in

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Mempertahankan Hubungan dengan Pasangan

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Mempertahankan Hubungan dengan Pasangan
Photo by Ryan Jacobson on Unsplash

Kata siapa hubungan yang langgeng sampai ke pernikahan selalu adem ayem tanpa konflik? Jika kamu sempat berpikir begitu saat melihat pasangan lain pamer kemesraan di media sosial, atau mendapati hubungan yang mereka jalani bertahan sangat lama hingga ke jenjang pernikahan, maka kamu pasti telah melewati sesuatu. Tidak ada satu pun hubungan yang tidak ada konflik didalamnya. Meskipun mungkin pelakunya sangat pandai menutup konflik hubungan mereka. lalu mencari solusi dari konflik tersebut, dan ternyata konflik yang mereka hadapi tidak cukup kuat untuk menghancurkan hubungan mereka.

Setiap pasangan memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Hanya saja mereka menghadapi dengan cara berbeda, tidak mengumbar, dan beberapa fokus untuk saling memperbaiki diri. Jadi, jika saat ini kamu sedang menghadapi masalah dengan pasangan, jangan buru-buru mengambil kesimpulan bahwa kalian sudah tidak cocok lagi. Konflik yang terjadi tidak serta-merta akan membawa kalian menuju perpisahan. Konflik terjadi untuk menguji seberapa kuat kalian saling menggenggam tangan menghadapinya, seberapa mampu kalian berdiri dan saling merangkul daripada memilih pergi.

Beberapa pasangan memilih bertahan meski diterjang konflik berat sekali pun tidak pernah berpikir bahwa berpisah adalah satu-satunya jalan. Alasan untuk tetap bertahan kadang jadi pengingat setiap ada masalah yang menimpa. Nah, mungkin hal ini bisa membuat kalian yang sedang memiliki masalah dengan pasangan untuk berpikir kembali. Apa aja sih alasan yang mungkin bisa membuat kita bertahan dengan pasangan? Penulis akan share beberapa alasannya.

1. Mau berjuang bersama

Pasangan mau berjuang bersama
Photo by Alex Iby on Unsplash

Apa pun permasalahan kalian, setidaknya dia mau berjuang untuk menyelesaikannya bersama. Mungkin kamu berpikir bahwa semuanya tidak mudah untuk saat ini. Mungkin kamu pun tidak ingin menyeretnya ke dalam permasalahanmu, lalu berpikir bahwa berhenti adalah jalan satu-satunya. Sudah saatnya kamu berhenti berpikir demikian. Jika dia mau berjuang untukmu, mau menggenggam tanganmu untuk keluar dari masalah, maka alasan untuk berpisah dengannya bukanlah jalan terbaik.

Seseorang yang mau berjuang bersamamu tidak mungkin untuk mencoba bermain-main. Dia pastinya serius ingin bersamamu. Maka saatnya kamu fokus untuk permasalahan atau konflik kalian dan hadapilah bersama. Bukankah berjuang bersama lebih mudah daripada sendirian? Kamu jadi punya teman berdiskusi, sandaran, dan teman cerita. Kalian jadi lebih dekat dan saling memahami saat berjuang menghadapi masalah bersama-sama.

2. Selalu punya cara membuatmu tenang

Kita akan selalu butuh dengan orang yang selalu membuat kita nyaman jika ada di dekatnya. Seberat apapun masalah kita, dia akan selalu punya cara untuk membuat kita tenang. Mungkin dia punya banyak sekali kekurangan, tapi itu semua akan tertutupi dengan caranya memperlakukan kita.

Missal saat sedih dia tahu cara membujuk agar kita lupa dengan kesedihan. Dia tahu cara memperhatikan kita agar kita tidak merasa sendirian. Jika sudah begini dia pasti tahu hal-hal apa yang tidak kita sukai dan dia pasti akan menjaga kita dari itu.

Orang yang berusaha membuat kita tenang akan kalah dengan orang yang punya kesempurnaan namun ia tidak perduli dengan kita. Jadi, butuh alasan apa lagi jika orang yang mampu menenangkanmu dalam susah sedihmu, saat ini ada di sampingmu. Pertahankan seseorang itu, jangan mencari-cari alasan untuk pergi hanya karena satu kesalahannya yang masih bisa ditutupi dengan kebaikannya.

3. Pasangan berusaha selalu ada untukmu

Mungkin rasa bosan kerap kali datang dan membuatmu meragu akan hubungan kalian. Kesalahan dalam hubungan juga membuat kalian hampir menyerah. Tapi lihatlah kembali pasanganmu. Apakah berpisah memang jalan yang kalian inginkan berdua? Atau hanya keraguan sementara yang melintas di benakmu?

Meskipun hubungan kalian sedang dalam masalah, tapi pasanganmu tidak mau meninggalkanmu sendirian. Bahkan dia tidak rela kamu membagi cerita kepada selain dirinya. Dia selalu berusaha untuk selalu ada di sampingmu. Dia memberikan segala yang ia mampu, dia mengorbankan yang ia punya untukmu, untuk hubungan kalian. Kalau begitu, apa lagi yang kamu cari? Jika kalian berdua memang tak siap untuk saling meninggalkan?

4. Kalian selalu punya cara untuk saling memaafkan

Hubungan yang harus dipertahankan pasti ditandai dengan poin ini. Bagaimana tidak? Jika kalian masih punya alasan dan cara tersendiri untuk saling memaafkan satu sama lain, berarti kalian masih punya alasan untuk terus bersama, bukan?

Sikap saling memaafkan akan membuat pasangan lebih bisa menghargai satu sama lain. Dengan kalian bisa memaafkan pasangan, membuat hubungan jadi lebih hangat. Jika bisa memaafkan kesalahan pasangan, berarti kalian paham bahwa kesalahan atau permasalahan dalam hubungan masih punya cara untuk dibicarakan secara baik-baik dan akan menemukan titik terang.

Biasanya, pasangan yang tahu cara minta maaf dan pandai memberi maaf akan lebih langgeng dalam hubungan. Karena meminta maaf tidak mudah bagi sebagian orang. Kebanyakan orang merasa gengsi sehingga sulit meminta maaf. Hal ini biasanya berujung pada perpisahan karena tidak tahu cara menyikapi masalah dan berdiri di atas egoisme masing-masing.

Baca Juga: Minta Maaf dengan 8 Cara ini Untuk Meluluhkan Hati Pasangan

5. Perasaan saling peduli dan takut kehilangan

Tidak ada yang lebih hebat dan dapat diandalkan selain perasaan peduli dari pasangan. Kita boleh saja mengabaikan dan merasa tidak butuh saat ada masalah dalam hubungan. Tapi percayalah, perasaan peduli dan takut kehilangan yang muncul di hati satu sama lain akan membuat kita berpikir kembali untuk melepaskan. Sebab kita tidak bisa mengatur siapa yang akan peduli kepada kita. Maka bersyukurlah jika pasangan masih begitu memperdulikan dan takut akan kehilangan kita.

Perasaan tersebut tidak muncul begitu saja, artinya pasangan benar-benar sudah fix dan kalian layak untuk mempertahankan hubungan kalian. Fokuslah untuk memperbaiki masalah dan jangan lagi cari cela di diri pasangan. Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, tapi perasaanlah yang tidak dapat dibohongi. Jika karena satu kesalahan kalian akan saling meninggalkan, maka pasti ada seribu alasan untuk tetap bertahan.

6. Perasaan Cinta yang tidak bisa dibohongi

Apa lagi yang akan menguatkan kalian selain cinta yang masih tumbuh untuk satu sama lain? Jika permasalahan-permasalahan tersebut masih bisa kalian hadapi karena alasan kalian masih saling mencintai, maka kekuatan cinta itulah yang akan jadi tameng untuk kalian. Cinta seperti memiliki kekuatan yang bisa mengalahkan segala rintangan. Cinta memberikan energy positif bagi orang yang terjatuh untuk bangkit kembali. Apalagi jika kalian berdua bisa berpegang pada kekuatan cinta kalian.

Meski masing-masing dari kita memiliki kekurangan, atau masalah yang rasanya sukar untuk diatasi, maka kekuatan cintalah yang akan membangkitkan gairah kalian untuk tidak saling melepaskan. Semua masalah kadang akan termaafkan hanya dengan satu kata, yaitu CINTA. Cintalah yang memiliki peran besar untuk kalian mempertahankan hubungan.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *