Pengertian Independen adalah: Arti, Unsur, Ciri, dan Faktor Independen

Independen merupakan istilah dari serapan bahasa Inggris ‘independent’. Kata independent berasal dari bahasa Perancis ‘ind√©pendant’ yang berarti tidak memihak, tidak terpengaruh oleh pengaruh luar.

Secara umum, independen adalah berdiri sendiri, bebas, dan tidak diterikat maupun bergantung pada pihak lain. Istilah ini sering digunakan dalam dunia politik, namun tidak jarang juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu apa itu independen? Berikut ini pembahasan lengkap mengenai definisi independen.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Pengertian Independen Menurut Para Ahli

Pengertian Independen Menurut Para Ahli

1. KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, independen adalah:

  • Yang berdiri sendiri; yang berjiwa bebas
  • Tidak terikat; merdeka; bebas

2. Cambridge Dictionary

Dalam Cambridge Dictionary, independen adalah:

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


  • Tidak dipengaruhi atau dikendalikan dengan cara apa pun oleh orang, peristiwa, atau hal lain:
  • Seorang pemilih atau politisi yang tidak tergabung dalam partai politik:
  • Sebuah negara merdeka yang tidak diperintah atau dikuasai oleh negara lain:
  • Mandiri tidak mengambil bantuan atau uang dari orang lain:

3. Oxford Dictionary

Dalam Oxford Dictionary, independen adalah:

  • (dari suatu negara) yang memiliki pemerintahan sendiri
  • Percaya diri dan bebas melakukan sesuatu tanpa membutuhkan bantuan orang lain
  • Memiliki atau mendapatkan cukup uang sehingga tidak perlu bergantung pada bantuan orang lain
  • Tidak berhubungan dengan atau dipengaruhi oleh sesuatu; tidak terhubung satu sama lain

Unsur Independen

Pertimbangan Independen didasarkan pada sudut pandang untuk memecahkan permasalahan. Dalam hal ini profesionalitas dibutuhkan agar kepentingan pribadi tidak diikutkan. Hal ini harus diperhatikan untuk berbagai pihak yang memiliki kepentingan langsung agar tidak terjadi benturan. Pertimbangan independen dibagi menjadi tanggung jawab dan misi.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


1. Tanggung Jawab

Dalam Independen, tanggung jawab terletak agar pihak mampu mengelola sistem dengan baik. Hal ini sangat penting agar pihak tersebut dapat berdiri sendiri. Pertimbangan ini merupakan penerapan pengertian independen yang berdiri sendiri dan tidak dikuasai.

2. Misi

Dalam Independen, terdapat sebuah misi agar keobjektivitasan terbentuk dalam suatu iklim. Hal tersebut sangat penting agar sistem dari pihak itu seimbang dan setara. Oleh karena itu sistem pengelolaannya harus bisa menciptakan iklim objektif agar pihak yang bersangkutan bisa berdiri secara independen.

Ciri-Ciri Independen

Ciri-Ciri Independen

1. Berdiri Sendiri

Ciri-ciri pertama independen adalah berdiri sendiri. Suatu pihak akan merasa mampu untuk berdiri sendiri tanpa mau bergantung dengan pihak lain. Adanya pemikiran seperti itu menunjukkan bahwa pihak tersebut sudah independen.

2. Memiliki Rekan Sepemikiran

Ciri kedua adalah memiliki rekan sepemikiran. Hal ini menunjukkan bahwa pihak yang independen biasanya memiliki rekan dengan pemikiran sama. Adanya rekan sepemikiran akan membuat pihak tersebut dapat berdiri sendiri secara terus menerus tanpa dipengaruhi pihak lain yang memiliki pemikiran yang berbeda.

3. Mampu Mengatasi Masalah

Ciri ketiga independen adalah mampu mengatasi masalah. Hal ini menunjukkan pihak yang independen sudah mampu mengatasi masalahnya sendiri. Kemampuan ini menunjukkan kemandiriannya dan tidak tergantung pada pihak lain. Selain itu, kemampuan ini juga akan melatih kesabaran agar terbiasa untuk mengatasi masalah yang ada.

4. Mampu Menyampaikan Pendapat

Ciri keempat adalah mampu menyampaikan pendapatnya sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa pihak yang independen bisa mengutarakan pemikiran tanpa dipengaruhi pihak lain. Kemampuan ini juga menunjukkan peningkatan independen dalam hal penyampaikan pendapat secara berani di depan umum.

5. Cerdas

Ciri kelima adalah memiliki kecerdasan, Kecerdasan sangat mempengaruhi bagaimana tingkatan independen dalam diri seseorang. Seseorang yang cerdas pasti akan memiliki pemikiran untuk berdiri sendiri dan tidak mau bergantung pada orang lain.

6. Teguh

Ciri keenam adalah teguh dalam pendiriannya. Keteguhan suatu pihak dalam mempertahankan pendirian dan pemikirannya menunjukkan bahwa tingkat independen dirinya sudah tinggi, Selain itu, keteguhan juga membuktikan bahwa pihak tersebut tidak mudah dipengaruhi orang lain dalam pemikiran maupun pendiriannya.

7. Mempengaruhi Orang Lain

Ciri ketujuh independen adalah bisa mempengaruhi orang lain. Kemampuan ini menunjukkan bahwa pihak yang independen bisa mengutarakan konsep pemikirannya kepada berbagai pihak lain sehingga bisa mempengaruhinya. Oleh karena itu, pihak ini sudah pasti memiliki kemampuan berbicara yang baik di depan umum.

8. Empati

Ciri independen yang terakhir adalah empati. Adanya empati menunjukkan bahwa pihak yang independen mampu memahami permasalahan orang lain sehingga lebih dapat menghargainya. Selain itu, empati juga menunjukkan bahwa suatu pihak memiliki pemikiran yang terbuka dan mampu menghargai perbedaan dari orang lain.

Faktor Independen

Indepen memiliki faktor-faktor yang membentuknya, berikut ini adalah faktor-faktor independen.

1. Gender

Faktor pertama adalah gender. Faktor ini dahulu sering ditemukan pada pria karena ingin hidup mandiri dan tidak mau merepotkan keluarganya. Tetapi sekarang faktor independen gender juga banyak ditemui pada wanita. Banyak sekali wanita mandiri yang berusaha menapaki karir setinggi mungkin agar tidak seutuhnya bergantung pada pria.

2. Pendidikan

Faktor kedua adalah pendidikan. Faktor ini memaparkan bahwa tingkatan pendidikan seseorang sangat mempengaruhi keinginannya untuk mandiri dan berkembang. Tingkatan pendidikan tinggi akan membuka pikiran seseorang akan beragam sesuatu yang baru dan mendorong untuk mencoba hal tersebut sendiri.

3. Lingkungan secara Sosial

Faktor ketiga adalah lingkungan sosial. Faktor ini memperlihatkan bahwa lingkungan sosial bisa mempengaruhi bagaimana seseorang mandiri dan pada akhirnya berdiri sendiri. Lingkungan akan mengajarkan seseorang berinteraksi, menghadapi masalah, dan pada akhirnya hidup secara mandiri.

4. Usia

Faktor keempat adalah usia. Faktor ini memperlihatkan bahwa seiring bertambahnya usia, maka pandangan seseorang akan berubah, Hal ini juga meningkatkan keinginannya untuk hidup mandiri dan tidak bergantung pada siapapun.

5. Konsep

Faktor kelima adalah konsep yang ada dalam diri seseorang. Konsep ini menentukan pemikiran dan perasaan mempengaruhi bagaimana tingkat independen. Faktor tersebut sesuai dengan pengertian independen yaitu berdiri sendiri. Hal tersebut tergantung pada pemikiran dan perasaan seseorang.

6. Keluarga

Faktor keenam adalah keluarga. Faktor ini menunjukkan bahwa tingkatan independen seseorang juga dipengaruhi dari bagaimana lingkungan keluarga membesarkannya. Kepribadian awal seseorang akan dibentuk dari keluarganya terlebih dahulu seperti orang tuanya. Perlahan-lahan kemandiriannya mulai terbentuk.

Begitulah penjelasan mengenai pengertian Independen yang merupakan kemampuan untuk berdiri sendiri. Independen memiliki berbagai faktor yang bisa mempengaruhinya seiring berjalannya waktu. Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment