in

Inilah 9 Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta, Sadar Gak Sih?

9 Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta, Sadar Gak Sih?

Cinta? Mungkin hampir semua orang mengenal cinta tapi tidak semuanya mengerti apa itu definisi cinta. Secara umum, cinta diartikan sebagai suatu emosi atau perasaan kasih sayang, belas kasih dan kebaikan yang ada pada dalam diri seseorang yang ditujukan kepada orang lain.

Ada banyak definisi tentang cinta dari berbagai tokoh. Menurut Ashley Montagu, Cinta adalah sebuah perasaan memperhatikan, menyukai, menyayangi secara mendalam yang disertai dengan rasa rindu serta hasrat kepada sebuah objek. Sedangkan Cinta menurut James Drever adalah sebuah perasaan khusus yang mana berkaitan dengan kesenangan yang menyangkut sebuah objek.

Definisi cinta memang berbeda-beda bahkan kamu juga bisa mengartikan cinta menurut pendapatmu sendiri. Saat jatuh cinta, mungkin kamu akan merasa ada sesuatu yang berbeda dalam diri kamu. Saat sedang jatuh cinta, ada banyak perasaan yang muncul mewarnai hati dan pikiran.

Nah, berikut adalah beberapa tanda sedang jatuh cinta yang mungkin tidak kamu sadari. Apa saja?

1. Jantung Berdetak Kencang

Images by Pixabay

Mungkin jantungmu akan berdetak kencang ketika kamu sedang memikirkan seseorang yang kamu cintai. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, Davis, menunjukkan bahwa hati pasangan mulai berdetak pada tingkat yang sama ketika mereka jatuh cinta.

Selain itu, jantungmu juga akan berdetak kencang saat bertemu dengan seseorang yang kamu cintai. Saat melihat orang yang dicinta biasanya jantung akan berdebar-debar dan perasaan jadi tidak menentu. Hal tersebut juga berkaitan dengan gairah fisiologis secara keseluruhan. Biasanya dimulai dengan detak jantung yang meningkat dan tubuh berkeringat.

“Ketika Anda melihat orang yang dicintai maka jantung akan mulai berdetak lebih cepat, hal ini karena adanya hormon adrenalin yang keluar,” ujar Dr Reginal Ho, seorang profesor kedokteran dari Thomas Jefferson University Hospital di Philadelphia, Pennsylvania

2. Kamu Ingin Dia Bahagia

Images by Pixabay

Ketika kamu jatuh cinta, kebahagiaan seseorang yang kamu cintai menjadi sangat penting. Apa yang disebut “cinta kasih” dapat menjadi salah satu tanda terbesar dari hubungan yang sehat. Itu artinya kamu bersedia berkorban hanya untuk membuat kehidupannya lebih mudah dan bahagia.

Kamu berpikir bahwa kamu siap untuk membuat pengorbanan apa pun yang diperlukan agar dia bahagia. Kamu juga memikirkan cinta yang tidak memiliki syarat dan cinta yang tidak meminta imbalan apa pun. Bagi kamu, cinta selalu menempatkan kebutuhan orang yang kamu cintai lebih penting dibanding kebutuhan kamu sendiri, sekalipun itu membuat kamu tidak bahagia.

3. Tidak Bisa Berhenti Memikirkan Dia

Images by Pixabay

Dilansir dari situs independent.co.uk Jika kamu mencintai seseorang, kamu mungkin akan terus memikirkannya bahkan tidak bisa melupakannya. Hal ini karena otak melepaskan phenylethylamine, alias “obat cinta”. Ketika kamu jatuh cinta dengan seseorang, hormon ini menciptakan perasaan tergila-gila dengan dirinya.

Mungkin kamu akan sering memikirkan tentang dia. Hubungan antara kamu dan dia seperti sesuatu yang berbeda dan belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Semakin sering kamu memikirkan tentang dirinya membuat kamu ingin segera bertemu dan menghabiskan waktu bersamanya.

4. Merasakan Empati

Merasakan Empati
Images by Pixabay

Ketika kamu sedang jatuh cinta,kamu mulai melihat perbedaan. Jadi ketika dia terluka, gugup atau sangat bersemangat tentang sesuatu seperti diterima di sekolah atau program yang benar-benar dia inginkan, maka kamu akan mengalami perasaan yang sama seperti dia. Merasakan empati terhadap seseorang yang dicintai juga membuat kamu ingin berkorban kecil untuk dia. Hal-hal kecil seperti itu tidak terlalu mengganggu kamu untuk orang yang kamu cintai.

5. Kamu Memberikan Respon yang Cepat

Kamu Memberikan Respon yang Cepat
Images by Pixabay

Mungkin kita sangat terpaku pada smartphone bahkan hampir setiap hari kita selalu menggunakan smartphone. Saat kamu sedang jatuh cinta, kamu akan memberikan respon yang chat pada seseorang yang kamu cintai. Bahkan kamu tidak segan untuk membalas pesan chat atau telpon darinya hanya dalam waktu yang singkat.

6. Mencoba Hobi Baru

Mencoba Hobi Baru
Images by Pixabay

Kamu mulai mencoba hobi baru yang sama sekali tidak kamu suka sebelumnya. Kamu melakukannya karena orang yang kamu cintai menyukai hobi tersebut. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mencoba hobi baru bersama membantu menjaga keharmonisan.

“Daripada mengunjungi tempat yang sama dan makan bersama dengan teman-teman lama yang sama, pasangan perlu menyesuaikan kencan malam mereka di sekitar kegiatan baru dan berbeda yang mereka berdua nikmati,” kata Arthur Aron, seorang profesor psikologi sosial di Universitas Negeri New York di Stony Brook.

7. Kamu Selalu Merindukan Dia

Kamu Selalu Merindukan Dia
Images by Pixabay

Hampir semua orang pasti pernah merasakan rindu. Rindu adalah perasaan yang sulit ditebak kapan datangnya dan kepada siapa ia akan berlabuh. Saat rasa rindu muncul, kamu merasa sangat ingin bertemu dengan dia. Ketika kamu jatuh cinta pada seseorang, kamu merasa ingin selalu berada di dekat dia sepanjang waktu. Seorang penulis bernama Monica Adams memberikan definisi tentang rindu.

“Mengatakan ‘Aku mencintaimu’ kepada seseorang bisa mudah. Jika kamu merindukan seseorang, itu adalah emosi yang kamu rasakan dalam jiwamu.”

8. Ingin Mengatakan ‘Aku Cinta Kamu’

Ingin Mengatakan ‘Aku Cinta Kamu’
Images by Pixabay

Mungkin terdengar konyol bahwa ingin mengatakan ‘Aku mencintaimu’ kepada dia adalah tanda jatuh cinta. Banyak orang ragu bertindak berdasarkan emosi ini. Sebenarnya hal ini bisa terjadi dimana saja. Ketika kamu berada di supermarket, bisa saja tiba-tiba kamu dikejutkan oleh keinginan untuk mengucapkan tiga kata kecil tersebut.

Ada beberapa statistik yang mendukung siapa yang lebih cenderung mengatakan ‘Aku mencintaimu’ terlebih dahulu. Menurut sebuah penelitian, yang menentang gagasan bahwa wanita cenderung lebih romantis, terungkap bahwa pria lebih cenderung mengatakan “Aku cinta kamu dulu”. Bukan hanya itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa pria cenderung jatuh cinta lebih cepat daripada wanita.

Baca Juga: Ini 8 Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

9. Kamu Mencoba untuk Mengesankan

Kamu Mencoba untuk Mengesankan
Images by Pixabay

Insentif adalah apa yang mendorong orang untuk mengesankan orang lain. Sama seperti bagaimana seseorang mencoba untuk mengesankan atasannya untuk mendapatkan promosi atau mengesankan para juri untuk menang dalam suatu kontes, ia juga mencoba yang terbaik untuk mengesankan orang yang ia cintai.

Semua untuk mendapatkan perhatian positif yang begitu manis . Itu sebabnya setiap kali kamu melakukan semua yang kamu bisa untuk menjadi lucu, keren, atau langsung menarik untuk menyenangkan seseorang, tanyakan pada diri sendiri: mengapa? Apakah itu karena kamu mulai naksir orang itu?

Cinta dapat dipahami dengan baik dari pengalaman, dan untuk mengalaminya, seseorang harus jatuh cinta terlebih dahulu. Namun, kadang-kadang mungkin sulit untuk mengatakan jika memang kita sudah jatuh cinta.

Kita harus memperhatikan tanda-tanda yang kita lihat terutama dari dalam diri kita, dan sejak saat itu menentukan, apakah seseorang benar-benar memikat kamu dengan cara yang istimewa. 

Nah, itulah beberapa tanda jatuh cinta. Apakah kamu pernah mengalami salah satu tanda tersebut? 

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *