Pengen Jadi CEO? ini 5 Tips Membuat Startup Teknologi yang Sukses

cara bikin startup-min

Kebanyakan perilaku dunia bisnis saat ini telah beralih dari offline ke online. Banyak perusahaan yang telah mengadopsi teknologi agar bisnisnya tak tertinggal seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Telah banyak bukti bahwa perusahaan yang menggunakan teknologi atau perusahaan yang memang berbasis IT lebih cepat berkembang dari perusahaan konvensional lainnya. Maka tak heran dari sekitar tahun 2010 hingga saat ini banyak perusahaan baru berbasis digital, atau juga populer disebut Startup.

Startup adalah serapan dari bahasa inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.

Menurut Wikipedia, Startup (start-up), umumnya juga disebut perusahaan rintisan, adalah merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Menengok bukti keberhasilan perusahaan rintisan, misalnya Google, Facebook, dan Alibaba. Ketiga perusahaan tersebut adalah salah satu bukti betapa besarnya peluang bisnis digital. Ketiga perusahaan besar itu juga dulunya merupakan startup yang didirikan di bagasi bahkan di kamar rumah para pendirinya.

Namun siapa sangka, ketiga perusahaan yang dulunya perusahaan rintisan itu berubah menjadi mega company dengan miliaran pengguna di seluruh dunia. Bahkan produk perusahaan raksasa itu tak bisa lepas dalam kehidupan kita. Kita semua pasti butuh Google, Facebook, dan Alibaba.

Di Indonesia, dikutip dari katadata.co.id dalam laporan yang bertajuk Mapping & Database Startup Indonesia 2018 dari Indonesia Digital Creative Industry Society, jumlah perusahaan rintisan teknologi di Indonesia mencapai 992 startup.

Bahkan Indonesia telah memiliki 4 startup unicorn, atau startup yang memiliki valuasi diatas USD 1 miliar, yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Lalu gimana sih cara bikin startup itu? Untuk membangun startup tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena kita harus membuatnya dari nol hingga menjadi startup yang sukses. Namun ada 5 tips membuat startup yang perlu kamu ketahui.

1. Tampung semua keluhan orang lain

Pertama adalah menampung semua keluhan dari orang lain. Mengapa ini harus dilakukan? Karena biasanya bisnis yang akan sukses itu berawal dari keluhan orang lain. Dari keluhan itulah bisa kita manfaatkan untuk menawarkan solusi pemecahan masalah melalui startup yang akan kita rintis.

Misalnya saja kasus Gojek, dulunya banyak orang yang mengeluhkan susahnya mencari jasa ojek. Untuk mencari ojek pun. kita harus mencari pangkalan-pangkalan ojek yang membuat kita kesusahan. Namun dengan adanya aplikasi Gojek, kini kita dimudahkan untuk mencari jasa ojek secara online, hanya dengan menggunakan smartphone, maka ojek pun akan menghampiri lokasi kita.

Belajar dari itu, maka fokuslah kepada apa yang menjadi keluhan banyak orang. Karena jika kamu berhasil peka terhadap keluhan, maka itu adalah peluang kamu untuk membangun startup yang sukses.

2. Dampak apa yang ingin Anda rubah

Setelah menampung semua keluhan, maka selanjutnya kamu harus memikirkan dampak apa yang ingin kamu rubah dalam gaya hidup manusia. Misalkan dalam hal berbelanja, kamu ingin merubah cara belanja orang yang awalnya harus pergi ke toko-toko, menjadi hanya menggunakan smartphone saja, atau bahasa lainnya dari berbelanja offline menjadi berbelanja online.

Nah itu merupakan contoh dampak dari perubahan gaya hidup melalui startup. Jika kamu memang merupakan seorang entrepreneur, maka kamu pasti memahami bahwa pelanggan menyukai pengalaman baru dalam hidupnya. Oleh karena itu, tak perlu takut jika startup yang kamu rintis menyebabkan perubahan gaya hidup pelanggan yang terlalu besar, karena semua orang akan menyesuaikan perubahan tersebut.

Semakin besar perubahan hidup yang ditawarkan startup, maka semakin besar pula peluang startup itu menjadi sukses.

3. Startup yang berbeda dari yang lain

Ada kutipan motivasi dari Jack Ma Alibaba yang berbunyi “Anda harus belajar dari pesaing Anda, tapi jangan pernah menirunya. Meniru, Anda akan mati.”

Dalam membangun startup, kata kata itu bermakna ialah jangan pernah meniru startup yang sudah ada sebelumnya, apalagi startup tersebut target wilayah pasarnya sama. Misalnya sama-sama berada di Indonesia.

Mengapa? Karena jika kamu harus meniru startup yang sudah besar sebelumnya, itu berarti kamu harus menantangnya, akan sulit bagi kamu untuk mengalahkan sesuatu yang sudah terlanjur besar. Ibaratnya kamu yang masih kecil, mau melawan orang yang dewasa. Tentu kamu kalah pikiran dan kekuatan.

Maka dari itu, bangunlah startup yang berbeda daripada yang lain, baik dari konsep bisnis, teknologi, maupun produk. Namun jika memang terpaksa meniru yang sudah ada, maka buatlah versi yang lebih baik daripada startup yang kamu tiru tersebut.

4. Berani mengorbankan waktu, pikiran, dan materi

Namanya juga startup, perusahaan yang dibangun dari nol, tentunya kamu harus rela bekerja keras demi membuat startup kamu mulai dikenal oleh banyak orang. Nah untuk mendirikan startup yang sukses, kamu harus mengorbankan waktu, pikiran, dan materi.

Contohnya mengorbankan waktu dan pikiran untuk membuat strategi gimana cara startup kamu bisa digunakan oleh banyak orang. Selain itu, kamu juga membutuhkan modal yang cukup besar untuk menunjang operasional dan promosi startup yang sedang dirintis.

5. Konsisten berinovasi dan jangan memikirkan keuntungan

Salah satu ciri-ciri startup yang akan gagal adalah mereka yang terlalu dini memikirkan keuntungan. Perlu diketahui bahwa hampir semua perusahaan khususnya perusahaan IT, memerlukan waktu yang lama untuk meraih keuntungan.

Misalnya saja Facebook yang di tahun-tahun awal berdirinya selalu merugi, namun setelah terus bertahan, kini perusahaan yang juga memiliki Instagram dan Whastapp ini mencetak keuntungan setiap detiknya.

Jadi jangan pernah memikirkan keuntungan apa yang akan diperoleh jika membuat startup? Pikirkanlah dahulu apa yang bisa kamu berikan untuk startup-mu, dengan cara terus berinovasi agar bisa menarik perhatian calon pengguna. Percayalah, hasil tidak akan pernah mengkhianati proses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here