in

Pentingnya Privasi dalam Hubungan Biar Kamu dan Pasangan Semakin Langgeng

Pentingnya Privasi dalam Hubungan Biar Kamu dan Pasangan Semakin Langgeng

Menjalin hubungan cinta bukan berarti kalian bisa saling mengekang atas kebebasan. Saat sudah punya pasangan, pastinya akan ada hal-hal ataupun prioritas yang berbeda dibandingkan ketika masih sendiri. Hal ini harus kamu perhatikan dan sesuaikan agar tidak terjadi pertengkaran karena salah paham.

Kamu pun harus bisa saling menjaga dan menghargai privasi demi menyelaraskan hubungan tetap terjaga. Pasangan yang bisa saling menghargai privasi, pastinya akan lebih harmonis dalam hubungan dan terhindar dari posesif.

Jika dibahas lebih dalam, sebenarnya kehadiran privasi ini sangatlah penting agar hubungan kalian tetap langgeng dan semakin dekat.

1. Punya hubungan yang terikat namun satu sama lain tidak saling mengikat

Punya hubungan yang terikat namun satu sama lain tidak saling mengikat
Photo from freepik

Punya batas privasi dalam hubungan tidak lantas membuatmu menjadi orang tanpa komitmen. Justru kamu bisa paham bahwa privasi itu penting dijaga dan dihargai.

Ketahuilah bahwa setiap manusia punya banyak perbedaan, termasuk kehidupan pasanganmu. Berikanlah dia privasi, supaya dia bisa menikmati perbedaan tersebut.

Tanpa adanya privasi, kamu bakal terus-terusan merasa curiga dan jadi pasangan yang posesif. Pastinya hal ini bakal bikin kamu tersakiti sendiri.

2. Adanya privasi bisa mengurangi sedikit beban dalam hubungan

Adanya privasi bisa mengurangi sedikit beban dalam hubungan
Photo by dashu83 from freepik

Tahukah kamu bahwa menjaga privasi masing-masing pasangan bisa mengurangi sedikit beban dalam hubungan?

Ketahuilah menjalin hubungan artinya menambah banyak beban, baik itu beban secara materil ataupun beban psikis bila terjadi pertengkaran.

Biasanya setiap beban akan ditanggung bersama-sama, sehingga bisa jadi tanggungan satu sama lain. Tetapi dengan terjaganya privasi, kamu bisa mengambil alih bebanmu sesuai kemampuan dan begitu pula pasanganmu.

Hal ini dapat meningkatkan kemandirian diantara dua pihak agar menyelesaikan masalahnya sendiri. Bukan karena tidak peduli. Ini demi kebahagiaan bersama dan mengurangi beban hubungan.

3. Hubungan dengan privasi akan membuat pasangan jadi saling menghargai

Hubungan dengan privasi akan membuat pasangan jadi saling menghargai
Photo by prostooleh from freepik

Kebersamaan yang terus-menerus akan merusak sikap saling menghargai antar pasangan, terutama ketika rasa bosan mulai muncul. Hal ini malah bisa jadi “bom waktu” yang dapat meledak kapan saja dan merusak hubunganmu.

Maka dari itu, terkadang sangat penting untuk sedikit berjauhan dan menjaga jarak demi memunculkan rasa rindu dalam hubungan. Cara ini bisa mengembalikan kondisi hubunganmu seperti waktu awal-awal bertemu.

4. Hubungan semakin kuat ketika kamu dan pasangan punya privasi masing-masing

Hubungan semakin kuat ketika kamu dan pasangan punya privasi masing-masing
Photo by prostooleh from freepik

Pentingnya privasi dalam hubungan bisa membuat jalinan yang ada semakin kuat. Kamu bisa memberikan rasa percaya dan kebebasan yang dibutuhkan oleh pasangan, serta tidak terlalu mengekangnya.

Keharmonisan justru akan semakin terjaga berkat kepercayaan dan privasi yang ada. Karena kepercayaan dan sikap saling menghargai satu sama lain menjadi landasan utama dalam hubungan.

5. Kamu akan lebih tenang karena terhindar dari pikiran negatif dan rasa curiga berlebihan

Kamu akan lebih tenang karena terhindar dari pikiran negatif dan rasa curiga berlebihan
Photo by drobotdean from freepik

Ketika memiliki privasi dalam hubungan, hal ini bisa mengurangi rasa saling curiga satu sama lain. Pastinya kalian harus memiliki komitmen dan bisa bertanggung jawab atas kepercayaan yang sudah diberikan pasangan.

Misalnya saja saat pasangan keluar dengan teman-teman atau rekan kerjanya. Kamu tidak akan berpikir terlalu jauh dan berpikiran buruk saat dia jauh darimu. Kamu paham bahwa pasangan juga punya kehidupannya sendiri selain bersamamu.

Adanya rasa saling percaya ini dapat mengurangi rasa curiga atau cemburu berlebihan, serta pikiranmu akan lebih positif.

Ketahuilah bahwa memiliki sikap posesif dan khawatir berlebihan justru akan membuat hubunganmu berantakan dan tidak lagi sehat.

Hubungan akan senantiasa dipenuhi dengan pikiran buruk dan pertanyaan tanpa alasan. Misalnya saja apakah pasangan dekat dengan orang lain, apakah dia masih kepo dengan mantan, dan lain sebagainya.

Memiliki kecurigaan seperti ini pasti akan sangat melelahkan bukan?

6. Menunjukkan rasa sayang dengan tidak memaksakan ingin tahu tentang hal pribadi

Menunjukkan rasa sayang dengan tidak memaksakan ingin tahu tentang hal pribadi
Photo by master1305 from freepik

Kalau ngaku sayang, mestinya pasangan nggak bakal memaksa buat memberi tahu hal-hal yang sifatnya pribadi. Mengingat menjaga privasi itu penting, kamu pun pasti tidak suka dipaksa atas informasi yang menjadi hakmu sendiri kan?

Karena kalau benar sayang, pasti pasangan akan selalu menghargai dan tidak melanggar kepercayaan atas privasi yang diberikan.

Dia akan selalu percaya atas privasi yang diberikan untukmu. Bila memang merasa khawatir denganmu, dia pun akan langsung bicara padamu dibandingkan berburuk sangka.

7. Memberikan ruang kebebasan untuk hal-hal yang ingin disimpannya sendiri

Memberikan ruang kebebasan untuk hal-hal yang ingin disimpannya sendiri
Photo by rawpixel.com from freepik

Pasangan juga manusia, dimana pasti ada hal-hal yang ingin dia simpan sendiri. Kalau pun nantinya ada yang ingin dibagikanya, tentu ada waktunya sendiri disaat yang sudah tepat. Ini menjadi hal yang penting, sebab tiap manusia punya privasinya masing-masing.

Lebih baik, lakukan kesepakatan di awal-awal hubungan. Buatlah janji antara kamu dan pasangan agar sepakat biar kalian sama-sama punya privasi dalam menjalani hubungan.

Kalau pun nantinya ada hal yang ingin disimpan, masing-masing tidak akan saling memaksa dan berprasangka.

8. Ingatlah bahwa pacar belum tentu akan jadi jodohmu nanti

Ingatlah bahwa pacar belum tentu akan jadi jodohmu nanti
Photo by freepic.diller from freepik

Sudah yakin bahwa pacarmu saat ini adalah jodohmu? Nah, jika belum yakin kalau pacarmu yang sekarang adalah jodohmu, lalu buat apa kamu menceritakan segala sesuatunya pada pacar?

Masih ada kemungkinan bahwa hubungan kalian akan berakhir bubar alias putus. Daripada terlanjur menceritakan segala sesuatunya, lebih baik simpanlah yang menurutmu layak untuk disimpan.

Ya, meski kamu berharap dia adalah jodohmu, tapi menceritakannya di waktu yang tepat mungkin akan lebih baik.

9. Menciptakan kebahagiaan di luar hubungan kalian berdua

Menciptakan kebahagiaan di luar hubungan kalian berdua
Photo by tirachardz from freepik

Siapa bilang kalau bahagia hanya bisa didapatkan dari pasangan? Kebahagiaan bisa didapatkan dari siapapun, kapanpun, dan di manapun asal kamu selalu berpikiran positif. Inilah alasannya mengapa memiliki privasi itu sangat penting.

Adanya privasi akan memberikan kebahagiaan di dalam hubungan pacaran ataupun kebahagiaan yang dirasakan masing-masing.

Ingatlah bahwa status kalian adalah pacar, sehingga sangat penting menjalin kebahagiaan di luar pacaran. Misalnya sama teman dan sahabat, rekan kerja, atau pun meningkatkan waktu berkualitas dengan keluarga.

Jangan hanya menganggap bahwa kebahagiaanmu hanya bersama pacar, karena masih banyak hal di dunia ini yang perlu kamu ketahui.

Jarang disadari, bahwa ternyata memberikan privasi dan kebebasan dalam hubungan sangatlah penting. Biarkan pasangan menentukan sendiri hal-hal mana yang ingin dia bagikan denganmu dan ingin dia simpan sendiri.

Pahamilah bahwa sangat wajar jika setiap orang punya privasinya masing-masing. Kamu pun pasti demikian.

Pasti ada sedikit hal yang ingin kamu simpan sebagai privasimu sendiri tanpa ada orang lain yang tahu.

Jangan terlalu kaku untuk mau tahu semua hal yang dilakukannya. Berikan dia ruang gerak yang bebas biar hubunganmu semakin langgeng.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *