Apa Arti Kata Introvert – Pengertian dan Definisi dari Introvert

0
Introvert

Introvert adalah sebuah istilah yang berasal dari Bahasa Inggris yaitu Introversion, yang istilah ini pertamakali dicetuskan oleh seorang psikolog Carl Jung (1920), dalam bukunya berjudul Psychologische Typen.

Lalu apa makna dan arti dari kata Introvert? Secara umum, introvert adalah salah satu pengelompokan kepribadian manusia yang mana mereka lebih suka menyendiri, biasanya cenderung pendiam, suka merenung, dan lebih peduli tentang pemikiran mereka dalam dunia mereka sendiri.

Manusia dengan kepribadian introvert cenderung menutup diri dari dunia luar. Mereka analitis sebelum berbicara, merasa kurang nyaman apabila terlalu banyak pertemuan atau keterlibatan sosial, dan lebih senang bekerja sendirian, serta lebih suka berinteraksi secara 1 on 1 interaction.

Keunggulan dari tipe kepribadian ini adalah mereka berpikir dulu sebelum berbicara atau melakukan sesuatu, mereka adalah pendengar yang baik, dan bersikap analitis.

Demikian makna pengertian dan definisi dari arti Introvert berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online dan sumber lainnya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here