10 Cara Bangkit dari Kegagalan dan Menumbuhkan Semangat Diri

Cara Bangkit dari Kegagalan

Dalam hidup, manusia akan dihadapkan dengan berbagai rintangan. Kegagalan demi kegagalan akan datang menghampiri. Tak jarang banyak orang yang mengalami frustasi dan terpuruk karena mengalami suatu kegagalan, namun tak jarang pula banyak orang yang tetap tegar dan mampu menghadapinya dengan tenang.

Memang ada banyak cara untuk bangkit dari kegagalan, tergantung dari sudut pandang dan cara kamu menyikapinya. Setidaknya, itu bisa sedikit mengontrol diri dan tidak merasa frustasi. Berikut adalah cara bangkit dari kegagalan untuk penyemangat diri.

1. Kontrol Emosi dan Berusaha untuk Selalu Tenang

Banyak orang yang frustasi kala mengalami kegagaan karena terkadang mereka tidak pantai dalam mengontrol emosi. Tidak bisa dipungkiri bahwa kegagalan memang akan terasa menyakitkan. Akan tetapi, itu bukanlah akhir dari segalanya, bahkan bisa jadi itu merupakan langkah awal untuk menuju kesuksesan.

Jika kamu mengalami suatu kegagalan, tetaplah bersikap tenang. Kesedihan dan kecemasan memang tidak akan luput dari perasaan ketika kegagalan menerpa. Namun bukan berarti kamu harus membiarkan kesedihan dan kecemasan merajalela. Kontrol perasaan, dan sebisa mungkin berusahalah untuk tetap tenang dan rasional.

2. Sabar dan Betap Bersyukur Menghadapinya

Tidak ada kegagalan yang tidak menyakitkan. Bagaimana mungkin kamu tidak merasa sakit ketika apa yang kamu harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Pastinya kamu akan merasa kecewa. Tapi itu hal yang wajar. Semua orang pasti akan mengalaminya, bahkan lebih tragis dari apa yang kamu alami.

Bersyukurlah dengan apa yang kamu dapatkan, bahwa masih banyak di luar sana yang mengalami kegagalan lebih sakit dari yang kamu alami saat ini. Tetaplah bersabar dan jangan mengeluh dengan kegagalan itu. Karena pada nyatanya, setiap kegagalan akan membawa kamu pada hal yang lebih baik.

3. Berserah Diri kepada Tuhan

Tidak mudah mengontrol emosi dan tetap tenang saat kita diluputi rasa gelisah. Akan tetapi, kamu dapat berlindung kepada Tuhan. Berserahlah kepada Tuhan atas semua kegelisahan dan kegagalan yang kamu hadapi. Tidak ada tempat terbaik untuk berpasrah kecuali hanya kepada Tuhan.

Kebanyakan orang yang frustasi itu biasanya karena mereka sudah tertalu jauh dengan Tuhan, mereka mungkin terlalu fokus mengejar dunia sehingga membuat mereka lupa sama Sang Maha Pencipta. Bisa jadi kegagalan kamu saat ini merupakan suatu teguran dariNya agar kamu bisa lebih dekat denganNya.

4. Banyak Berbagi dengan Orang Lain

Ketika kamu mengalami suatu kegagalan, jangan terlalu sering menyendiri. Jika kamu butuh ketenangan dengan menyendiri, jangan terlalu lama. Bagaimanapun, kondisi pikiran saat mengalami kegalalan tidaklah maksimal. Kamu butuh banyak berinteraksi dengan orang lain.

Jangan pernah melupakan bahwa kamu masih memiliki keluarga dan sahabat yang selalu peduli denganmu. Sekalipun kamu tidak menjelaskan keadaanmu kepada mereka, mereka tetap akan mengerti. Jadi, berbagilah dengan mereka. Sekalipun tidak bisa membantu, setidaknya mereka dapat membuatmu tenang dan kembali optimis.

5. Jaga Kondisi Kesehatan

Pada umumnya, orang yang sedang mengalami suatu kegagalan akan lupa menjaga kesehatan mereka, misalnya pola makan dan istirahat yang tidak teratur. Nah, sekalipun kamu sedang galau dan tidak punya selera makan, paksalah untuk tetap makan dengan teratur dan istirahat yang cukup.

Bagaimanapun, kondisi kesehatan tubuh juga akan berpengaruh terhadap pola pikir kamu. Kondisi fisik yang kurang sehat, sulit untuk mengembalikan pikiran agar kembali tenang. Karena faktor keduanya ini saling mempengaruhi. Untuk itu, jagalah kondisi kesehatan kamu dengan tetap menjaga pola makan dan istirahat.

6. Benahi Pola Pikir yang Salah

Ketika mengalami suatu kegagalan, seringkali pola pikir yang negatif menghampiri. Misalnya, kamu merasa bahwa dengan kegagalan tersebut kamu sudah tidak punya harapan lagi untuk masa depan. Nah, ini merupakan pola pikir yang salah.

Percayalah, bahwa setiap kegagalan akan selalu membawamu kepada kesuksesan yang lebih besar nantinya. Jangan menyerah hanya pada satu kali kegagalan. Bukankah orang-orang sukses di dunia selalu berawal dari kegagalan yang mereka alami? Begitupun dengan kamu, kamu harus bangkit demi menggapai kesuksesan yang lebih besar.

7. Sadari dan Terima Kelemahan Diri

Terkadang kegagalan itu bisa terjadi karena kita tidak menyadari kelemahan diri sendiri. Setiap manusia, di samping dianugerahi kelebihan juga di terdapat kekurangan atau kelemahan. Bagaimanapun kamu harus menyadari hal itu. Terimalah dengan ikhlas kekurangan-kekurangan itu.

Jangan pernah menyesal karena kelemahan yang kamu miliki, karena bagaimanapun kamu juga memiliki kelebihan yang luar biasa. Cukup sadari saja kelemahan tersebut, kemudian terima dan carilah solusi untuk mengatasi kelemahan yang kamu miliki. Gunakan kelebihanmu untuk menutupi semua kelemahan itu.

8. Evaluasi Kegagalan yang Terjadi

Pada umumnya, suatu kegagalan akan terjadi akibat dari suatu kesalahan, baik kesalahan yang timbul dari diri sendiri maupun dari faktor luar yang berimbas pada dirimu. Dan ini merupakan hal yang lumrah. Dan perlu kamu ingat, bahwa kesalahan tersebut tidak untuk kamu sesali, namun untuk kamu benahi.

Untuk itu, ketika kamu mengalami kegagalan, evaluasi semuanya. Kamu pasti akan menemukan sebuah kesalahan yang selanjutnya menjadi tugasmu untuk membenahinya. Jangan menyesali kesalahan itu, namun dekati kesalahan itu untuk kamu perbaiki agar langkah selanjutnya lebih matang.

9. Tetap Optimis dan Berusaha

Langkah yang paling kuat dan sangat menentukan dalam membangkitkan diri dari kegagalan ialah dengan terus berusaha dan tetap optimis. Apapun yang kamu alami dalam kegagalan tersebut, jangan sampai mematahkan optimisme yang kamu miliki. Optimisme merupakan modal utama untuk mencapai kesuksesan.

Mungkin untuk yang baru pertamakali gagal, optimis bisa saja rapuh, itu hal wajar dan memang biasa terjadi. Namun kamu harus segera memperbaikinya agar tidak benar-benar patah. Jangan pernah berhenti untuk selalu berusaha dan mencoba. Jika perlu, lakukan inovasi terhadap diri sendiri untuk mewujudkan usaha yang tiada henti.

10. Ambil Hikmah dari Kegagalan yang Terjadi

Tak jarang orang yang mengalami kegagalan melupakan hikmah atau pelajaran berharga di dalamnya. Sadar atau tidak, Tuhan pasti menyelipkan hikmah yang luar biasa di dalam sebuah kegagalan. Hanya saja, terkadang manusia terlalu cuek untuk menilik hikmah di dapat dari kekecewaan yang dirasakan.

Kekecewaan pasti akan sangat terasa, namun jangan sampai kamu menelannya bulat-bulat. Sadarilah bahwa ada banyak kesempatan lain yang patut kamu perjuangkan. Ambillah banyak pelajaran berharga dari kegagalan yang kamu alami. Dengan begitu, kamu akan mempunyai lebih banyak bekal dan pengalaman untuk langkah berikutnya.

Nah, jadikanlah kegagalan yang kamu alami itu sebagai bahan evaluasi untuk mempersiapkan langkah yang lebih matang. Dengan begitu, kamu akan menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya. Jadikan semua kegagalan sebagai bahan untuk belajar dan membenahi apa yang salah selama ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here