in

Pendiri Wattpad, Kisah Sukses Allen Lau Founder dan CEO Wattpad

Pendiri Wattpad, Kisah Sukses Allen Lau Founder dan CEO Wattpad

Wattpad adalah situs web dan aplikasi yang memungkinkan pembaca dan penulis untuk menerbitkan karya mereka dalam berbagai genre, seperti klasik, fiksi, non-fiksi, puisi, novel, cerita pendek, humor, dan sejenisnya.

Kepopuleran Wattpad saat ini semakin meningkat di seluruh dunia dengan memiliki lebih dari 80 juta pengguna pada leporan mereka tahun 2020. Namun dari kesuksesan Wattpad, apakah kalian tahu siapa pendiri Wattpad? Dia adalah Allen Lau yang mendirikan Wattpad bersama Ivan Yuen. Lalu seperti apa kisah sukses Allen Lau, co-founder dan CEO Wattpad? Berikut ini adalah kisah inspiratif dari Allen Lau mulai dari biografi, perjalanan hidup, dan cerita saat dia membuat Wattpad.

Biografi Allen Lau

Allen Lau adalah laki-laki yang berasal dari Hongkong namun tinggal di Kanada. Sejak remaja, Allen Lau dikenal seorang yang cerdas. Dia menyukai banyak pelajaran sekolah, seperti pelajaran sains, fisika, dan matematika. Dia juga mengaku adalah seorang yang introvert dan lebih menyukai menghabiskan waktunya untuk membaca buku.

Saat Allen berusia 12 atau 13 tahun, ketika komputer mulai menjadi populer dan diproduksi secara massal, ayahnya membeli sebuah komputer Apple II dan IBM PC. Pada waktu inilah Allen mulai berkenalan dengan komputer. Dia diam-diam mempelajari dan menggunakan komputer itu tanpa seizin ayahnya.

Pada tahun 1987, Allen Lau masuk di University of Toronto, jurusan Electrical Engineering. Masuk ke jurusan teknik membuatnya banyak mempelajari tentang komputer. Allen lulus pada tahun 1991 dengan gelar B.A.Sc.

Pada tahun yang sama, Allen Lau melanjutkan pendidikan masternya di University of Toronto, di jurusan Electrical Engineering. Dia lulus pada tahun 1992 dengan gelar M.A.Sc.

Karir Profesional

Setelah menyelesaikan pendidikannya. Pada tahun 1992, Allen bekerja di IBM sebagai Software Developer. Dia bekerja di IBM hanya 10 bulan saja dan keluar pada tahun 1993.

Kemudian dia melanjutkan karirnya sebagai Senior Developer di Delrina, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Kanada. Allen bekerja di perusahaan ini cukup lama, yaitu 2 tahun 6 bulan, dengan periode dari Juni 1993 – November 1995.

Pada tahun 1995, Delrina diakuisisi oleh perusahaan perangkat lunak Amerika, Symantec. Aksi korporasi ini membuat Allen diangkat menjadi Senior Development Manager, di Symantec. Dia bekerja di perusahaan ini selama 4 tahun lebih, dimulai dari November 1995 – Maret 2000.

Setelah keluar dari Symatec, Allen Lau bekerja di Brightspark, sebagai seorang Architect. Dia bekerja diperusahaan ini dari Maret 2000 – April 2001.

Pada April 2001, Allen Lau mendirikan startup bernama Tira Wireless, sebuah perusahaan wireless dan nirkabel. Startup ini banyak sekali mendapat penghargaan, seperti  “Top ten emerging wireless players to watch” tahun 2003 dari IDC, “3G CDMA Industry Achievement Award for Innovative Entertainment Technology” tahun 2004 dari CDMA Development Group, dan “the fastest growing technology companies” tahun 2006 dan 2007 dari Deloitte.

Pada Desember 2004, Allen ikut mendirikan Two Small Fish Ventures, sebuah perusahaan investasi untuk startup teknologi dalam mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar.

Mendirikan Perusahaan Sendiri dan Wattpad

Mendirikan Perusahaan Sendiri dan Wattpad

Ide untuk menciptakan Wattpad muncul pada tahun 2002. Saat itu Allen Lau ingin menciptakan aplikasi membaca di seluler untuk dirinya sendiri. Ide ini bukan tanpa alasan, Allen adalah orang yang suka membaca, namun dia tidak bisa membawa buku bacaannya karena dia terlalu sibuk bekerja.

Namun ide membuat aplikasi membaca di ponsel dirasanya adalah ide yang buruk, karena ponselnya mungkin tidak mendukung untuk aplikasi itu karena terlalu jelek.

Saat teknologi telepon seluler jauh lebih baik di tahun 2006, Allen menghidupkan kembali ide brilian tersebut. Dan kebetulan pendiri Wattpad lainnya, Ivan Yuen, menghubungi Allen Lau, untuk meminta feedback untuk proyek e-reading mobile terbarunya. Secara kebetulan, Allen merasa dia dan Ivan Yuen memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan aplikasi membaca di telepon seluler. Karena inilah, Allen kemudian terbang ke Vancouver untuk bertemu dengan Ivan.

Wattpad akhirnya diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen. Akan tetapi kesuksesan mereka tidaklah instan. “Wattpad hanya mendapatkan beberapa pengguna, mendekati 1000 pengguna di tahun pertama berdirinya, tapi itu sangat kecil. Itu adalah tahun pertama yang sangat sulit.” Kata Allen Lau.

Allen dan Ivan kemudian mencari penyebab mengapa perkembangan Wattpad sangat lambat. Dan menurut mereka, penyebabnya adalah karena Wattpad tidak sesuai dengan pasar. Mereka berdua kemudian melakukan berbagai inovasi untuk Wattpad. Perlahan-lahan Wattpad mengalami pertumbuhan dan mengalami kecocokan dengan pasar.

Setelah 3 tahun, yang mengelola Wattpad masih dua orang saja, yakni Ivan dan Allen. Karena sudah ada ratusan ribu orang yang menggunakannya, mereka sangat percaya bahwa Wattpad bisa berkembang lebih besar lagi,

Setelah Wattpad mulai berkembang, Allen dan Ivan mengumpulkan pendanaan dan ingin mencari partner untuk mengembangkan Wattpad. Dengan uang yang mereka kumpulkan, mereka kemudian merekrut beberapa orang karyawan. Wattpad mengembangkan perusahaan dari dua pendiri menjadi 6 atau 7 orang pertama perusahaan, ditambah orang koperasi dan orang magang dengan jumlahnya hampir 10 orang.

Pendanaan Wattpad

Setelah satu atau dua tahun kemudian, basis pengguna Wattpad jauh lebih besar. Ini membuat mereka harus mengumpulkan lebih banyak uang, sehingga dapat membuat perusahaan menjadi bisnis yang nyata.

Hingga Januari 2018, Wattpad telah menerima hampir USD $ 117,8 juta dalam pendanaan dari investor. Pendanaa dimulai pada 2011, Wattpad mengumumkan bahwa mereka menerima $3,5 juta total dana dari investor lama dan dari W Media Ventures, Golden Venture Partners, dan Union Square Ventures. Kemudian pada Juni 2012, Wattpad mengumpulkan $ 17,3 juta dari dana ventura yang dipimpin oleh Khosla Ventures.

Pada April 2014, Wattpad mengumumkan pendanaan Seri C senilai $ 46 juta yang dipimpin oleh OMERS Ventures. Pada Januari 2018, Wattpad mengumumkan pendanaan USD $ 51 juta dari Tencent Holdings Limited, BDC, Kickstart Ventures dari Globe Telecom, Peterson Group, Canso, dan investor yang sudah ada.

Perkembangan Wattpad

Perkembangan Logo Old Wattpad

Menurut siaran pers pada Juni 2009 Wattpad, Wattpad telah diunduh lebih dari 5 juta kali. Pada bulan Maret 2009, versi iPhone dirilis. Ini diikuti oleh peluncuran BlackBerry App World pada April 2009, Google Android pada Juni 2009 dan Apple iPad pada April 2010. Pada Desember 2015, Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile Version dirilis.

Wattpad juga mengubah logo lama mereka yang telah dipakai dari tahun 2006 hingga 2018. Huruf pertama “W” sebenarnya adalah huruf terbalik dari M. Menurut Wattpad Corporation, itu cukup kuno dan statis. Kemudian mereka mendesain logo Wattpad yang simpel dan modern seperti yang kita lihat saat ini.

Pada laporan tahun 2020, Wattpad telah memiliki lebih dari 80 juta pengguna. Jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan setiap pengguna di Wattpad setiap bulan adalah 274 menit. Jumlah unggahan Wattpad hingga saat ini 400 juta unggahan cerita. Dan jumlah cerita yang diunggah ke Wattpad setiap hari adalah 64.000 cerita.

Profil Allen Lau

  • Nama: Allen Lau
  • Asal: Hongkong
  • Tempat Tinggal: Toronto

Pendidikan

  • Jurusan B.A.Sc. Electrical Engineering di University of Toronto
  • Jurusan MASC di University of Toronto, M.A.Sc Electrical & Computer Eng

Pekerjaan

  • CEO & co-founder di Wattpad
  • Co-founder di Two Small Fish Ventures

Social Network

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *