in

Arti IMPLEMENTASI adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contoh Implementasi

Arti IMPLEMENTASI adalah: Pengertian, Tujuan, Contoh Implementasi

Kata “Implementasi” mungkin sudah sering anda dengar di media, berita, sekolah, atau pekerjaan, tetapi masih banyak orang yang belum paham apa pengertian implementasi yang sebenarnya. Padahal kata ini sering kali kita katakan ketika sedang membicarakan tentang perencanaan, teori, atau suatu ideologi.

Lalu apa sih pengertian implementasi itu? Kemudian apa contoh dan tujuan implementasi dalam kehidupan manusia? Apakah melakukan implementasi itu sangat penting?

Secara umum, implementasi adalah sebagai menerapkan sesuatu atau mengaplikasikan sebuah idealisme dalam kehidupan maupun pekerjaan. Tapi untuk lebih jelasnya, mari kita bahas saja lebih lanjut mengenai pengertian, tujuan, dan contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan.

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Dalam KBBI, kata “implementasi” bisa diartikan sebagai pelaksanaan atau penerapan. Sedangkan kata “mengimplementasikan” bisa diartikan sebagai melaksanakan atau menerapkan. Selain itu, para ahli juga memiliki pandangan yang beragam terhadap apa yang dimaksud dengan implementasi.

Misalnya menurut Nurdin Usman, implementasi adalah sebagai sesuatu yang bermuara pada aktivitias, tindakan atau aksi yang dilakukan secara terikat oleh mekanisme dan sistematis. Sehingga implementasi tidak bisa dianggap sebagai penerapan atau pelaksanaan biasa, melainkan sebuah penerapan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Bukan hanya Nurdin Usman, para ahli bahasa, bisnis, dan politik yang lain juga punya pandangan masing-masing mengenai arti implementasi. Di antaranya adalah:

1. Solichin Abdul Wahab

Solichin Abdul Wahab berpendapat bahwa implementasi merupakan semua tindakan atau kegiatan yang dilakukan, baik oleh individu maupun berkempok, oleh pemerintah maupun swasta, yang dituntun agar tercapainya tujuan yang telah ditentukan dalam sebuah keputusan kebijakan.

2. Pressman dan Wildavsky

Salah satu cendikiawan sekaligus ilmuwan politik bernama Aaron Wildavsky dan rekannya, Roger S Pressman, juga punya pandangan sendiri terhadap arti implementasi. Menurut mereka berdua, implementasi adalah sebuah tindakan untuk mewujudkan atau menyelesaikan kewajiban maupun kebijakan yang sudah dirancang oleh satu orang maupun kelompok.

3. Budi Winarno

Pengertian implementasi yang berikutnya datang dari salah satu guru besar Universitas Gajah Mada yaitu Budi Winarno. Beliau berpendapat bahwa implementasi adalah tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok orang yang ditunjuk dalam menyelesaikan suatu tujuan yang sudah ditetapkan.

4. Hanifah Harsono

Kemudian menurut Hanifah Harsono, pengertian dari implementasi adalah sebuah proses untuk melaksanakan suatu kebijakan menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi. Pengembangan kebijakan ini di implementasikan dalam menyempurnakan sebuah program.

5. Prof Tachjan

Dan pendapat mengenai arti implementasi yang terakhir datang dari Prof. Tachjan. Beliau memiliki pendapat bahwa implementasi merupakan suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan setelah ditetapkannya sebuah kebijakan.

Merangkum dari kelima ahli bahasa dan politik di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa definisi implementasi adalah sebuah pelaksanaan kegiatan oleh individu maupun kelompok, pemerintah maupun swasta, yang dilakukan setelah ditetapkannya kebijakan atau aturan-aturan tertentu berdasarkan kesepakatan secara sistematis dan terikat oleh mekanisme tertentu.

Implementasi digunakan dalam banyak hal, mulai dari pekerjaan, keagamaan, politik dan pemerintahan bahkan di kehidupan kita sehari-hari. Oleh karena itu, dengan memahami definisi implementasi, diharapkan kita bisa menerapkan aturan-aturan dan kebijakan yang sudah ditentukan dalam kehidupan sehari-hari maupun secara professional.

Tujuan Implementasi

Tujuan Implementasi
Photo by Christina Morillo from Pexels

Tujuan implementasi yang paling utama adalah untuk mencapai target tertentu yang sudah ditetapkan oleh kebijakan tersebut. Namun, tujuan utama implementasi juga bisa diperjelas ke dalam beberapa bentuk. Di antaranya :

  • Untuk menguji dan mendokumentasikan sebuah prosedur dalam menerapkan perencanaan dan kebijakan.
  • Untuk mengetahui kemampuan masyarakat, suatu kelompok, atau tim tertentu dalam menerapkan sebuah kebijakan atau rencana sesuai dengan yang diharapkan.
  • Untuk mengetahui tingkat keberhasilan sebuah rencana atau kebijakan yang dibuat oleh satu individu atau kelompok dengan harapan bisa memperbaiki kebijakan sebelumnya.
  • Untuk melaksanakan rencana, aturan, atau kebijakan yang telah dibuat oleh invidu atau kelompok dengan cermat.
  • Untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai dalam perencanaan atau kebijakan yang sudah dirancang.

Tujuan yang diraih tiap kebijakan, idealisme, atau aturan mungkin berbeda-beda. Namun mengimplementasikan sebuah aturan tersebut pastinya bertujuan untuk mencapai hasil yang lebih baik dari kebijakan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga: 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Demi Hidup Lebih Baik di Masa Depan

Contoh Implementasi dalam Kehidupan

Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Ada banyak sekali contoh implementasi yang secara tidak langsung sudah kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan professional. Namun untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh implementasi dalam kehidupan manusia.

1. Implementasi Kebijakan Politik Dalam Bidang Pendidikan

Kebijakan politik penuh dengan aturan-aturan yang dikeluarkan atas pertimbangan pemerintah. Contohnya kebijakan politik dalam bidang pendidikan yang dibuat dengan tujuan mempermudah akses pendidikan di semua daerah di Indonesia. Beberapa contoh kebijakan politik di bidang pendidkan di antaranya adalah :

  • Pemberian bantuan BOS atau Bantuan Operasional Sekolah untuk meringankan beban sekolah agar bisa terus menjalankan proses belajar mengajar. Baik untuk menambah fasilitas di sekolah, untuk membayar gaji pengajar, maupun untuk biaya operasional lainnya.
  • Penerapan pendidikan budaya dan karakter ke dalam KBM demi mempertahankan adab-adab dan perilaku yang sesuai dengan masyarakat Indonesia di generasi muda, khususnya pelajar.
  • Pergatian kurikulum secara berkala agar proses belajar mengajar bisa tetap relevan dengan perkembangan jaman dan karakteristik generasi.

2. Implementasi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah cara pandang masyarakat Indonesia pada semua hal, misalnya tentang wilayah NKRI, politik, pendidikan, kehidupan bermasyarakat, dan lain-lain. Wawasan nusantara harus di implementasikan demi memenuhi kebutuhan rakyat dan menjaga keutuhan bangsa.

Beberapa contoh dari implementasi wawasan nusantara di antaranya adalah :

  • Menghormati keberagaman masyarakat yang ada di Indonesia.
  • Menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada masyarakat.
  • Menjaga keutuhan sumber daya alam dengan cara memahami sejarah kehidupan manusia dan alam.
  • Menerima bentuk perbedaan yang dimiliki orang lain baik itu berupa pendapat, agama, suku, maupun budaya.

3. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

Contoh implementasi yang terakhir adalah mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Contohnnya adalah :

  • Menjaga kehidupan bergotong royong dalam masyarakat dan saling menghormati satu sama lain.
  • Menjaga ketertiban dan persatuan masyarakat dengan cara mentaati aturan yang berlaku dalam lingkungan tempat tinggal.
  • Memberikan bantuan untuk meringankan beban tetangga atau orang sekitar yang tengah kesulitan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, tujuan, dan contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Bila di lingkungan anda terdapat kebijakan atau aturan tertentu, anda wajib mengimplementasikannya demi mewujudkan impian dari kebijakan yang sudah dibuat.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *