in

Hubungan Diujung Tanduk. ini 7 Tips Menghindari Stress agar Tidak Berakhir Putus

Hubungan Diujung Tanduk. ini 7 Tips Menghindari Stress agar Tidak Berakhir Putus

Ketegangan dalam hubungan bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya akibat stress yang timbul pada diri sendiri maupun pasangan. Stress merupakan ketegangan fisik, psikis, maupun mental yang membuat suasana hati dan hubungan sosial bisa berantakan. Ketegangan membuat cemas, gampang marah, dan bawaannya pengen emosi terus.

Kalau keadaannya sudah seperti ini, bukan nggak mungkin hubungan dengan pasangan juga tegang. Stress yang berlarut dan sulit untuk diredakan bisa memicu pertengkaran dengan pasangan. Imbasnya bukan cuma kepada diri sendiri aja nih, tapi imbasnya bisa ke hubungan asmara juga. Kalau dibiarin dan terus dilawan tanpa solusi, fatalnya bisa berakhir putus.

Wah cukup berbahaya juga ya. karena tekanan bisa membuat hubungan kandas. Salah satu solusi untuk meredakan stress yaitu mencari jalan tengah dan salah satu harus ada yang bisa memahami. Biasanya tipikal meredakan stress orang-orang cukup berbeda. Misalnya cowok jika stress cenderung lebih tenang dan paham apa yang mesti dilakukan. Berbeda dengan cewek yang biasanya panik duluan.

Sebelum tekanan stress memicu perpecahan dalam hubungan, sebaiknya kamu kenali hal-hal yang dapat memicu terjadinya stress dan cara menghindarinya agar tidak berakibat putus dan membuatmu menyesal nantinya. Berikut 7 cara menghindari stress yang bisa anda praktikkan dengan serius bersama pasangan.

1. Peka terhadap keadaan masing-masing

Peka terhadap keadaan masing-masing
Photo by pexels

Kehidupan manusia memang nggak ada yang selalu mulus. Pasti ada saja hal-hal yang membuat kita tertekan. Seperti masalah keluarga, pekerjaan, karena sakit, atau lingkungan sekitar. Jika stress sudah melanda, akan berdampak terhadap kehidupan sehari-hari maupun orang-orang terdekat.

Penting rasanya untuk mengetahui dan mem-breakdown terlebih dahulu hal yang bisa memicu stress terutama pada diri kita sendiri. Sebelum mengganggu orang lain dan berimbas pada hubungan, kita harus pandai memahami dan peka terhadap segala jenis tekanan yang mulai menghampiri. Jika kita sudah tahu bahwa kita mengalami stress dan penyebab stress tersebut, kita bisa mencari tahu cara terbaik untuk meredakannya.

2. Me time dan merenungi permasalahan yang memicu stress

Me time dan merenungi permasalahan yang memicu stress
Photo by pexels

Apapun penyebab stress yang kamu hadapi, melakukan me time untuk merenung adalah langkah terbaik yang bisa kamu ambil untuk meredakan stress dan terhindar dari pertengkaran dalam hubungan. Misalnya stress yang kamu hadapi berasal dari lingkungan pekerjaan, maka hindari dulu pekerjaanmu dan ambil jeda untuk merenung.

Jika stress berasal dari tekanan dalam hubungan asmara, juga nggak ada salahnya kamu mengambil break beberapa hari untuk me time. Quality time yang bisa kamu nikmati seorang diri nggak cuma untuk merenung, tapi memberikan energi baru yang lebih positif. Dengan begitu, kamu bisa memikirkan solusi untuk masalah dan meredakan stress.

Selain menghibur, anjurkan juga hal yang sama kepada pasangan jika pasangan kamu dilanda stress. Jangan gampang untuk bilang putus ya, meski pun sedang dalam tekanan besar. Semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya kok.

3. Mencoba hal baru bersama

Mencoba hal baru bersama
Photo by pexels

Langkah selanjutnya yang bisa kamu praktikkan adalah menghibur diri bersama pasangan. Stress bisa saja terjadi karena kejenuhan ditambah munculnya permasalahan-permasalahan kecil. Jika kamu sudah memahami ini, maka ambillah tindakan nyata untuk mengembalikan keadaan menjadi normal kembali.

Setelah mengambil jeda sebentar, ajaklah pasangan untuk melakukan hal baru yang tidak pernah kalian lakukan sebelumnya. Traveling berdua misalnya. Hal ini cocok kalian coba untuk mendapatkan suasana baru, sambil mempererat hubungan dan menambah keharmonisan. Menonton konser musik favorit, menonton film romantis, atau sekedar melihat pemandangan dari rooftof sambil membicarakan hal-hal kecil yang memotivasi hubungan.

4. Singkirkan keegoisan

Singkirkan keegoisan
Photo by pexels

Ingatlah bahwa bukan cuma kamu saja yang memiliki masalah dan bisa stress. Pasanganmu juga mungkin sedang menghadapi hal serupa. Terkadang keegoisan kerap kali muncul dan rasa selalu ingin dimengerti bisa datang di saat-saat sedang stress. Nggak masalah sih. Tapi kita juga harus sadar bahwa pasangan juga memiliki perasaan yang jika dituntut untuk terus memahami kita saja pasti akan ada saat jenuhnya.

Coba deh saat stress, singkirkan egoisme perlahan sambil menenangkan diri. Lihatlah wajah pasanganmu yang berusaha menghibur dan selalu ada buatmu. Jangan mentang-mentang sedang stress lantas kamu menjadikannya bahan untuk melupakan emosi. Bisa-bisa nanti jadi sumber permasalahan baru yang lebih besar.

Cobalah bersikap dewasa dengan mengesampingkan emosi pribadi. Nggak ada yang tahu kan kalau pasangan kamu juga sedang menghadapi hal yang serupa. Memahami situasi dan kondisi sekitar juga perlu kamu lakukan meski kamu sedang stress. Terimalah segala bentuk penghiburan dari pasangan agar tekanan yang kamu alami tidak berlarut-larut.

5. Ungkapkan suasana hatimu kepada pasangan

Ungkapkan suasana hatimu kepada pasangan
Photo by pexels

Jika pasangan mencoba untuk ada di dekatmu saat suasana hatimu sedang nggak baik, maka kamu perlu mengutarakannya kepada pasangan. Katakanlah yang sejujurnya kepada pasangan bahwa emosimu sedang naik turun dan ada permasalahan yang membuatmu tertekan. Dengan bercerita yang sejujurnya tentang apa yang sedang kamu alami, akan membuatmu lebih lega dan bisa berpikir dengan jernih.

Pasanganmu pasti juga akan memahami keadaanmu jika kamu mengatakan yang sejujurnya. Daripada marah-marah tidak jelas, bukannya menyelesaikan masalahmu, malah membuat pasanganmu bingung dan mungkin akan memicu pertengkaran di antara kalian. Jangan merasa khawatir dengan menceritakan keadaanmu kepada pasangan, wajar-wajar aja kok namanya juga pacaran bisa dijadikan tempat untuk berbagi pikiran.

6. Melihat masalah dari perspektif berbeda

Melihat masalah dari perspektif berbeda
Photo by pexels

Menghadapi stress nggak melulu dengan sikap yang serius dan membuat pikiran tambah tegang. Masih ada cara lain yang bisa kamu coba, misalnya dengan melihat permasalahan yang kamu hadapi dengan sudut pandang yang berbeda. Dengan begini, pintu untuk penyelesaian akan semakin banyak yang terbuka.

Konflik yang sedang kamu hadapi bersama pasangan pasti memiliki jalan keluar lain selain kata putus. Untuk itu, pandanglah konflik tersebut sebagai bentuk untuk mendewasakan kalian berdua dan membuat kalian semakin tangguh menghadapi berbagai cobaan hidup bersama.

Coba deh jangan hanya fokus dengan permasalahannya saja, ingat lagi kebaikan-kebaikan pasangan dan tantangan-tantangan yang kalian hadapi sebelumnya hingga membuat kalian bisa sejauh ini.

7. Hadapi masalah sebagai satu tim yang kompak

Hadapi masalah sebagai satu tim yang kompak
Photo by pexels

Daripada bertahan dengan keegoisan masing-masing cobalah bicarakan baik-baik solusi untuk konflik yang sedang kalian hadapi. Berhenti menyalahkan satu sama lain dan jadilah partner yang kompak untuk menghadapi masalah bersama-sama. Introspeksi diri dan memikirkan masalah dengan pikiran terbuka.

Apapun jenis stress yang kalian hadapi, tanamkan di pikiran kalian bahwa kalian adalah satu tim yang solid dan mampu mencari solusi bersama-sama. Bukankah segala sesuatu akan menjadi lebih mudah jika diselesaikan bersama?

Nah kamu dan pasangan juga bisa nih membentuk tim yang kompak dan siap menghadapi segala situsi yang mendatangkan stress.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *