in

Keuntungan Beli Hosting Gratis SSL dan Tips Digital Marketing Optimal

Keuntungan Beli Hosting Gratis SSL dan Tips Sukses Mengelola Website

Penyedia layanan web hosting saat ini semakin mudah didapatkan. Mereka juga sudah menyediakan layanan yang berkualitas dan bisa dipercaya. Sebelum membeli layanan tersebut, tentu Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah SSL. Apa itu SSL dan seperti apa cara beli hosting gratis SSL yang bisa dilakukan?

Pengertian SSL

SSL adalah kependekan dari Secure Sockets Layer. Ini merupakan sebuah protokol keamanan yang akan berpengaruh pada akses website Anda. Teknologi ini bertugas membuat sambungan antara server dengan klien menjadi terenkripsi.

Berbagai informasi penting milik klien seperti email, nomor rekening, dan lain sebagainya dapat terkirim dengan aman berkat adanya teknologi ini.

Baca juga: Apa itu UI dan UX? Inilah 7 Hal Penting yang Harus Diketahui Tentang UI dan UX

Semua data klien akan dienkripsi oleh sistem SSL sehingga tidak bisa diakses secara sembarangan. Ini tentu menjadi salah satu layanan yang sangat dibutuhkan oleh para pengelola website. Apalagi jika website digunakan untuk keperluan bisnis. Keamanan data dari konsumen jelas akan menjadi prioritas bagi semua pelaku usaha.

Cara Beli Hosting Gratis SSL

Cara Beli Hosting Gratis SSL

Pada dasarnya SSL menjadi fitur penting yang memang harus dimiliki. Bayangkan seperti apa jadinya jika website Anda dijalankan tanpa adanya sistem keamanan ini. Tentu saja data penting milik klien bisa tersebar dan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Lalu, seperti apa cara beli hosting gratis SSL yang bisa Anda lakukan?

  1. Pilih penyedia jasa yang memang memberikan fasilitas sistem SSL gratis untuk menjamin keamanan data milik klien Anda.
  2. Lakukan pembelian paket hosting terlebih dahulu dan selesaikan pembayaran.
  3. Masuk ke area layanan yang sudah disediakan kemudian pilih kelola hosting.
  4. Di laman ini Anda bisa melakukan pengaturan hosting sesuai keinginan.
  5. Pada bagian kolom nama domain dan subdomain bisa Anda tambahkan SSL.
  6. Ikuti petunjuk yang tertera untuk menerbitkan SSL pada website Anda.

Perlu diketahui bahwa setiap penyedia jasa web hosting mungkin memiliki peraturan yang berbeda mengenai cara beli hosting gratis SSL. Anda juga bisa langsung menghubungi customer service untuk mendapatkan bantuan agar sertifikat SSL bisa diterbitkan untuk menjamin keamanan akses website Anda.

Sukses Mengelola Website

Pengelolaan website tentu tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi untuk para pemula yang tidak memiliki pengalaman mengelola website sebelumnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengelola website Anda secara optimal.

1. Penyusunan Konsep yang Jelas

Hal pertama yang harus dipersiapkan dengan baik adalah konsep dari website Anda. Konsep yang baik tentu akan sangat berpengaruh pada kelancaran pengelolaan website tersebut. Tentukan konsep dan tema yang sesuai dengan tujuan website termasuk jangkauan klien Anda.

Konsep ini termasuk pada warna tema yang akan diterapkan, font, serta penyusunan navigasi. Akan jauh lebih baik jika tampilan website dibuat semenarik mungkin namun tetap sederhana dan memudahkan pengunjung melakukan akses.

2. Pemilihan Hosting dan Domain

Dua hal penting yang harus dipersiapkan dengan baik agar website bisa diakses adalah hosting dan domain. Hosting adalah rumah data bagi website Anda nanti. Sementara itu, domain adalah alamat website yang akan Anda gunakan. Dua hal ini bisa Anda dapatkan di berbagai penyedia jasa yang terpercaya.

Baca juga: 3 Cara Adaptasi Marketing Bisnis Online Selama Corona (Covid-19)

Usahakan untuk beli hosting gratis SSL sehingga keamanan data dari klien Anda bisa dijamin aman dan tidak akan disalahgunakan.

Selain itu, banyak lagi hal-hal yang bisa dipertimbangkan saat membeli hosting dan domain. Mulai dari paket harga, kualitas pelayanan, hingga support yang diberikan untuk Anda sebagai pengelola website.

3. Kemudahan dan Keamanan Akses

Pastikan website Anda memiliki kemudahan akses bagi para pengunjung. Coba posisikan diri Anda sebagai konsumen, tentu Anda membutuhkan akses website yang mudah dan tidak ribet.

Selain kemudahan, akses website juga harus dijamin keamanannya. Pilih penyedia layanan hosting yang bisa menjamin kemudahan sekaligus keamanan dari akses website Anda. 

4. Konten yang Menarik

Inilah satu poin penting yang harus diperhatikan untuk website Anda yaitu konten. Penyusunan konten jelas akan sangat berpengaruh pada kesuksesan website Anda.

Berikan konten yang menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung. Sertakan gambar maupun video yang bisa menarik perhatian lebih banyak pengunjung.

Jika website digunakan sebagai media berbisnis dan marketing, maka konten akan memiliki peran yang sangat vital. Tidak hanya menarik, konten juga harus bisa memberikan pengaruh kepada pengunjung untuk melakukan pembelian. 

5. Mendapat Untung Lewat Website

Mengelola website bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Tentu saja keuntungan yang bisa didapatkan berasal dari kesuksesan Anda melakukan digital marketing lewat website.

Pemasaran produk bisa lebih mudah dilakukan dengan adanya website untuk bisnis Anda. Namun, Anda juga bisa mencoba bergabung dengan bisnis afiliasi yang ditawarkan oleh jasa penyedia web hosting.

Baca juga: Apa itu Pemasaran Afiliasi? Panduan Lengkap Pemasaran Afiliasi Bagi Pemula

Saat ini ada banyak penyedia jasa yang memberikan kesempatan bisnis afiliasi bagi Anda sebagai pengguna jasa mereka. Lewat bisnis ini, Anda akan diminta untuk melakukan pemasaran bagi produk atau jasa yang mereka berikan. Anda bisa mendapatkan keuntungan hanya dengan ikut memasarkan produk tersebut. 

6. Pilih Jasa Web Hosting yang Tepat

Jelas sekali bahwa layanan web hosting yang Anda pilih harus tepat agar bisa memberi keuntungan yang optimal. Setiap penyedia jasa tentu akan memberikan penawaran yang menarik. Namun, ingatlah untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini

7. Penawaran Harga

Temukan penyedia layanan yang memberikan penawaran harga terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Bandingkan harga awal pembelian layanan dengan harga perpanjangan. Ini bisa dijadikan bahan pertimbangan jika Anda memang ingin menggunakan layanan hosting untuk jangka waktu yang lama.

8. Garansi

Pilih penyedia jasa yang memberikan garansi pemakaian sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan aman.

Biasanya Anda akan diberikan garansi uang kembali untuk pemakaian selama 30 hari. Coba cari tahu lebih jauh seperti apa jaminan garansi yang diberikan dan bagaimana peraturannya.

9. Jaminan Keamanan

Faktor penting yang harus sangat diperhatikan saat akan memilih layanan web hosting dan domain adalah keamanan.

Pilih penyedia jasa yang sudah terbukti kredibel dan bisa menjamin keamanan Anda serta website yang Anda kelola. Hal ini tidak hanya berpengaruh bagi diri Anda sebagai pengelola website namun juga bagi pengunjung atau klien Anda.

10. Support

Pilih penyedia jasa yang bisa memberikan dukungan penuh selama 24 jam untuk website Anda.

Jika terjadi trouble sewaktu-waktu, maka masalah tersebut bisa segera diatasi karena adanya support selama 24 jam. Dengan begitu akses website Anda bisa dilakukan dengan lancar kapan saja dan di mana saja.

11. Kelancaran Akses

Pastikan bahwa paket hosting yang Anda pilih sudah memberikan kelancaran akses yang optimal.

Jangan sampai akses website mengalami kendala karena penyedia web hosting yang Anda pilih tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Pilih paket hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan website.

Baca juga: 10 Persiapan Sebelum Anda Membangun Blog yang Sukses

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diketahui mengenai beli hosting gratis SSL dan tips digital marketing yang optimal.

Pengelolaan website tentu bisa dilakukan dengan baik selama Anda memperhatikan beragam aspek yang mempengaruhinya. Lakukan evaluasi secara berkala sehingga website tetap bisa diakses dan memberikan pelayanan yang memuaskan.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *