sebuah keluarga.

3. Melakukan Hal yang Menenangkan Pikiran

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan pikiran, seperti melakukan meditasi, atau berjalan-jalan keluar rumah sejenak untuk menikmati kesejukan malam. Dengan melakukan kedua hal ini, otak akan kembali fresh setelah seharian digunakan untuk berpikir dan menyelasaikan beberapa permasalahan.

Kamu hanya tinggal memilih antara keduanya, ingin memilih meditasi atau jalan-jalan. Keduanya tetap memiliki fungsi yang sama. Yang terpenting, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dari keduanya. Dengan otak yang kembali fresh sebelum tidur, kamu akan kembali siap menghadapi tantangan di besok harinya.

4. Membaca Buku Positif

Tidak bisa dipungkiri bahwa membaca buku akan menambah wawasan seseorang. Banyak orang-orang hebat di dunia yang terlahir dari kesenangannya membaca buku. Dan kebanyakan dari mereka membiasakan diri membaca buku sebelum tidur, sekalipun hanya setengah jam.

Nah, bagaimana jika kamu juga mencobanya? Tidak ada salahnya kan? Mulai malam ini, cobalah membaca buku selama 10 menit sampai 15 menit sebelum tidur. Tentu buku yang dibaca usahakan bacaan yang positif. Dengan begitu, apa yang kamu baca akan ikut terbawa ke alam bawah sadar kamu ketika tidur.

5. Menulis Beberapa Hal

Selain membaca, aktivitas positif lain yang bisa kamu coba lakukan sebelum tidur ialah menulis. Menulis ini bisa menulis tentang apa saja yang ada di pikiran kamu, seperti unek-unek, rencana untuk hari esok, atau sebagainya. Menulis unek-unek sebelum tidur akan membantu kamu untuk menjernihkan pikiran.

Setelah kamu menulis semua unek-unek, kamu akan merasa lebih plong, karena apa yang mengganjal dalam pikiran sudah kamu keluarkan melalui tulisan. Secara tidak langsung, kamu sudah menuangkan hal-hal yang mengganjal ke dalam tulisanmu. Dan itu tentunya akan memberikan efek yang positif terhadap kehidupanmu.

6. Menentukan Target Harian

Setelah kamu mengevaluasi diri seperti yang disebutkan di atas, ada baiknya kamu mulai merancang apa yang menjadi targetmu di hari esok. Dengan catatan, kamu harus memperbaiki dan terus meningkatkan apa yang kurang dari hari ini. Dengan begitu, target pencapaian hari esok akan bisa lebih baik dari hari ini.

Dengan menentukan target harian, ini akan memudahkan kamu untuk melakukan aktivitas besok. Jadi, kamu akan memiliki tujuan yang jelas untuk aktivitas esok harinya. Bukankah orang bijak mengatakan bahwa mencapai hal yang besar harus dimulai dari hal-hal kecil yang harus kamu capai setiap harinya.

7. Berangan-angan Atas Impian

Berkhayal atau berangan-angan tidaklah baik jika dilakukan secara berlebihan. Jika sebelum tidur kamu berangan-angan mencapai sesuatu yang kamu impikan, itu tidaklah buruk. Bahkan hal itu bisa memberikan dampak positif bagi kehidupanmu. Percaya atau tidak, berangan-angan tentang impian sebelum tidur akan menambah semangatmu.

Pada faktanya, orang-orang hebat di dunia bermula dari impian yang selalu mereka bawa kemana-mana. Mereka tidak pernah lepas dari apa yang mereka impikan. Dengan berangan-angan tentang impian sebelum tidur, secara tidak langsung kamu membawa impianmu ke dalam alam bawah sadarmu. Dengan begitu, impian itu akan mengakar dalam jiwa kamu, dan semangatmu akan bersumber dari impian tersebut.

8. Menjauhi Gadget

Berada di dekat gadget akan membuatmu terbius untuk selalu memainkannya, termasuk sebelum tidur. Jika kamu sudah berhadapan dengan gadget, biasanya kamu akan lupa waktu. Dan pada akhirnya waktu tidur yang kamu miliki akan berkurang dan juga kualitas tidur yang kamu dapatkan tidak akan maksimal.

Selain itu, berdekatan dengan gadget juga akan memancing kamu untuk menjelajah dunia maya, apalagi media sosial. Seperti yang kita ketahui, saat ini di media sosial sangat marak informasi-informasi negatif. Jika kamu bermain media sosial sebelum tidur, dikhawatirkan hal-hal negatif yang kamu temui di media sosial akan terbawa ke pikiran yang membuat kamu susah tidur.

Baca Juga: Susah Tidur ? 9 Cara Mengatasi Sering Susah Tidur Malam

9. Membersihkan Diri Terlebih Dahulu

Tubuh yang lelah setelah seharian bekerja juga butuh dimanjakan. Nah, bagaimana cara memanjakan tubuh? Salah satu caranya ialah dengan membersihkan tubuh sebelum tidur. Dengan tubuh dalam keadaan bersih, kualitas tidurmu akan baik. Karena hal ini akan memberikan sinyal psikis kepada pikiranmu agar segera tidur.

Yah, bagaimana tidak, keadaan tubuh yang bersih akan selalu memberikan kenyamanan. Jadi, sebelum kamu tidur, hendaknya mencuci kaki dan tangan, membasuh muka serta menggosok gigi terlebih dahulu. Selain efek psikis, secara ilmu medis ini tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi, itulah beberapa aktivitas positif yang dapat kamu lakukan sebelum tidur. Apakah kamu masih belum percaya bahwa beberapa hal positif di atas akan memberi dampak posiftif yang luar biasa untuk hidupmu? Percaya atau tidak, kamu harus mencoba untuk membuktikannya sendiri mulai malam ini! Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here