14 Cara Menguatkan Mental Diri Sendiri Dalam Menghadapi Tantangan

cara-menguatkan-mental

Mental merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Lika-likunya kehidupan mengharuskan kita untuk memiliki kesehatan mental yang sangat bagus. Lantas apa yang ada dibenak banyak orang ketika menggambarkan sebuah mental yang kuat? Apakah orang yang tidak pernah menangis itu artinya mental mereka kuat? Atau mereka yang yang tidak pernah meratapi nasib memiliki mental kuat untuk menghadapi segala macam cobaan kehidupan.

Tidak selalu begitu, memang ada banyak hal yang bisa menggambarkan bahwa orang tersebut memiliki mental yang kuat. Dapat dikatakan sekalipun diterpa masalah yang besar dan jatuh tersungkur mereka akan tetap bangkit berdiri sekalipun juga pernah menangis. Nah lantas bagaimana membuat anda memiliki mental yang kuat? Berikut ini beberapa caranya.

1. Mengingat Tuhan

Anda tidak akan mendapatkan sebuah mental yang kuat jika tidak ada dukungan yang kuat pula. Dukungan kuat tidak akan datang dari keluarga ataupun teman, tetapi dukungan yang paling kuat adalah datang dari Tuhan. Ketika anda diterpa sebuah masalah dan posisi anda benar-benar berada di bawah, maka ingatlah Tuhan yang tidak pernah meninggalkan anda. Pastikan di dalam aktivitas sehari-hari anda selalu melibatkan Tuhan agar anda menjadi seseorang yang jauh lebih kuat lagi.

2. Berfikir positif

Sebenarnya sangat banyak cara untuk membut mental kita menjadi lebih baik lagi, salah satunya adalah selalu berpikiran positif. Mungkin saja hari ini anda merasa kecewa dan telah gagal dalam harapan yang sudah anda pupuk, namun ketika orang yang memiliki mental yang kuat maka tidak akan mau terseret ombak kekecewaan yang terlalu lama.

Pasti mereka akan berfikir bahwa ada sisi baik yang bisa diambil sebagai pelajaran. Kemudian tidak akan menyerah begitu saja, mereka akan bangkit untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Berbeda dengan orang yang selalu berfikiran negatif, mereka akan terus merasa terpuruk dan takut untuk mencoba bangkit lagi.

3. Asa kemampuan diri

Ada cara lain untuk membantu menguatkan mental diri anda, pastikan untuk tetap mengasah kemampuan anda dengan cara latihan, belajar, atau bahkan mengikut kursus dan mencoba beberapa strategi baru untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Mengasah kemampuan juga bisa memberikan dampak yang positif bagi mental dimana anda akan jauh lebih siap menghadapi masalah atau ujian yang akan ada di depan mata.

Misalnya saja, ketika anda akan menghadapi ujian di kampus atau di sekolah, maka pastikan untuk mempelajari materi yang ada. Atau ketika anda sedang dihadapkan presentasi pekerjaan, maka siapkan bahan yang bisa mendukung anda menjadi lebih baik dan percaya diri. Hal-hal tersebut termasuk cara mengasah kemampuan diri yang sangat dibutuhkan untuk menguatkan mental.

4. Meditasi

Meditasi bisa digunakan untuk menguatkan mental? Hal tersebut memang dapat dilakukan, meditasi bisa dikatakan sebagai pemusatan pikiran dan juga perasaan untuk mencapai sesuatu. Untuk melakukan meditasi, anda bisa ke tempat yang hening selama 5-30 menit dengan menenangkan diri. Beberapa penelitian mengatakan bahwa meditasi dapat bermanfaat untuk kesehatan mental seseorang.

Hal tersebut memang sepenuhnya benar sebab ketika anda sedang bermeditasi maka pikiran anda menjadi lebih tenang dalam menghadapi semua persoalan yang ada di hadapan anda. Bahkan dengan bermeditasi, anda juga bisa memiliki pemikiran jangka panjang dan mendapatkan solusi yang tepat sebab pikiran juga dalam keadaan yang tenang.

5. Tidak peduli omongan orang lain

Salah satu hal yang bisa membuat kita patah mental atau mental menjadi lemah adalah sering memperdulikan orang lain. Banyak orang lain yang hanya mampu memberikan komentar negatif tetapi tidak mampu mendukung anda ketika sedang terhimpit masalah. Untuk membantu menguatkan mental anda, ada baiknya tidak mendengarkan perkataan orang-orang yang membuat hati anda semakin ciut.

Tutup telinga kanan dan kiri terhadap sesuatu yang buruk, pastikan mendengaran hal-hal yang positif dan membangun saja. Fokus terhadap apa yang sedang anda kerjakan dan apa yang sedang anda targetkan. Tidak memperdulikan omongan orang lain akan membuat anda semakin kuat dan percaya diri.

6. Hargai diri sendiri

Menghargai diri sendiri menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Kekuatan mental yang anda miliki mungkin akan turun ketika anda sendiri kerap membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Ada baiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut sebab hal itu dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan mental anda, dimana anda akan terus merasa kurang mampu. Hargai diri anda sendiri, bahwa apa yang anda lakukan akan selalu memiliki dampak yang positif untuk diri sendiri dan orang lain.

Lakukan hal-hal yang baik seperti memulai untuk jujur dan disiplin, kemudian temukan fokus anda berada dimana agar bisa mengambil jalan yang tepat. Memberikan apresiasi pada diri sendiri juga harus anda lakukan sekalipun tidak terlalu sering.

Baca Juga: 50 Kata Kata Tantangan Dalam Hidup

7. Tidak membesarkan hal kecil

Hal-hal kecil atau hal sepele kerap kali datang di kehidupan kita sehari-hari. Namun beberapa orang mengambil tindakan terlalu berlebihan pada hal-hal kecil tersebut. Jika anda terlalu sering membesar-besarkan hal kecil, maka dapat membuat mental anda menjadi turun, sebab pikiran anda kerap diikuti dengan aura yang negatif. Misalnya saja anda sering mengomel melihat tingkah laku tentangga anda yang mungkin kurang tepat bagi anda.

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan mengingat apa yang dilakukan tetangga juga bukan menjadi urusan anda. Tidak perlu ikut campur urusan orang lain dan fokuslah terhadap kehidupan anda sendiri.

8. Gunakan media sosial dengan pintar

Jaman semakin canggih hampir semua orang memiliki media sosial untuk membantu komunikasi menjadi lebih cepat atau untuk digunakan sebagai urusan bisnis. Tetapi belakangan ini media sosial tidak digunakan dengan baik dan hanya ada ungkapan-ungkapan negatif saja. Jika anda menginginkan mental yang sehat dan kuat ada baiknya tidak perlu mengikuti hal tersebut.

Bukan berarti anda tidak boleh bermain sosial media, tentu saja semua orang bebas menggunakannya, tetapi pastikan menggunakannya dengan bijak dan baik. Posting sesuatu hal yang dapat menginspirasi orang lain dan tidak perlu meninggalkan komentar-komentar buruk terhadap orang lain. Dengan melakukan hal yang positif, entah di dunia nyata ataupun dunia maya, maka akan membuat mental anda sehat.

9. Beraktivitas di luar ruangan

Beraktivitas di luar ruangan ternyata juga bisa menjadi cara untuk membantu menguatkan mental anda menjadi lebih sehat lagi. Ketika anda sering beraktivitas di dalam ruangan, maka yang ada anda akan merasa stress dan jenuh, hal tersebut dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan mental anda.

Cobalah untuk beraktivitas di luar ruangan selama 90 menit, apalagi di tempat yang hijau dan rindang, hal tersebut akan menurunkan aktivitas otak pada bagian subgenual prefrontal cotex  yang sering sekali membuat anda berpikiran negatif.

Anda bisa menikmati waktu dengan berjalan-jalan dengan santai sembari menikmati semilir angin yang membuat anda lebih rileks lagi. Banyak tempat yang bisa anda datangi, misalnya seperti taman kota, kompleks rumah, wisata alam, naik gunung, atau bermain dengan keluarga di halaman rumah yang ditumbuhi dengan tanaman.

10. Olahraga

Olahraga bukan hanya bisa membantu menguatkan kesehatan fisik anda tetapi juga bisa membantu menguatkan mental. Ada sebuah penelitian mengatakan bahwa aktivitas fisik dapat membantu menurunkan gejala depresi pada orang yang memiliki penyakit mental.

Aktivitas fisik tersebut merupakan olahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, beberapa gerakan ringan yang dilakukan di ruangan terbuka akan jauh lebih baik lagi. Banyak sekali jenis olahraga santai seperti jalan kaki di pagi hari, jogging, bersepeda santai, atau bahkan juga push up.

11. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab juga menjadi salah satu cara agar anda lebih kuat mentalnya. Memang ketika seseorang bertanggung jawab secara tidak sadar mental juga akan ikut terlatih dengan baik. Mengahadapi masalah atau menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan sebuah perkara menjadi hal yang mengasah mental anda.

Belum lagi tanggung jawab juga akan membuat anda semakin berani dan menghargai setiap usaha yang sudah anda lakukan atau yang orang lain lakukan untuk anda. Pastikan anda merubah diri menjadi seseorang yang bertanggung jawab dalam melakukan tugas anda sekalipun kadang tidak mudah untuk dilakukan.

12. Memaafkan masa lalu

Siapa yang tidak memiliki masa lalu? Hampir semua orang pasti memiliki masa lalu, entah masa lalu yang indah atau justru masa lalu yang kelam. Jika anda memiliki masa lalu yang kelam kemudian ingin melatih mental anda menjadi semakin kuat, maka langkah yang harus diambil adalah dengan mamaafkan masa lalu anda. Pikirkanlah bahwa apa yang terjadi di masa lalu justru bisa membuat anda berada di tempat yang lebih baik. Masa lalu ada untuk memberikan kita pelajaran agar menjadi manusia yang lebih baik lagi. Berdamai dengan diri sendiri dan orang lain akan menjadi hal yang positif untuk membantu menguatkan mental.

13. Ambil resiko

Seseorang yang mentalnya kuat tentu akan menjadi sosok yang percaya diri dan berani. Jika anda ingin mendapatkan hal tersebut, maka mulailah untuk berani mengambil resiko yang akan anda hadapi. Ketika anda berani mengambil resiko, maka anda benar-benar keluar dari zona nyaman dan membantu mengerahkan semua kemampuan anda untuk mengatasi hal yang sedang terjadi. Orang yang tidak berani untuk mengambil resiko dapat dikatakan orang yang takut dan tidak memiliki mental yang benar-benar kuat. Untuk itu jangan ragu keluar dari zona nyaman demi melatih mental anda menjadi lebih baik.

14. Berhenti menjadi sempurna

Beberapa orang suka sekali sesuatu hal yang sempurna, entah apapun itu pasti menginginkan hasil yang sempurna. Terkadang hal tersebut memang terlihat bagus, namun menginginkan semuanya sempurna dapat membuat mental anda menjadi turun. Rasanya tidak akan mungkin apa yang dikerjakan seorang manusia tidak memilik celah sama sekali, tentu pasti ada kesalahan yang dibuat, entah sekali atau dua kali. Kesalahan yang dibuat bukan sesuatu yang buruk, anda bisa belajar untuk tidak mengulanginya lagi dan mencoba lebih baik lagi.

Beberapa hal di atas memang benar-benar membantu anda melatih mental menjadi lebih kuat. Jika anda dapat menerapkannya maka mungkin saja anda akan lebih bahagia menjalani kehidupan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here