in

Pengertian Kombinasi adalah: Arti, Ciri, dan Jenis Kombinasi

Pengertian Kombinasi adalah: Arti, Ciri, dan Jenis Kombinasi

Istilah kombinasi sudah sering terdengar di telinga masyarakat luas. Istilah tersebut mengacu pada beberapa hal sehingga maknanya bersifat luas, tergantung pada suatu hal yang disejajari dengan kata kombinasi. Makna kombinasi adalah mengarah pada gabungan atau kumpulan dari beberapa hal menjadi satu.

Beberapa hal yang dimaksud seperti contohnya warna, perkara, pasukan, pengertian, dan lain sebagainya. Kata kombinasi bisa digunakan pada kalimat misalnya ‘warna pink adalah kombinasi dari warna merah dan putih’. Dari contoh tersebut bisa diambil intinya bahwa kombinasi merujuk pada gabungan atau kumpulan dari dua warna atau lebih menjadi satu warna.

Untuk mengetahui apa itu kombinasi, berikut pembahasan lengkap mengenai definisi kombinasi.

Pengertian Kombinasi Menurut Berbagai Bidang

Pengertian Kombinasi Menurut Berbagai Bidang

1. Menurut KBBI

Secara bahasa, kata kombinasi merupakan nomina atau kata benda. Makna kata tersebut menurut KBBI yaitu gabungan dari beberapa hal baik pasukan, warna, perkara, pengertian, dan lain sebagainya.

2. Menurut Bidang Metode Penelitian

Menurut Cresswell, metode penelitian kombinasi adalah suatu pendekatan di dalam penelitian yang bertujuan sebagai penghubung antara dua metode, metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Cakupan metode penelitian kombinasi yakni pendekatan yang digunakan pada penggunaan kualitatif dan kualitatif serta landasan filosofis.

Metode penelitian kombinasi akan menggabungkan dua pendekatan dalam satu penelitian. Metode penelitian tersebut memiliki istilah metode yang lain yaitu convergence (muara dua metode ke satu), combine (kombinasi dari dua metode), multimethods (metode lebih dari 1), dan integrated (integrasi dari dua metode).

3. Menurut Bidang Metode Penelitian

Menurut Johson dan Cristensen, penelitian kombinasi adalah suatu penelitian yang bertujuan sebagai pelaku dalam menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penggabungan kedua pendekatan tersebut biasa disebut dengan metode penelitian campuran. Supaya lebih ringkas, menjadi penelitian kombinasi.

Metode kualitatif dan kuantitatif yang dikombinasikan atau digabungkan dan digunakan bersama di dalam sebuah kegiatan berorientasi penelitian akan menghasilkan data penelitian yang lebih obyektif, komprehensif, reliabel, dan juga valid. Sehingga, penelitian dapat menjadi lebih baik.

4. Menurut Bidang Matematika

Kombinasi matematika adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menyusun suatu grup yang terdiri dari kumpulan beberapa objek tanpa harus memperhatikan urutannya. Sehingga kombinasi merupakan kumpulan dari seluruh objek atau sebagian objek menjadi satu.

Dalam bidang matematika, rumus kombinasi memperbolehkan atau menganggap sama sebuah objeknya apabila hanya urutannya saja yang berbeda. Contoh urutan angka yang paling mudah yaitu urutan (1,2,3) dapat dikatakan sama dengan urutan angka (3,1,2) dan (2,3,1).

5. Menurut Bidang Olahraga

Dalam bidang olahraga khususnya sepak bola, istilah kombinasi adalah mengacu pada gerakan-gerakan yang dilakukan saat menendang atau mengumpan bola, menggiring bola, hingga menghentikan bola. Sebagai contoh, menendang atau mengumpan bola bisa menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki.

Teknik kombinasi dalam menendang atau mengumpan bola, menggiring bola, dan menghentikan bola bisa dilakukan dengan arah bola melambung, datar, dan melengkung hingga melewati atas atau tengah gawang menggunakan kaki bagian luar, dalam, dan punggung kaki.

6. Menurut Bidang Bisnis

Kombinasi bisnis adalah penggabungan usaha dimana suatu perusahaan mengambil kendali atas perusahaan lain, misalnya akuisisi atau merger. Kombinasi semacam itu biasanya dilakukan untuk memperluas bisnis pihak pengakuisisi.

Jenis-Jenis Kombinasi

Jenis-Jenis Kombinasi

Setiap bidang mempunyai jenis kombinasi yang berbeda-beda satu sama lain. Dalam setiap jenisnya pun memiliki pengertian yang tidak sama antara satu jenis dengan jenis yang lainnya. Berikut jenis-jenis kombinasi dalam berbagai bidang:

1. Bidang Matematika

Di bidang ini, kombinasi dibedakan menjadi dua sebagai rumus kombinasi. Kedua rumus tersebut mempunyai makna yang berbeda sehingga penggunaannya pun didasarkan pada pengertian rumusnya.

  • Kombinasi pengulangan

Pada rumus kombinasi pengulangan, apabila objek bisa dipilih tidak hanya sekali namun lebih serta urutan tidak diperhatikan maka n merupakan jumlah objek yang bisa untuk dipilih dan r merupakan jumlah yang memang harus dipilih.

  • Kombinasi tanpa pengulangan

Pada rumus kombinasi tanpa pengulangan, saat urutan tidak diperhatikan namun setiap objeknya hanya bisa dipilih sekali saja, maka n merupakan jumlah objek yang dapat dipilih dan r merupakan jumlah yang memang harus dipilih.

2. Bidang Metode Penelitian

Selain di bidang matematika, bidang metode penelitian juga terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis pada bidang metode penelitian dibedakan berdasarkan metode yang digunakan di setiap jenisnya.

  • Model Sequential Explanatory

Jenis metode kombinasi yang pertama ini memiliki ciri-ciri bahwa analisis data kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan di tahap pertama. Kemudian, diikuti dengan analisis data kualitatif dan pengumpulan data pada tahap kedua yang bertujuan untuk memberi kekuatan pada hasil penelitian kuantitatif yang telah dilakukan di tahap pertama.

  • Model Sequential Exploratory

Jenis kedua model sequential exploratory pada jenis metode kombinasi ini adalah menggunakan metode kualitatif pada tahap pertama kemudian diikuti dengan metode kuantitatif pada tahap berikutnya. Kombinasi data dari kedua metode tersebut sifatnya saling sambung antara hasil penelitian tahap pertama kualitatif dan tahap kedua kuantitatif.

  • Model Sequential Transformative Strategy

Jenis metode ini dilakukan dengan dua tahapan yang mana teori lensa digunakan sebagai panduannya. Teori lensa tersebut antara lain ilmu sosial, gender, dan ras yang memandu model metode ini dalam setiap prosedur penelitian yang dilakukan oleh peneliti.

Pada metode ini, dilakukan dua tahap yakni metode kualitatif atau kuantitatif dilanjutkan metode kuantitatif atau kualitatif. Metode kombinasi menggunakan teori lensa di bagian pendahuluan yang ada dalam proposal penelitian dan kemudian digunakan sebagai panduan pertanyaan penelitian.

3. Bidang Bisnis

Dalam bidang bisnis, terdapat lima jenis kombinasi yang memiliki arti dan tujuan yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasannya.

  • Kombinasi Horizontal

Kombinasi horizontal muncul ketika bisnis-bisnis yang melakukan perdagangan yang sama atau mengejar aktivitas produktif yang sama bergabung menjadi satu dengan tujuan yang sama. Contohnya akuisisi Instagram pada tahun 2012 oleh Facebook.

Intensitas persaingan secara alami berkurang ketika beberapa bisnis yang bersaing di lini bisnis yang sama bergabung menjadi satu.

  • Kombinasi Vertikal

Integrasi vertikal adalah kombinasi perusahaan di industri yang sama diurutkan seusai dengan fungsi bisnisnya. Hal ini dilakukan untuk menekan pengeluaran yang boros seperti halnya menjalankan proses bisnis secara terpisah.

  • Kombinasi Lateral

Integrasi lateral mengacu pada kombinasi dari perusahaan-perusahaan yang memproduksi berbagai jenis produk dan bekerja sama dalam beberapa hal. Kombinasi ini memiliki dua jenis yaitu convergent lateral integration dan divergent lateral integration.

Misalnya, bisnis penerbitan buku dapat bergabung dengan bisnis lain yang memproduksi kertas, melakukan pekerjaan pencetakan, dan menyediakan jasa penjilid buku.

  • Kombinasi Diagonal

Kombinasi ini juga disebut integrasi ‘Layanan’. Dimana integrasi diagonal muncul ketika bisnis yang menyediakan barang dan layanan untuk industri digabungkan dengan bisnis yang bergerak di jalur utama produksi.

  • Kombinasi Melingkar

Kombinasi campuran atau melingkar mengacu pada perusahaan-perusahaan dalam industri yang berbeda dan menghasilkan produk berbeda, bergabung di bawah bendera suatu badan pusat.

Baca Juga: Pengertiani, Jenis, dan Contoh Horizontal Dalam Kehidupan

Ciri-Ciri Kombinasi

Ciri-Ciri Kombinasi

Setiap kombinasi dalam berbagai bidang mempunyai ciri-ciri yang berbeda-beda. Salah satu bidang yang mempunyai ciri-ciri khusus dari kombinasi yaitu bidang metode penelitian. Berikut ciri-cirinya:

1. Sebagai jawaban persoalan penelitian

Ciri metode penelitian kombinasi yang pertama yaitu membantu menemukan jawaban atas persoalan penelitian dengan jawaban yang dianggap lebih komprehensif dibandingkan dengan menggunakan satu metode penelitian saja, baik kualitatif maupun kuantitatif.

2. Data yang diperoleh tidak monoton

Metode penelitian kombinasi memiliki perolehan data-data yang tidak monoton, yang mana data-data tersebut diperoleh secara signifikan dari pendekatan kuantitatif. Meskipun begitu, sifatnya tidak kaku seperti metode kuantitatif.

3. Dapat menolak pernyataan tertentu

Metode penelitian ini mempunyai kuasa dalam menggugat hingga menolak atau menggugurkan suatu pernyataan meskipun telah digeneralisir. Syarat supaya dapat menggugat pernyataan yaitu apabila temuan baru didapatkan dari penelitian yang dilakukan.

4. Dapat menjawab pertanyaan yang tidak bisa dijawab

Maksudnya, metode penelitian kombinasi adalah metode penelitian yang bisa menjawab segala pertanyaan penelitian apabila metode kualitatif atau kuantitatif tidak bisa menjawab suatu pertanyaan penelitian.

5. Sebagai pendorong untuk peneliti

Metode penelitian ini bisa mendorong seorang peneliti untuk melakukan penelitian yang bersifat kolaborasi. Peneliti bisa mengawali penelitian dengan metode kualitatif atau kuantitatif dahulu disesuaikan dengan kebutuhan penelitian.

Istilah kombinasi adalah merujuk pada gabungan dari beberapa hal dan maknanya pun multitafsir karena istilah tersebut digunakan untuk berbagai bidang yang ada di dalam kehidupan. Maknanya bersifat luas tergantung dengan bidang yang menggunakan istilah tersebut.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *