in

Pengertian Disiplin adalah: Arti, Macam, Bentuk, dan Jenis Disiplin

Pengertian Disiplin adalah: Arti, Macam, Bentuk, dan Jenis Disiplin

Disiplin adalah bentuk dari rasa taat dan patuh atas sesuatu aturan dan untuk menjadi bagian dari tanggung jawab. Disiplin lazim diterapkan untuk mengatur perilaku manusia terhadap masyarakat atau lingkungannya.

Dalam dunia akademis dan profesional, disiplin adalah cabang pengetahuan, pembelajaran, atau praktik tertentu. Disiplin dapat menjadi pedoman yang dibutuhkan diri, kelompok, bidang, industri, atau masyarakat .

Mungkin banyak dari Anda yang tidak asing dengan istilah disiplin ini. Mulai dari sekolah dasar, seringkali guru-guru menyebut disiplin sebagai satu penilaian akan ketaatan terhadap peraturan yang belaku. Begitu juga di dunia kerja yang dikenal pada konteks ketepatan waktu dan juga ketepatan hasil kerja.

Untuk mengetahui apa itu disiplin, berikut ini adalah pembahasan mengenai definisi disiplin.

Pengertian Disiplin Menurut Pandangan Ahli

Pengertian Disiplin Menurut Pandangan Ahli

Secara makna kata, disiplin merupakan serapan dari bahasa latin yaitu “Discere” dengan arti belajar. Kemudian munculah bentuk penyebutan lain “Diciplina” yang berarti pelatihan atau pengajaran. Melalui pemahaman itulah muncul beberapa pandangan ahli terkait makna istilahnya, sebagai berikut:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, disiplin adalah tata tertib yang berlaku di sekolah, kemiliteran, organisasi dan berbagai lembaga lainnya. Secara makna serapan disiplin berarti ketaatan dan kepatuhan kepada peraturan.

2. Departemen Pendidikan Nasional

Pada istilah yang belaku pada Departemen Pendidikan Nasional, disiplin adalah sikap konsisten dalam mengerjakan suatu hal. Maksudnya, sikap tersebut adalah wujud taat terhadap aturan yang telah dijadikan sebagai bentuk kesepakatan bersama. Sehingga terwujud pencapaian sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

3. John Macquarrie

Disiplin adalah bentuk dari suatu kemauan atas perbuatan seseorang dalam rangka mematuhi seluruh peraturan yang ada. Penetapan aturan yang dimaksud disusun berdasarkan beberapa tujuan yang selaras dengan visi dan misi yang dimilikinya.

4. Hasibuan

Disiplin adalah sikap menghormati serta menghargai pada suatu peraturan yang telah berlaku, baik secara lisan ataupun tertulis. Sikap yang ditunjukkan adalah bentuk dari kesanggupan untuk menjalankan segala ketentuan yang berlaku. Tidak ada upaya menolak serta siap menerima sanksi apabila terindikasi melakukan pelanggaran akan tugas atau wewenangnya.

5. Siswanto

Disiplin adalah bentuk perwujudan akan sikap menghargai, menghormati, serta patuh dan taat terhadap peraturan yang berlaku yang disepakati bersama. Menunjukkan sikap sanggup untuk menjalankan segala hal yang terkait dan tidak akan mengelak apabila harus menerima sanksi yang telah ditetapkan saat melakukan pelanggaran.

6. James Drever

Menurut James, disiplin adalah kemampuan untuk mengendalikan perilaku berasal dari dalam diri. Disesuaikan dengan hal-hal yang telah ditentukan dan diatur melalui norma yang sudah ada. Pandangannya secara psikologis menekankan bahwa hal ini muncul pada diri seseorang sebagai bentuk penyesuaian diri terhadap aturan yang telah disepakati.

7. Atmosudirjo

Disiplin adalah bentuk dari ketaatan serta pengendalian diri yang memiliki hubungan erat dengan rasionalisme, sadar, ataupun tidak emosional. Pada keadaan ini kepatuhan dilakukan melalui tindakan melalui sebuah pertimbangan secara rasional. Sehingga terwujud ketertiban dan juga pelaksanaan sesuai dengan rancangan awal.

8. Blaine

Disiplin adalah bentuk dari mengendalikan diri atas suatu kemauan dan juga keinginan mendasar yang berguna pada kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya kehidupan seseorang akan lebih teratur dan sistematis sesuai dengan ketentuan norma yang belaku pada lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Etika

Macam-Macam Bentuk Disiplin

Macam-Macam Bentuk Disiplin

1. Disiplin Waktu

Salah satu bentuk dari disiplin adalah menggunakan waktu dengan bijak. Maksudnya adalah kita tidak boleh membuang-buang waktu dengan aktivitas yang tidak berguna.

2. Beribadah

Setiap umat yang beragama tentu melaksanakan ibadah yang menjadi kewajibannya. Sehingga hal ini termasuk bentuk ketaatan atas perintah Tuhan. Seperti orang islam yang melakukan sholat 5 waktu dan berpuasa di bulan Ramadhan.

3. Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kedisiplinan dalam bentuk ini dicontohkan dalam suatu kegiatan untuk menentukan proses yang telah dicita-citakan bersama. Misalnya menaati peraturan pemerintah.

Jenis-Jenis Disiplin

Jenis-Jenis Disiplin

1. Disiplin Diri

Pada ketentuan jenis disiplin diri, disiplin dikaitkan dengan beberapa unsur pembangun, diantaranya adalah rasa tanggungjawab untuk mentaati aturan.

Setiap kesadaran ini muncul dari dalam diri dan menjadi satu batasan yang menuntun seseorang untuk memberikan koreksi atas perlakuannya terhadap apa yang menjadi kewajiban dan wewenangnya.

2. Disiplin Pada Ranah Sosial

Disiplin pada ranah sosial merupakan suatu bentuk penyesuaian atas kehidupan bermasyarakat. Di dalamnya terdapat beberapa peraturan serta ketentuan secara lisan maupun tertulis. Hal ini berguna untuk menunjukkan sikap tertib dan taat untuk kenyamanan bersama sehingga tercipta keselarasan hubungan antara individu dengan lingkungannya.

3. Disiplin pada Ranah Nasional

Pada pemaknaan jenis ini, disiplin dimaknai sebagai sebuah status mental akan bangsa yang dicerminkan dalam perbuatan pada bentuk keputusan. Pemberlakuannya dikerjakan dengan standar melalui sebuah pembinaan ataupun pelatihan atas norma dan nilai kehidupan yang berlaku saat itu di suatu Negara.

Demikian pembahasan seputar disiplin. Kesimpulannya, disiplin adalah bentuk pelatihan atau pembangunan karakter atas sebuah perlakuan yang ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari, agar tercipta ketaatan serta kepatuhan terhadap peraturan yang belaku. Sehingga dengan demikian muncul rasa tanggungjawab dalam diri.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *