in

Pengertian Ideologi adalah (Menurut Para Ahli), Fungsi Jenis Contoh Ideologi

Pengertian Ideologi adalah (Menurut Para Ahli), Fungsi Jenis Contoh Ideologi
Image by: slaphappylarry

Pengertian ideologi adalah kumpulan dari sebuah peraturan, baik berupa gagasan, ide, maupun kepercayaan yang diterapkan guna mengatur kehidupan berdasarkan ruang lingkup tertentu. Ideologi bersifat sistematis serta mengikat para penganutnya, karena pada dasarnya ideologi dibangun atas dasar kesamaan pemikiran untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Dilihat secara etimologis, ideologi beranjak dari kata dasar dalam bahasa Yunani ideo dan logos. Idea memiliki makna pemikiran dan gagasan, sementara logos berarti logika atau ilmu. Dengan demikian secara harfiah ideologi bisa diartikan sebagai gagasan yang berakar dari pemikiran kolektif masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu. Nah untuk lebih lengkapnya berikut pengertian ideologi menurut para ahli.

1. Menurut Rodee

C.C Rodee berpendapat bahwa ideologi merupakan ide yang disatukan menjadi sebuah perkumpulan gagasan, yang secara logis saling berkaitan, kemudian mengidentifikasikan nilai-nilai dan falsafah kehidupan sebagai pemberi keabsahan bagi penganutnya sekaligus institusi tempatnya diyakini.

2. Menurut Gunawan Setiardjo

Gunawan Setiardjo mengemukakan pengertian ideologi yaitu kumpulan gagasan atau ide yang dapat menciptakan seperangkat aturan dalam kehidupan individu maupun masyarakat. Gunawan menyebut ideologi sebagai aqidah ‘aqliyyah, yang dimaknai sebagai akidah didapat dari proses berpikir.

3. Menurut Francis Bacon

Adapun Francis Bacon mendefinisikan ideologi sebagai sintesis pemikiran yang sifatnya mendasar dari sebuah konsep kehidupan. Karena sifatnya mendasar, ideologi menjadi landasan hampir setiap perilaku yang dilakukan oleh individu atau